Sabtu, 07 Desember 2019


Rabu, 31 Juli 2019 13:58 WIB

Korupsi Dana Desa Ratusan Juta Rupiah, Mantan Kades Lopak Alai Muaro Jambi Resmi Ditahan

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Jumpa pers Kajari terkait penahanan Mantan Kades Lopak Alai, Rabu siang, 31 Juli 2019 (Foto:kajanglako/Vovi)

Korupsi Dana Desa Ratusan Juta Rupiah, Mantan Kades Lopak Alai Muaro Jambi Resmi Ditahan

Kajanglako.com, Muaro Jambi – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muaro Jambi, resmi menahan Marzuki, mantan Kepala Desa(Kades) Lopak Alai Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi. Berita penahanan ini disampaikan langsung oleh Kepala Kejari (Kajari) Muaro Jambi Sunanto, dalam jumpa persnya, Rabu (31/07).



Dikatakan Sunanto, penahanan mantan Kades tersebut atas dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terhadap Dana Desa (DD) tahun 2016 sampai 2017 lalu. Atas perbuatannya, diperkirakan menyebabkan kerugian negara sebesar Rp516 juta. Sebelumnya, Marzuki telah ditetapkan sebagai tersangka pada 26 Juli 2019 lalu.

"Hari ini (red Rabu 31 Juli) tersangka mantan Kades Kasang Lopak Alai sudah resmi kita naikan setatusnya dari tersangka menjadi tahanan penyidik Kejari Muarojambi, untuk 20 hari kedepan dan akan dititipkan di LP kelas IIa Jambi," kata Kajari.

Dijelaskan Kajari, tersangka diduga telah melakukan penyimpangan kegiatan pengelolaan dana APBDes Kasang Lopak Alai tahun 2016 dan tahun 2017, yang mengakibatkan kerugian keuangan Negara sebesar Rp 516.305.813.

"Mantan Kades Kasang Lopak Alai ini ditahan akibat adanya kegiatan fiktif, mark up pengerjaan-pengerjaan infrastruktur, serta pengurangan volume pengerjaan yang tidak sesuai dengan speksifikasi menggunakan Dana Desa," katanya.

Kajari berharap penahanan mantan Kades Kasang Lopak Alai ini menjadi perhatian para Kades lain agar tidak main-main dalam menggunakan uang negara.

"Saya mengimbau untuk para kades di Kabupaten Muaro Jambi agar dalam menggunakan uang negara yang dititipkan ke desa sesuai dengan aturan dan tidak bersinggungan dengan hukum," ungkapnya.

Sementara akibat perbuatannya, Marzuki terancam Pasal 2 ayat (1) Junto Pasal 18 atau Pasal 3 Junto Pasal 18 UU No. 20 Tahun 2001 Junto UU No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Semoga ini jadi daya tangkal para Kades untuk tidak melakukan korupsi atau penyimpangan lainnya," pungkas Kajari. (Kjcom)


Tag : #muaro jambi #jambi #tindak pidana korupsi #tipikor #dana desa #kepala desa #kejari muaro jambi



Berita Terbaru

 

Sabtu, 07 Desember 2019 13:35 WIB

For Ikan" Pemprov Kejar Angka Konsumsi Ikan Nasional


Kajanglako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (HIN) yang

 

Sabtu, 07 Desember 2019 11:39 WIB

"Ayo Makan ikan", Jambore Forikan ke-6 Provinsi Jambi 2019 Dimeriahkan Ratusan Pelajar


Kajanglako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi memperingati Jambore Forikan ke-6

 

Sabtu, 07 Desember 2019 10:10 WIB

Komisi IV Sidak RS Plat Merah Raden Mattaher Jambi, ini Hasilnya


Kajanglako.com, Jambi - Rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit plat merah RSUD Raden mattaher Jambi,

 

Sosok dan Pemikiran
Sabtu, 07 Desember 2019 08:42 WIB

Dawam Rahardjo


Oleh: Manuel Kaisiepo* Dia dikenal sebagai pemikir ekonomi kritis, kaya penguasaan teori, kuat dalam analisis sosial, juga mendalami kajian agama dan filsafat.

 

Ekspedisi Sumatra Tengah 1877
Sabtu, 07 Desember 2019 08:30 WIB

Tambang Emas Telaki


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Mereka berencana untuk mengunjungi tambang emas di Telaki, melalui jalan lama, sementara para kuli membawa