Rabu, 20 November 2019


Rabu, 10 Juli 2019 21:47 WIB

Sistem Zonasi di SMA Negeri 7 Merangin Sepi Peminat, Hanya 14 Orang Kembalikan Berkas

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pendidikan

Gambar ilustrasi (ist)

Sistem Zonasi di SMA Negeri 7 Merangin Sepi Peminat, Hanya 14 Orang Kembalikan Berkas

Kajanglako.com, Merangin - Sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai diterpakan di sejumlah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Merangin  tahun ajaran 2019/2020 ini.



Sistem zonasi yang berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 51 tahun 2018 yang bertujuan untuk mempercepat pemerataan kualitas pendidikan.

Pemerataan tersebut ternyata tidaklah berbaring lurus dengan jumlah siswa yang mendaftar di SMA 7 Merangin. Sekolah yang berada di kota Bangko ini ternyata tetap minum peminat.

Berdasarkan data yang didapat dari Panitia PPDB SMA Negeri 7 Merangin dari 23 calon siswa yang mendaftar hanya 14 calon siswa yang menyerahkan dan melengkapi berkas persyaratan, hingga batas waktu yang ditetapkan sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Merangin, Antrismen mengatakan tidak rincinya pembagian zona membuat calon siswa lebih memilih sekolah lain yang dianggap lebih unggul.

"Sebenarnya sudah pernah saya lontarkan ketika rapat untuk pembagian zona harus betul betul diperhatikan, contohnya untuk wilayah Langling dan Kelurahan Dusun Bangko harus di SMA 7,  Kelurahan Pasar Bangko dan Pasar Atas itu di SMA 1 jadi semua akan dapat," ujar Antrismen.

Karena tidak rincinya pembagian zona tersebut calon peserta didik yang rumahnya berada disekitar lingkungan SMA 7 bisa juga mendaftar di SMA yang lain yang dianggap lebih unggul.

"Sebenarnya kualitas pendidik kita sama, fasilitas sekolah juga sama namun masih ada juga calon peserta didik yang tinggal di sekitaran SMA 7 mendaftar di tempat lain karena tidak rincinya penzonasian tadi," jelasnya.

Antrismen berharap ada solusi dari pemangku kebijakan agar perincian zonasi ditinjau kembali sehingga tujuan pemerataan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Merangin bisa terjadi.

"Kami sangat berharap ke depan bisa dilakukan peninjauan kembali sehingga tujuan sistem zonasi ini untuk mempercepat pemerataan kualitas pendidikan bisa benar-benar terlaksana," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #ppdb 2019 #sistem zonasi #sma n 7 merangin



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 November 2019 21:57 WIB

MFA Sebut Ada Hubungan Erat dengan PKB Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini ada tiga Bacalon Bupati Batanghari yang sudah mengambil formulir penjaringan di kantor DPC PKB Batanghari,

 

Selasa, 19 November 2019 21:44 WIB

Razia Tiga Kecamatan di Batanghari, 143 Botol Miras Diamankan Petugas


Kajanglako.com, Batanghari - Satpol-pp Batanghari bersama tim gabungan Polri, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan Negeri, Selasa (19/11), merazia sejumlah tempat

 

Selasa, 19 November 2019 17:36 WIB

Tampil Maksimal, Zian Goncang Smansa Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Berbagai macam penampilan disuguhkan pelajar SMAN I Batanghari pada acara Pensi yang juga sekaligus memperingati hari jadi

 

Selasa, 19 November 2019 16:34 WIB

Rumah Hariyah Ludes Dilahap Sijago Merah


Kajanglako.com, Sarolangun- Rumah semi permanen milik Hariyah di RT 07 Desa Lubuk Resam Ilir Kecamatan Cermin Nan Gedang, Senin (18/11) malam, ludes dilalap

 

Selasa, 19 November 2019 15:09 WIB

Siap Siaga Antisipasi Banjir, Pemprov dan Stakeholder Bersinergi


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan, sebelum datangnya musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi