Senin, 26 Agustus 2019


Rabu, 17 Juli 2019 13:54 WIB

Jelang Idul Adha, Merangin Baru Mampu Penuhi 50 Persen Hewan Kurban

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita

Jelang Idul Adha, Merangin Baru Mampu Penuhi 50 Persen Hewan Kurban

Kajanglako.com, Merangin - Populasi hewan ternak Kabupaten Merangin Sapi dan Kerbau mencapai 21.500 ekor. Meski demikian angka tersebut mampu memenuhi kebutuhan hewan kurban masyarakat Merangin.



Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan, Kaprawi merincikan populasi sapi Merangin saat ini 17.000 ekor, kerbau 4.500 ekor, kambing 31.300 ekor dan domba 9.125 ekor.

"Populasi ternak kita sebenarnya cukup banyak, tapi itukan tidak semua bisa untuk hewan potong karena itu terdata mulai anak dan juga induk sapi. Apa lagi untuk kurban yang ada kriterianya," kata Kaprawi.

Kaprawi melanjutkan rata-rata setiap tahun kebutuhan hewan kurban di Merangin sekira 1.500 ekor. Dan sejauh ini Merangin baru mampu memenuhi 50 persen hewan kurban dari jumlah tersebut.

"Yang memenuhi kriteria untuk hewan kurban   paling sekitar 700 dan ekor. Artinya dari 1.500 kebutuhan hewan kurban kita baru mampu setengahnya," sebutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban selama ini, dikatakan Kaprawi masyarakat Merangin masih mendatangkan hewan kurban dari Sumatera Barat dan Lampung.

"Ya banyak dari daerah tetangga," singkatnya.

Untuk kesehatan hewan kurban hingga aman dikonsumsi masyarakat, dikatakan Kaprawi pihaknya membentuk tim kesehatan hewan yang akan melakukan pemeriksaan.

"Kita ada tim kesehatan hewan yang melakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah hewan dipotong. Mana  hewan yang  berpenyakit dan berdampak buruk bagi yang mengkonsumsinya, maka tidak kita izinkan untuk dibagikan ke masyarakat untuk dikonsumsi," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #hewan kurban #jelang idul adha



Berita Terbaru

 

Senin, 26 Agustus 2019 07:42 WIB

Ojol "Antarin " Karya Anak Negeri Segara Louncing di jambi, Targetkan 1.000 Lapangan Kerja Baru


Ojol "Antarin " Karya Anak Negeri Segara Louncing di jambi, Targetkan 1.000 Lapangan Kerja Baru Kajanglako.com. Jambi - Di tengah perkembangan teknologi

 

HUT RI ke 74
Minggu, 25 Agustus 2019 15:14 WIB

Ikut Panjat Pinang, Aksi Warga Berkebutuhan Khusus Bius Penonton


Ikut Panjat Pinang, Aksi Warga Berkebutuhan Khusus Bius Penonton Kajanglako.com. Jambi – Kemeriahan perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia

 

HUT RI ke 74
Minggu, 25 Agustus 2019 14:48 WIB

Masyarakat Tuna Rungu dan Wicara Curhat, Minta Diperhatikan sama Gubernur


Masyarakat Tuna Rungu dan Wicara Curhat, Minta Diperhatikan sama Gubernur Kajanglako.com. Jambi - Saat lomba panjat pinang yang digelar pemerintah Provinsi

 

Minggu, 25 Agustus 2019 14:10 WIB

Kadivre Bulog Jambi Minta Masyarakat Bersabar, Akhir Agustus Daging Beku Masuk 50 Ton


Kadivre Bulog Jambi Minta Masyarakat Bersabar, Akhir Agustus Daging Beku Masuk 50 Ton  Kajanglako.com. Jambi - Hampir satu bulan terakhir stok daging

 

HUT RI ke 74
Minggu, 25 Agustus 2019 11:54 WIB

Dapat Hadiah Motor, Ibu Ini Langsung Tancap Gas di Tengah Kerumunan Warga


Dapat Hadiah Motor, Ibu Ini Langsung Tancap Gas di Tengah Kerumunan Warga Kajanglako.com. Jambi - Nanda, seorang tenaga pendidik bagian tenaga administrasi