Rabu, 20 November 2019


Rabu, 10 Juli 2019 22:29 WIB

Pemkab Merangin Tidak Akan Rekrut CPNS dan P3K Jika ini Terjadi

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Bupati Merangin Al Haris (Foto:kajanglako/Riki S)

Pemkab Merangin Tidak Akan Rekrut CPNS dan P3K Jika ini Terjadi

Kajanglako.com, Merangin - Pemkab Merangin belum memutuskan apakah melakukan penerimaan CPNS dan P3K tahun 2019 ini.



Pemkab Merangin bisa saja memutuskan tidak merekrut CPNS dan P3K jika gajinya dibebankan ke APBD Merangin.

''Gaji dan segala macam itu lebih kurang 13 Milyar dananya. Dengan jumlah lebih kurang 300 orang itu, sehingga berat bagi kita menerima," kata Al Haris.

Terkait anggaran atau beban gaji, dikatakan Al Haris jika beberapa waktu lalu dirinya dalam pertemuan dengan Menpan mengusulkan gaji CPNS dan P3K dari APBN dan tidak membebani APBD.

''Waktu itu pak Mentri bilang akan mengajukan ke Mentri keuangan. makanya kita berharap ada kepastian hukum, apakah dana penggajian itu dari APBN ataukah dana kita," ujarnya.

''Kalau dana kita, saya pikir agak berat. Kerena kondisi kita ingin bangun daerah, secara aturan, kita ini dibebankan oleh pemerintah pusat, agar belanja infrastruktur itu harus mencapai 20 persen dari APBD, kalau tidak kita akan dikenakan sanksi dari Kementrian Keuangan, nah itu yang harus kita kejar dulu, kalau CPNS tidak masuk aturan," jelasnya.

Dia menuturka instansi yang wajib anggarannya yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, kemudian infrastruktur dengan anggaran wajib dari APBD sebesar 20 persen.

''Kesehatan sudah oke, cukup setiap tahunnya, pendidikan juga sudah mulai cukup, dan infrastruktur itu wajib kita anggarkan setiap tahunnya sekitar Rp 250 Milyar, kemarin tidak sampai anggarannya hanya sekitar 150 Milyar. kita akan ditegur pusat nantinya, jika kita tidak bisa memenuhi itu, maka itu yang kita utamakan," tegas Al Haris.

''Kalau menyangkut jalan-jalan masyarakat, jembatan yang putus, jalan berlobangnya parah, nah inikan kemanusiaan. Kalau CPNS masih bisa lah pegawai yang ada ini kita gunakan," tambahnya lagi.

Jika APBN tidak mengucur ke Merangin, maka Merangin terancam tidak rekrut CPNS, mengingat dana yang cukup besar dan beresiko bagi Pemkab Merangin.

''Apa lagi saya juga wajib memberikan TPP kepada pegawai, sebab saat ini juga masih kurang, karena dana kita belum cukup. Itu gambarannya, tapi itu belum final, karena kita masih mengharapkan kebijakan dari pemerintah pusat terkait dengan penerimaah CPNS ini," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #cpns #al haris #p3k #apbd #apbn



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 November 2019 21:57 WIB

MFA Sebut Ada Hubungan Erat dengan PKB Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini ada tiga Bacalon Bupati Batanghari yang sudah mengambil formulir penjaringan di kantor DPC PKB Batanghari,

 

Selasa, 19 November 2019 21:44 WIB

Razia Tiga Kecamatan di Batanghari, 143 Botol Miras Diamankan Petugas


Kajanglako.com, Batanghari - Satpol-pp Batanghari bersama tim gabungan Polri, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan Negeri, Selasa (19/11), merazia sejumlah tempat

 

Selasa, 19 November 2019 17:36 WIB

Tampil Maksimal, Zian Goncang Smansa Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Berbagai macam penampilan disuguhkan pelajar SMAN I Batanghari pada acara Pensi yang juga sekaligus memperingati hari jadi

 

Selasa, 19 November 2019 16:34 WIB

Rumah Hariyah Ludes Dilahap Sijago Merah


Kajanglako.com, Sarolangun- Rumah semi permanen milik Hariyah di RT 07 Desa Lubuk Resam Ilir Kecamatan Cermin Nan Gedang, Senin (18/11) malam, ludes dilalap

 

Selasa, 19 November 2019 15:09 WIB

Siap Siaga Antisipasi Banjir, Pemprov dan Stakeholder Bersinergi


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan, sebelum datangnya musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi