Selasa, 23 Juli 2019


Rabu, 10 Juli 2019 22:17 WIB

Pemerintah akan Tertibkan SAD Berkeliaran dan Meminta di Jalan

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita

Foto Suku Anak Dalam (Istimewa)

Pemerintah akan Tertibkan SAD Berkeliaran dan Meminta di Jalan

Kajanglako.com, Jambi - Keberadaan Suku Anak Dalam (SAD) yang belakangan kerap berkeliaran dan meminta-minta di sudut jalan Kota Jambi, saat ini telah menjadi perhatian khusus pemerintah. Hal itu seiiring dengan banyaknya pengaduan masyarakat, yang menyebut SAD telah meresahkan masyarakat.



Arief Munandar Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi mengatakan, pihaknya memperoleh informasi dari media sosial (Medsos) terkait hal tersebut.

“Informasi yang saya peroleh di media sosial (medsos), SAD di kota Jambi ini mengganggu,  meresahkan kenyamanan masyarakat. Misal dengan minta minta di pingir jalan, di POM bensin dan di rumah rumah makan,” kata Arief, Rabu (10/7).

Menurut Arief, perlu adanya penangnan khusus dalam menertibkan SAD yang berkeliaran tersebut. Arief mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pemerintah Kota Jambi untuk mencari cara mengembalikan SAD ke asalnya.

"Kita sama-samalah mengembalikan, kalau memang Kota siap ya silahkan karena ini antar Kabupaten, tapi kalau antar Provinsi tugas kami, namun Provinsi siap untuk mendampingi Kota Jambi untuk memulangkan kalau memang itu jadi masalah," katanya.

Arief menjelaskan, pemulangan SAD itu sebenarnya bukanlah solusi yang tepat, tetapi yang paling penting itu bagaimana pihaknya bersama pihak terkait dapat memberdayakan SAD tersebut.

"Ada dua macam SAD, ada yang sudah menetap, itu ada kurang lebih 17000 jiwa kalau nggak salah, ada kurang lebih 7000 jiwa lagi yang masih kehidupannya melanggun (berpindah-pindah) dan masih perlu penanganan," katanya .

Sebelumnya juga pernah di beritakan kajanglako.com terkiat SAD yang berkeliaran di jalan dan mendapat respon dari Bupati Merangin Al Haris.

"Kalau SAD yang berkeliaran dijalan bukanlah SAD dari Bukit dua belas, tapi SAD pendatang dari Sumsel,” katanya. (Kjcom)


Tag : #jambi #suku anak dalam #SAD #dinsosdukcapil arief munandar



Berita Terbaru

 

Sarolangun Smart City
Senin, 22 Juli 2019 20:11 WIB

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya


Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dibawah kepemimpinan

 

Konflik Warga dan PT WKS
Senin, 22 Juli 2019 19:53 WIB

Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB


Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB Kajanglako, Batanghari - Kepolisian Resor (Polres) Batanghari mengamankan 10 pucuk senjata

 

Paripurna Dewan
Senin, 22 Juli 2019 19:49 WIB

Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019


Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019 Kajanglako.com, Muaro Jambi - DPRD Muaro Jambi gelar rapat paripurna Penyampaian secara resmi Nota Keuangan

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:45 WIB

Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa?


Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa? Kajanglako.com, Jambi – Hasil rapat tertutup Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Wakil Gubernur

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:27 WIB

Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa


Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa Kajanglako.com, Jambi – Alih-alih siapa orangnya, ada atau tidaknya