Minggu, 08 Desember 2019


Senin, 22 Juli 2019 20:11 WIB

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya

Reporter : Riadi
Kategori : Berita

Arsyad, Kepala Disdukcapil Sarolangun (foto:kajanglako/Riadi)

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dibawah kepemimpinan Bupati Cek Endra, terus melakukan berbagai terobosan teknologi.



Terbaru, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten Sarolangun, akan menerapkan sistem tanda tangan berbasis elektronik. Tanda tangan ini nantinya akan berbentuk barcode.

Dikatakan Arsyad, Kepala Disdukacapil Sarolangun mengatakan, saat ini sistem tanda tangan elektronik telah masuk tahap uji coba.

Arsyad mengatakan, tanda tangan elektronik ini akan diterapkan dalam pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Akta Kelahiran. Arsyad berharap hal ini dapat mempermudah kinerja pemerintah dan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Selain itu Arsyad mengatakan, dengan sistem ini, proses penandatanganan akan dapat dilakukan dimana saja meskipun Kepala Dinas sedang tidak berada di tempat. Menurutnya, tanda tangan elektronik dapat dilakukan melalui handphone dengan menggunakan jaringan internet, dan tidak lagi menggunakan tinta basah.

“Iya saat ini masih tahap uji coba. Kami menilai sistem ini banyak memberikan kemudahan. Tanda tangan dapat dilakukan dimana saja melalui handphone selagi jariangan internet masih bisa diakses.

Menurut Arsyad, sistem ini juga sekaligus menjawab keluhan warga yang kerap mengantri dalam pengurusan dokumen kependudukan, terlebih saat Kepala Dinas sedang tidak berada di kantor. Hal ini juga yang menurutnya penyelesaian dokumen sering terlambat. Dirinya mengklaim, satu tanda tangan dapat menyelesaikan hingga 20 lembar Kartu Keluarga.

“ini jawaban warga yang sering mengeluh karena antri, apalagi Kadis tidak ada ditempat. Kedepan tidak ada lagi keterlambatan kecuali terjadi kerusakan alat dan gangguan jaringan.

Tanda tangan elektronik ini akan terlihat seperti barcode yang tertera di kolom tanda tangan Kepala Dinas. Sejauh ini Arsyad mengatakan, belum menemukan kesulitan dalam penerapan meski baru sebatas uji coba.

Sembari itu, saat ini Disdukcapil masih melakukan perlengkapan alat sesuai yang dibutuhkan. (Kjcom)


Tag : #sarolangun #smart city #tanda tangan elektronik #barcode #dokumen kependudukan #disdukcapil sarolangun #cek endra



Berita Terbaru

 

Sabtu, 07 Desember 2019 13:35 WIB

For Ikan" Pemprov Kejar Angka Konsumsi Ikan Nasional


Kajanglako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (HIN) yang

 

Sabtu, 07 Desember 2019 11:39 WIB

"Ayo Makan ikan", Jambore Forikan ke-6 Provinsi Jambi 2019 Dimeriahkan Ratusan Pelajar


Kajanglako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi memperingati Jambore Forikan ke-6

 

Sabtu, 07 Desember 2019 10:10 WIB

Komisi IV Sidak RS Plat Merah Raden Mattaher Jambi, ini Hasilnya


Kajanglako.com, Jambi - Rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit plat merah RSUD Raden mattaher Jambi,

 

Sosok dan Pemikiran
Sabtu, 07 Desember 2019 08:42 WIB

Dawam Rahardjo


Oleh: Manuel Kaisiepo* Dia dikenal sebagai pemikir ekonomi kritis, kaya penguasaan teori, kuat dalam analisis sosial, juga mendalami kajian agama dan filsafat.

 

Ekspedisi Sumatra Tengah 1877
Sabtu, 07 Desember 2019 08:30 WIB

Tambang Emas Telaki


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Mereka berencana untuk mengunjungi tambang emas di Telaki, melalui jalan lama, sementara para kuli membawa