Senin, 23 Juli 2018


Selasa, 31 Oktober 2017 13:24 WIB

Dialog Kebangsaan Dewan Mahasiswa : Membangun Generasi Berkarakter Pancasila

Reporter : Ari Rhama Putra
Kategori : Ragam

Dialog Kebangsaan Dewan Mahasiswa Jambi (Foto : Ari/Kajanglako)

Kajanglako.com, Jambi – Dewan Mahasiswa (DEMA) Jambi bekerjasama dengan STIE Muhammadiyah serta Kajanglako.com dan Jamberita.com sebagai media partner, menggelar Dialog Kebangsaan, Selasa (31/10) di Aula STIE Muhammadiyah Jambi. Mengambil tema Membangun Generasi Berkarakter Pancasila dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian dan Kedaulatan Negara, dialog kebangsaan disampaikan oleh Nasroel Yasir (Pimpinan Muhammadiyah Provinsi Jambi), Samsu (Akdemisi UIN STS Jambi) dan Jumardi Putra (Parktisi Budaya) sebagai narasumber.

Dalam penyampaiannya, Nasroel Yasir menjelaskan penting peran pemuda Indonesia yang berjiwa pancasila dalam menciptakan negara maju.



"Seorang intelektual muda harus berjiwa pancasila demi kemajuan bangsa, jika semua pemuda di Indonesia mempunyai jiwa pancasila maka tidak mungkin bangsa Indonesia dapat berkembang pesat melebihi negara lainnya," ujarnya.

Menurut Nasroel, pada tahun 1998 Era Orde baru bisa ditumbangkan berkat kegigihan para pemuda yang berada di garis terdepan untuk kebangkitan Era Reformasi, alhasil dari pergerakan pemuda pada tahun 98 tersebut kita semua bisa merasakan era Reformasi seperti yang sekarang ini.

Lain halnya disampaikan oleh Jumardi Putra, pria yang konsen terhadap dunia budaya serta penulis ini mengungkapkan keiistimewaan budaya Indonesia. Menurut Jumardi, kergaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia, menjadi ciri tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Namun dirinya menambahkan keragaman ini dapat menjadi ‘bumerang’ yang akan terus menimbulkan masalah, jika tidak di kelola dengan baik. Atas dasar itu, dalam konteks ini, kedepan peran pemuda menjadi penting.

“Iya, pemuda harus tahu konteks global saat ini. Pemuda hendaknya benar-benar sadar perbuatan dan pemikirannya, karena impilikasi dari itu semua sangat berpengaruh kepada tatanan global”, jelasnya. (kjcom)


Tag : #Dewan Mahasiswa #Jambi #STIE Muhammadiyah #Pancasila #Berita Jambi



Berita Terbaru

 

Senin, 23 Juli 2018 01:11 WIB

Selain HP, Sipir Lapas Bungo Temukan Benda Diduga Digunakan Napi untuk Kabur


Kajanglako.com, Bungo - Petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas 2B Muara Bungo menemukan sejumlah barang di sel warga binaan saat razia digelar, Minggu (22/7)

 

Senin, 23 Juli 2018 00:59 WIB

Lapas Klas 2B Bungo Geledah Blok Napi


Kajanglako.com, Bungo - Lembaga Permasyaratan (Lapas) Klas 2B Muara Bungo melakukan penggeledahan blok hunian warga binaan.   Penggeledahan dipimpin

 

Senin, 23 Juli 2018 00:45 WIB

Bambang Bantah Sidak Sel Fasilitas Hotel Bintang Lima di Lapas Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Sidak yang dilakukan di Lapas Klas 2A Jambi, Minggu (22/7) malam, berkaitan dengan OTT KPK di Lapas Sukamiskin Jawa Barat, dibantah

 

Senin, 23 Juli 2018 00:29 WIB

Disinggung Soal Sidak Sel Mewah, Bambang: Tak Ada yang Perlu Dieskpos Media


Kajanglako.com, Jambi - Dilarangnya awak media tak boleh meliput Sidak yang dilakukan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Bambang Palasara, di Lapas Klas

 

Senin, 23 Juli 2018 00:10 WIB

Lapas Jambi Disidak Pasca OTT KPK di Lapas Sukamiskin


Kajanglako.com, Jambi - Pasca Komisi Pemberantas akorupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Kalapas Sukamiskin, Jawa Barat, terkait