Rabu, 20 November 2019


Rabu, 10 Juli 2019 22:17 WIB

Pemerintah akan Tertibkan SAD Berkeliaran dan Meminta di Jalan

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita

Foto Suku Anak Dalam (Istimewa)

Pemerintah akan Tertibkan SAD Berkeliaran dan Meminta di Jalan

Kajanglako.com, Jambi - Keberadaan Suku Anak Dalam (SAD) yang belakangan kerap berkeliaran dan meminta-minta di sudut jalan Kota Jambi, saat ini telah menjadi perhatian khusus pemerintah. Hal itu seiiring dengan banyaknya pengaduan masyarakat, yang menyebut SAD telah meresahkan masyarakat.



Arief Munandar Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi mengatakan, pihaknya memperoleh informasi dari media sosial (Medsos) terkait hal tersebut.

“Informasi yang saya peroleh di media sosial (medsos), SAD di kota Jambi ini mengganggu,  meresahkan kenyamanan masyarakat. Misal dengan minta minta di pingir jalan, di POM bensin dan di rumah rumah makan,” kata Arief, Rabu (10/7).

Menurut Arief, perlu adanya penangnan khusus dalam menertibkan SAD yang berkeliaran tersebut. Arief mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pemerintah Kota Jambi untuk mencari cara mengembalikan SAD ke asalnya.

"Kita sama-samalah mengembalikan, kalau memang Kota siap ya silahkan karena ini antar Kabupaten, tapi kalau antar Provinsi tugas kami, namun Provinsi siap untuk mendampingi Kota Jambi untuk memulangkan kalau memang itu jadi masalah," katanya.

Arief menjelaskan, pemulangan SAD itu sebenarnya bukanlah solusi yang tepat, tetapi yang paling penting itu bagaimana pihaknya bersama pihak terkait dapat memberdayakan SAD tersebut.

"Ada dua macam SAD, ada yang sudah menetap, itu ada kurang lebih 17000 jiwa kalau nggak salah, ada kurang lebih 7000 jiwa lagi yang masih kehidupannya melanggun (berpindah-pindah) dan masih perlu penanganan," katanya .

Sebelumnya juga pernah di beritakan kajanglako.com terkiat SAD yang berkeliaran di jalan dan mendapat respon dari Bupati Merangin Al Haris.

"Kalau SAD yang berkeliaran dijalan bukanlah SAD dari Bukit dua belas, tapi SAD pendatang dari Sumsel,” katanya. (Kjcom)


Tag : #jambi #suku anak dalam #SAD #dinsosdukcapil arief munandar



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 November 2019 21:57 WIB

MFA Sebut Ada Hubungan Erat dengan PKB Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini ada tiga Bacalon Bupati Batanghari yang sudah mengambil formulir penjaringan di kantor DPC PKB Batanghari,

 

Selasa, 19 November 2019 21:44 WIB

Razia Tiga Kecamatan di Batanghari, 143 Botol Miras Diamankan Petugas


Kajanglako.com, Batanghari - Satpol-pp Batanghari bersama tim gabungan Polri, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan Negeri, Selasa (19/11), merazia sejumlah tempat

 

Selasa, 19 November 2019 17:36 WIB

Tampil Maksimal, Zian Goncang Smansa Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Berbagai macam penampilan disuguhkan pelajar SMAN I Batanghari pada acara Pensi yang juga sekaligus memperingati hari jadi

 

Selasa, 19 November 2019 16:34 WIB

Rumah Hariyah Ludes Dilahap Sijago Merah


Kajanglako.com, Sarolangun- Rumah semi permanen milik Hariyah di RT 07 Desa Lubuk Resam Ilir Kecamatan Cermin Nan Gedang, Senin (18/11) malam, ludes dilalap

 

Selasa, 19 November 2019 15:09 WIB

Siap Siaga Antisipasi Banjir, Pemprov dan Stakeholder Bersinergi


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan, sebelum datangnya musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi