Senin, 21 Mei 2018


Jumat, 04 Agustus 2017 15:36 WIB

Mengintip Aktivitas Penjual Pernak-pernik HUT RI-72

Reporter : Jhoni
Kategori : Ragam Features

Salah satu jajakan pernak-pernik tujuh belasan di Kota Jambi

Kajanglako.com, Kota Jambi – Tidak banyak yang menyadari peran penjual pernak-pernik Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang menyemarakkan peringatan tujuh belasan setiap tahun. Namun tanpa kehadiran mereka, peringatan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus tersebut bisa jadi kurang meriah.

Bendera, umbul-umbul, aneka pernik lainnya khusus untuk di kendaraan, yang mereka pajang,  selain memeriahkan suasana juga bisa lebih mudah dijangkau masyarakat sehingga bisa tersebar luas.



Sejak minggu terakhir bulan juli, aneka rupa pernik tujuh belasan terlihat menghiasi beberapa sudut jalan di Kota Jambi. Seperti di beberapa titik jalan dari depan lembaga Pemesarakatan Klas II A Jambi, hingga depan STIE Muhammadiyah.

Selain itu, para pedagang pernik tujuh belasan ini juga terlihat membentangkan bendera dan umbul-umbul dagangannya di beberapa kawasan lain, seperti di bilangan Gubernuran hingga kawasan Broni.

Sebagian besar pedagang dan barang dagangannya berasal dari Bandung, Jawa Barat.

“asal dari Bandung bang, sudah seminggu di sini,” kata Supriatna, salah seorang penjual bendera, kepada Kajanglakonews.com, Jum’at (4/8). Kepada Kajanglako, Supriatna mengaku datang  ke Jambi bersama 8 (delapan) orang kawannya, yang juga bekerja sebagai penjual umbul-umbul dan bendera.

Perayaan HUT RI, bagi penjual bendera seperti supriatna membawa berkah tersendiri. Hal senada diakui pak Yus, penjual pernik tujuh belasan di depan LP Klas II A Jambi. “saya jual bendera setiap tahun,” katanya.

Jika supriatna membawa barang dagangannya langsung dari bandung, tidak demikian yang dilkakoni Pak Yus. Lelaki asal Sumatera Barat, yang sejak kecil sudah tinggal di Kota Jambi ini mengaku, membeli dagangannya di pasar. Dia katakan sengaja mengeluarkan modal sendiri untuk membeli aneka pernik tujuh belasan untuk dijual kembali.

Saat ditanya penghasilan dari berjualan bendera, dirinya mengaku sulit memprediksi, apalag baru seminggu menggelar dagangan. “untungnya tidak seberapa, tapi ada lah,” jawabnya, sambil tertawa.

Bagi yang ingin membeli pernak-pernik tujuh belasan, bisa mendatangi beberapa tempat seperti yang disebutkan. Untuk harga bendera mulai dari lima ribu hingga puluhan ribu rupiah. Sementara umbul-umbul dibanderol dari yang terkecil seharga tiga puluh lima ribu, hingga seratusan ribu. Pernik lain bernuansa merah putih seperti backdrop dijual puluhan hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, sesuai model dan ukuran.(Kj)


Tag : #HUT RI 72 #Pernak Pernik Bendera Indonesia #Merah Putih



Berita Terbaru

 

Senin, 21 Mei 2018 14:28 WIB

Sekda Tanggapi Kabar Monopoli Bank Jambi di Pasar Angso Duo Baru


Kajanglako.com,  Jambi - Terkait beredar kabar di masyarakat bahwa pihak Bank Jambi disebut memonopoli PT EBN, dalam pengelolaan kredit tokok dan

 

Senin, 21 Mei 2018 14:21 WIB

Masalah Pemindahan Pedagang Angsoduo, Ini Kata Sekda Dianto


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto angkat bicara terkait permasalahan pemindahan pedagang Pasar Angso Duo lama ke Pasar

 

Senin, 21 Mei 2018 14:13 WIB

Hingga Pendaftaran Tutup, Hanya Satu Nama Mencalonkan Jadi Ketua KNPI Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bungo, siap menggelar Musyawarah Daerah (Musda)

 

Senin, 21 Mei 2018 13:58 WIB

Shoft Lounching Kantor Imigrasi, Bupati Bungo: Warga Urus Paspor Lebih Mudah


Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, H Mashuri, secara resmi melaksanakan Soft Launching Kantor Imigrasi Kabupaten Bungo, Senin 21 Mei 2018.  Dengan

 

Senin, 21 Mei 2018 13:31 WIB

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Fachrori Ajak Generasi Muda Teladani Bung Tomo


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Senin (21/5) pagi memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di lapangan Kantor Gubernur