Sabtu, 15 Desember 2018


Jumat, 04 Agustus 2017 15:36 WIB

Mengintip Aktivitas Penjual Pernak-pernik HUT RI-72

Reporter : Jhoni
Kategori : Ragam Features

Salah satu jajakan pernak-pernik tujuh belasan di Kota Jambi

Kajanglako.com, Kota Jambi – Tidak banyak yang menyadari peran penjual pernak-pernik Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang menyemarakkan peringatan tujuh belasan setiap tahun. Namun tanpa kehadiran mereka, peringatan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus tersebut bisa jadi kurang meriah.

Bendera, umbul-umbul, aneka pernik lainnya khusus untuk di kendaraan, yang mereka pajang,  selain memeriahkan suasana juga bisa lebih mudah dijangkau masyarakat sehingga bisa tersebar luas.



Sejak minggu terakhir bulan juli, aneka rupa pernik tujuh belasan terlihat menghiasi beberapa sudut jalan di Kota Jambi. Seperti di beberapa titik jalan dari depan lembaga Pemesarakatan Klas II A Jambi, hingga depan STIE Muhammadiyah.

Selain itu, para pedagang pernik tujuh belasan ini juga terlihat membentangkan bendera dan umbul-umbul dagangannya di beberapa kawasan lain, seperti di bilangan Gubernuran hingga kawasan Broni.

Sebagian besar pedagang dan barang dagangannya berasal dari Bandung, Jawa Barat.

“asal dari Bandung bang, sudah seminggu di sini,” kata Supriatna, salah seorang penjual bendera, kepada Kajanglakonews.com, Jum’at (4/8). Kepada Kajanglako, Supriatna mengaku datang  ke Jambi bersama 8 (delapan) orang kawannya, yang juga bekerja sebagai penjual umbul-umbul dan bendera.

Perayaan HUT RI, bagi penjual bendera seperti supriatna membawa berkah tersendiri. Hal senada diakui pak Yus, penjual pernik tujuh belasan di depan LP Klas II A Jambi. “saya jual bendera setiap tahun,” katanya.

Jika supriatna membawa barang dagangannya langsung dari bandung, tidak demikian yang dilkakoni Pak Yus. Lelaki asal Sumatera Barat, yang sejak kecil sudah tinggal di Kota Jambi ini mengaku, membeli dagangannya di pasar. Dia katakan sengaja mengeluarkan modal sendiri untuk membeli aneka pernik tujuh belasan untuk dijual kembali.

Saat ditanya penghasilan dari berjualan bendera, dirinya mengaku sulit memprediksi, apalag baru seminggu menggelar dagangan. “untungnya tidak seberapa, tapi ada lah,” jawabnya, sambil tertawa.

Bagi yang ingin membeli pernak-pernik tujuh belasan, bisa mendatangi beberapa tempat seperti yang disebutkan. Untuk harga bendera mulai dari lima ribu hingga puluhan ribu rupiah. Sementara umbul-umbul dibanderol dari yang terkecil seharga tiga puluh lima ribu, hingga seratusan ribu. Pernik lain bernuansa merah putih seperti backdrop dijual puluhan hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, sesuai model dan ukuran.(Kj)


Tag : #HUT RI 72 #Pernak Pernik Bendera Indonesia #Merah Putih



Berita Terbaru

 

Sabtu, 15 Desember 2018 15:32 WIB

PMII Bungo Donasikan Bantuan ke Anita Riana Pengidap Kanker Payudara


Kajanglako.com, Bungo – Sebagai bentuk kepedulian melihat kondisi Anita Riana, Warga Kecamatan Pelayang yang menderita kanker payudara, PC PMII Bungo

 

Sabtu, 15 Desember 2018 15:20 WIB

Jurnalis di Jambi Ikuti Google News Initiative Training Network


Kajanglako.com, Jambi - Sebanyak 25 Jurnalis di Jambi mengikuti pelatihan Google News Initiative Training Network yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen

 

Sabtu, 15 Desember 2018 15:01 WIB

Humas EBN: Haram Hukumnya PKL Jualan di Angsoduo Baru


Kajanglako,com. Jambi - Pasca direlokasi pedagang Angsoduo lama ke Pasar Angsoduo baru pada 11 November 2018 lalu, kini aktivitas dan operasional Angsoduo

 

Sabtu, 15 Desember 2018 14:41 WIB

Kunjungi Jambi, Presiden Jokowi Dikabarkan Bertandang ke Angsoduo


Kajanglako,com, Jambi - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan ke Provinsi Jambi, pada hari Minggu 16 Desember 2018. Dalam

 

Sabtu, 15 Desember 2018 12:40 WIB

Sepanjang 2018, BI Jambi Amankan 1.228 Lembar Uang Palsu


Kajanglako.com, Jambi - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, selama kurun waktu satu tahun ini telah mengamankan 1.228 lembar uang kertas