Minggu, 21 Oktober 2018


Selasa, 31 Oktober 2017 13:24 WIB

Dialog Kebangsaan Dewan Mahasiswa : Membangun Generasi Berkarakter Pancasila

Reporter : Ari Rhama Putra
Kategori : Ragam

Dialog Kebangsaan Dewan Mahasiswa Jambi (Foto : Ari/Kajanglako)

Kajanglako.com, Jambi – Dewan Mahasiswa (DEMA) Jambi bekerjasama dengan STIE Muhammadiyah serta Kajanglako.com dan Jamberita.com sebagai media partner, menggelar Dialog Kebangsaan, Selasa (31/10) di Aula STIE Muhammadiyah Jambi. Mengambil tema Membangun Generasi Berkarakter Pancasila dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian dan Kedaulatan Negara, dialog kebangsaan disampaikan oleh Nasroel Yasir (Pimpinan Muhammadiyah Provinsi Jambi), Samsu (Akdemisi UIN STS Jambi) dan Jumardi Putra (Parktisi Budaya) sebagai narasumber.

Dalam penyampaiannya, Nasroel Yasir menjelaskan penting peran pemuda Indonesia yang berjiwa pancasila dalam menciptakan negara maju.



"Seorang intelektual muda harus berjiwa pancasila demi kemajuan bangsa, jika semua pemuda di Indonesia mempunyai jiwa pancasila maka tidak mungkin bangsa Indonesia dapat berkembang pesat melebihi negara lainnya," ujarnya.

Menurut Nasroel, pada tahun 1998 Era Orde baru bisa ditumbangkan berkat kegigihan para pemuda yang berada di garis terdepan untuk kebangkitan Era Reformasi, alhasil dari pergerakan pemuda pada tahun 98 tersebut kita semua bisa merasakan era Reformasi seperti yang sekarang ini.

Lain halnya disampaikan oleh Jumardi Putra, pria yang konsen terhadap dunia budaya serta penulis ini mengungkapkan keiistimewaan budaya Indonesia. Menurut Jumardi, kergaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia, menjadi ciri tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Namun dirinya menambahkan keragaman ini dapat menjadi ‘bumerang’ yang akan terus menimbulkan masalah, jika tidak di kelola dengan baik. Atas dasar itu, dalam konteks ini, kedepan peran pemuda menjadi penting.

“Iya, pemuda harus tahu konteks global saat ini. Pemuda hendaknya benar-benar sadar perbuatan dan pemikirannya, karena impilikasi dari itu semua sangat berpengaruh kepada tatanan global”, jelasnya. (kjcom)


Tag : #Dewan Mahasiswa #Jambi #STIE Muhammadiyah #Pancasila #Berita Jambi



Berita Terbaru

 

Minggu, 21 Oktober 2018 20:48 WIB

Tanggapi Lelang Jabatan Pemprov Jambi, Ihsan Yunus: Harus Lahirkan Pejabat yang Berkompeten


Kajanglako.com, Jambi - Lelang jabatan di lingkungan Pemprov Jambi telah menghasilkan tiga besar nama-nama calon delapan pejabat eselon II. Masing-masing

 

Minggu, 21 Oktober 2018 20:35 WIB

Breaking News!! Dua Orang Tahanan Denpom Jambi Kabur


Kajanglako.com, Jambi - Warga sekitar Detasemen Polisi Militer (Denpom) Jambi dihebohkan dengan kabar kaburnya dua orang tahanan Denpom, Minggu malam (21/10).   Pantauan

 

Kejurwil Panjat Tebing
Minggu, 21 Oktober 2018 20:22 WIB

Panitia Kejurwil Panjat Tebing Gelar Technical Meeting, Ini yang Dibahas


Kajanglako.com, Jambi - Minggu sore, kontestan yang mengikuti Kejurwil se-Sumatera di Provinsi Jambi yang digelar di Venue Garuda Kabupaten Batanghari

 

Minggu, 21 Oktober 2018 16:49 WIB

Jalan Darurat Rasau-Berbak Jadi Keluhan Pengguna Jalan


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Pembangunan jembatan penghubung Kecamatan Rantau Rasau-Berbak, tepatnya di Alahan Desa Rantau Makmur. Untuk sementara

 

Kejurwil Panjat Tebing
Minggu, 21 Oktober 2018 16:22 WIB

16 Atlet Panjat Tebing Jambi Siap Berlaga di Kejurwil


Kajanglako.com, Jambi - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jambi melepas 16 Atlet Panjat Tebing yang akan berlaga di Kejuaraan Wilayah (Kejurwil)