Sabtu, 14 Desember 2019


Jumat, 09 Agustus 2019 18:13 WIB

Fachrori Bersama Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita

Gubernur Fachrori Umar saat memantau harga bahan pokok di pasar angso duo Jambi (Foto:Kajanglako/Humas)

Fachrori Bersama Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi Pantau Harga Sembako Jelang Idul Adha

Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi yang merupakan Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi, M Dianto, dan Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi bersama-sama meninjau harga bahan pokok menjelang Idul Adha 1440 H, di Pasar Angso Duo, Jum'at (09/08).



Gubernur dan rombongan meninjau stok dan menanyakan harga sayur mayur, cabai, ikan, dan daging sapi kepada para pedagang. Selanjutnya, gubernur, Sekda, dan rombongan meninjau harga bahan pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Harga-harga di TTIC adalah sebagai berikut: cabai merah Rp60.000, cabai rawit Rp64.000, beras 4.500/5Kg, daging sapi Rp120.000/Kg, ayam potong Rp30.000/Kg, bawang merah Rp22.000/Kg, bawang putih Rp28.000/Kg, selain itu stabil.

Gubernur mengatakan, peninjauan pasar dilakukan untuk memastikan ketersedian dan stabilitas harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang lebaran Idul Adha.

Fachrori menjelaskan, secara umum, harga sembako yang ada di Pasar Angso Duo masih normal dan stabil, namun demikian ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga secara senifikan seperti cabai merah dan sayur-sayuran, yang dipengaruhi faktor cuaca (musim kemarau).

"Untuk manghadapi lonjakan harga, Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan took Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), di setiap pasar sudah ada toko TPID, agar harga jangan terlalu tinggi naiknya serta Toko Tani Indonesia Center Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, untuk menstabilkan harga pangan di pasaran. Seperti harga cabai merah yang beberapa bulan belakangan ini merangkak naik sehingga membuat Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pangan murah cabai merah dengan harga petani dan terjangkau oleh masyarakat,"kata Fachrori.

“Kami lakukan pemantauan harga pasar menjelang Idul Adha karena ingin tahu stok barang dan harganya apakah naik atau masih stabil. Alhamdulillah, dari hasil pantauan kami semua barang stoknya aman dan harganya juga masih stabil dan terjangkau,” kata Fachrori.

Dalam pantauan tersebut, tidak terdapat harga yang naik secara signifikan utamanya daging, ayam dan ikan, demikian pula dengan harga sembilan bahan pokok (sembako) harganya masih relatif normal dan kalaupun ada kenaikan harga, kenaikannya sedikit, karena telah tersedia pasokan dari petani dan distributor jauh hari sebelumnya.

Ditambahkan kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Amir Hasbi, dalam rangka mentambut hari raya idul adha pihaknya memberikan kemudahan bagi konsumen atau pembeli apabila terjadi kelonjakan harga misalnya harga cabe. " Kita sudah antisipasi dengan cara operasi pasar, Operasi pasar ini khusus cabe kita langsung membeli cabe dengan petani langsung dari Kerinci dan kita bawak ke Jambi dijual dengan harga yang dipetani itu, " kata Amir

Ia menambahkan untuk stok cabe hari ini yang dijual dipasar Angso Duo sebanyak 500 kg dalam (OP) dengan harga Rp. 60 ribu/kg nya." Khusus hari ini dipasar Angso Duo kita jual Rp. 60 ribu/kg karena itu harga petani transport nya disubsidi oleh pemerintah, Pemerintah dalam artian dari Badan Ketahanan Pangan Pusat disemua komoditi.katanya. (kajanglako.com)


Tag : #jambi #idul adha #jelan lebaran qurban #fachrori #satgas pangan



Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Sabtu, 14 Desember 2019 08:33 WIB

Soedjatmoko


Oleh: Manuel Kaisiepo* Membaca ulang pemikiran dalam buku The Fourth Industrial Revolution (2016) karya Klaus Schwab, pendiri dan Ketua World Economic

 

Jumat, 13 Desember 2019 23:46 WIB

Sidak Limbah PT SGN, Komisi III dan LH Langsung Uji pH


Kajanglako.com, Merangin - Komisi III DPRD Merangin sidak ke PT Sumber Guna Nabati (SGN), Jumat (13/12). Ini merupakan tindak lanjut dari adanya keluhan

 

Jumat, 13 Desember 2019 23:42 WIB

Ketua Organisasi Jurnalis Bungo Kecam Sikap Arogan Oknum Security RSUD H Hanafie


Kajanglako.com, Bungo - Penghalangan peliputan oleh jurnalis di Kabupaten Bungo kembali terjadi. Kali ini dilakukan oleh sucurity RSUD H Hanfie Muara Bungo,

 

Jumat, 13 Desember 2019 16:46 WIB

Dua Tersangka Korupsi Proyek PLTMH Sebesar 2,6 Milyar Diamankan Polres Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Polres Sarolangun merilis tersangka dugaan korupsi proyek Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMTH) di Desa Batin Pengambang

 

Jumat, 13 Desember 2019 15:08 WIB

Fachrori Beri Reward Atlet dan Pelatih Berprestasi Popnas XV dan Peparnas IX 2019


Kajanglako.com, Jambi - Penyerahan uang pembinaan kepada atlet dan pelatih berprestasi Provinsi Jambi pada penyelenggaraan Popnas XV dan Peparpenas IX