Sabtu, 14 Desember 2019


Rabu, 07 Agustus 2019 10:23 WIB

Hadapi Kemarau Panjang, Ini yang Dilakukan Perumda Tirta Merangin

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Direktur Perumda Tirta Merangin, Zuhdi (Foto:kajanglako/Riki S)

Hadapi Kemarau Panjang, Ini yang Dilakukan Perumda Tirta Merangin

Kajanglako.com, Merangin - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Merangin mewanti-wanti produksi air menghadapi kemarau panjang saat ini.



Agar produksi dan distribusi air tetap berjalan normal, Perumda Tirta Merangin akan menurunkan pipa di sungai sumber air baku dan membentuk tim pengefesiensi penyaluran air.

Zuhdi Direktur Perumda Tirta Merangin mengungkapkan kondisi air sungai sudah  mendekati minimum.

"Debit air sungai mendekati minimum, jika kemarau berkepanjangan tentu ini mempengaruhi produksi kita. Solusi kita pertama adalah menurunkan pipa di sumber air baku," kata Zuhdi.

Zuhdi menyebutkan saat ini Perumda Tirta Merangin memiliki Intalasi Pengolahan Air (IPA) sebanyak 16 unit dan satu diantaranya sumber air bakunya dari sumur bor.

"IPA kita di Tabir, Tabir Timur, Pamenang Selatan, Sungai Kapas, Pulau Rengas, Parentak, Sungai Manau, Siau, Lembah Masurai, Jangkat, Nalotantan dan Bangko itu sumber air bakunya dari sungai," ujarnya.

"Cuma IPA di Tabir Selatan yang sumber air bakunya dari sumur bor dengan kedalaman 150 meter. Kondisi terkini masih normal dan pendistribusian air juga lancar," tambah Zuhdi lagi.

Zuhdi juga mengatakan permintaan air bersih karena kemarau saat ini juga mulai meningkat, terutama di daerah dalam kota Bangko.

"Terkait permintaan air bersih kita siaga empat mobil tangki air. Ini juga kita siaga dan fokus untuk wilayah kota Bangko dan sekitarnya," sebut Zuhdi.

Zuhdi juga menghimbau agar masyarakat, khusunya pelanggan Perumda Tirta Merangin untuk menghemat air.

"Kita juga minta tim kita efektif mendistribusikan air. Dan kiti optimis produksi dan distribusi air tetap normal," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #kemarau panjang #perumda tirta merangin #air bersih #pdam



Berita Terbaru

 

Jumat, 13 Desember 2019 23:46 WIB

Sidak Limbah PT SGN, Komisi III dan LH Langsung Uji pH


Kajanglako.com, Merangin - Komisi III DPRD Merangin sidak ke PT Sumber Guna Nabati (SGN), Jumat (13/12). Ini merupakan tindak lanjut dari adanya keluhan

 

Jumat, 13 Desember 2019 23:42 WIB

Ketua Organisasi Jurnalis Bungo Kecam Sikap Arogan Oknum Security RSUD H Hanafie


Kajanglako.com, Bungo - Penghalangan peliputan oleh jurnalis di Kabupaten Bungo kembali terjadi. Kali ini dilakukan oleh sucurity RSUD H Hanfie Muara Bungo,

 

Jumat, 13 Desember 2019 16:46 WIB

Dua Tersangka Korupsi Proyek PLTMH Sebesar 2,6 Milyar Diamankan Polres Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Polres Sarolangun merilis tersangka dugaan korupsi proyek Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMTH) di Desa Batin Pengambang

 

Jumat, 13 Desember 2019 15:08 WIB

Fachrori Beri Reward Atlet dan Pelatih Berprestasi Popnas XV dan Peparnas IX 2019


Kajanglako.com, Jambi - Penyerahan uang pembinaan kepada atlet dan pelatih berprestasi Provinsi Jambi pada penyelenggaraan Popnas XV dan Peparpenas IX

 

Jumat, 13 Desember 2019 13:15 WIB

Pertamina EP - Polda Jambi Pra Kulaifikasi Porprov Volly Ball 2019


Kajanglako.com, Jambi – Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Bola Voli tahun 2019 resmi dibuka langsung oleh KAPOLDA Jambi Irjen Pol