Selasa, 28 Januari 2020


Rabu, 17 Juli 2019 13:54 WIB

Jelang Idul Adha, Merangin Baru Mampu Penuhi 50 Persen Hewan Kurban

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita

Jelang Idul Adha, Merangin Baru Mampu Penuhi 50 Persen Hewan Kurban

Kajanglako.com, Merangin - Populasi hewan ternak Kabupaten Merangin Sapi dan Kerbau mencapai 21.500 ekor. Meski demikian angka tersebut mampu memenuhi kebutuhan hewan kurban masyarakat Merangin.



Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan, Kaprawi merincikan populasi sapi Merangin saat ini 17.000 ekor, kerbau 4.500 ekor, kambing 31.300 ekor dan domba 9.125 ekor.

"Populasi ternak kita sebenarnya cukup banyak, tapi itukan tidak semua bisa untuk hewan potong karena itu terdata mulai anak dan juga induk sapi. Apa lagi untuk kurban yang ada kriterianya," kata Kaprawi.

Kaprawi melanjutkan rata-rata setiap tahun kebutuhan hewan kurban di Merangin sekira 1.500 ekor. Dan sejauh ini Merangin baru mampu memenuhi 50 persen hewan kurban dari jumlah tersebut.

"Yang memenuhi kriteria untuk hewan kurban   paling sekitar 700 dan ekor. Artinya dari 1.500 kebutuhan hewan kurban kita baru mampu setengahnya," sebutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban selama ini, dikatakan Kaprawi masyarakat Merangin masih mendatangkan hewan kurban dari Sumatera Barat dan Lampung.

"Ya banyak dari daerah tetangga," singkatnya.

Untuk kesehatan hewan kurban hingga aman dikonsumsi masyarakat, dikatakan Kaprawi pihaknya membentuk tim kesehatan hewan yang akan melakukan pemeriksaan.

"Kita ada tim kesehatan hewan yang melakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah hewan dipotong. Mana  hewan yang  berpenyakit dan berdampak buruk bagi yang mengkonsumsinya, maka tidak kita izinkan untuk dibagikan ke masyarakat untuk dikonsumsi," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #hewan kurban #jelang idul adha



Berita Terbaru

 

Senin, 27 Januari 2020 16:41 WIB

Fachrori Ingatkan Perusahaan Utamakan K3 Bagi Pekerja


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun

 

Senin, 27 Januari 2020 15:01 WIB

Cabuli Anak Tiri, Warga Tanjung Marwo Diciduk Polisi


Kajanglako.com, Batanghari - IS (27), warga RT 02 Desa Tanjung Marwo kecamatan Muara Tembesi terpaksa meringkuk di jeruji besi sel tahanan Polres Batanghari.

 

Senin, 27 Januari 2020 14:50 WIB

Mantap..! Merangin Wakili Indonesia di Festival Kebudayaan Melayu Asean di Thailand


Kajanglako.com, Merangin - Kabupaten Merangin akan mewakili Indonesia di Festival Kebudayaan Melayu Asean di Kota Yala Thailand pada 7-9 Februari 2020

 

Senin, 27 Januari 2020 14:37 WIB

Aksi Warga 12 Desa Kecamatan Mandiangin di Kantor Bupati Berakhir, Warga Akan Langsung Duduki Lahan


Kajanglako.com, Sarolangun - Puluhan warga dari 12 desa di Kecematan Mandiangin yang berdemo di kantor Bupati Sarolangun menuntut PT AAS mengambil lahan

 

Senin, 27 Januari 2020 14:25 WIB

Tinjau Pencarian Korban Tenggelam, Al Haris Ingatkan Orang Tua Agar Awasi Anak


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin,  Al Haris, meninjau pencarian korban hanyut di sungai Merangin wilayah Pulau Rayo, Kelurahan Dusun Bangko,