Selasa, 23 Juli 2019


Rabu, 10 Juli 2019 21:47 WIB

Sistem Zonasi di SMA Negeri 7 Merangin Sepi Peminat, Hanya 14 Orang Kembalikan Berkas

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pendidikan

Gambar ilustrasi (ist)

Sistem Zonasi di SMA Negeri 7 Merangin Sepi Peminat, Hanya 14 Orang Kembalikan Berkas

Kajanglako.com, Merangin - Sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai diterpakan di sejumlah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Merangin  tahun ajaran 2019/2020 ini.



Sistem zonasi yang berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 51 tahun 2018 yang bertujuan untuk mempercepat pemerataan kualitas pendidikan.

Pemerataan tersebut ternyata tidaklah berbaring lurus dengan jumlah siswa yang mendaftar di SMA 7 Merangin. Sekolah yang berada di kota Bangko ini ternyata tetap minum peminat.

Berdasarkan data yang didapat dari Panitia PPDB SMA Negeri 7 Merangin dari 23 calon siswa yang mendaftar hanya 14 calon siswa yang menyerahkan dan melengkapi berkas persyaratan, hingga batas waktu yang ditetapkan sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Merangin, Antrismen mengatakan tidak rincinya pembagian zona membuat calon siswa lebih memilih sekolah lain yang dianggap lebih unggul.

"Sebenarnya sudah pernah saya lontarkan ketika rapat untuk pembagian zona harus betul betul diperhatikan, contohnya untuk wilayah Langling dan Kelurahan Dusun Bangko harus di SMA 7,  Kelurahan Pasar Bangko dan Pasar Atas itu di SMA 1 jadi semua akan dapat," ujar Antrismen.

Karena tidak rincinya pembagian zona tersebut calon peserta didik yang rumahnya berada disekitar lingkungan SMA 7 bisa juga mendaftar di SMA yang lain yang dianggap lebih unggul.

"Sebenarnya kualitas pendidik kita sama, fasilitas sekolah juga sama namun masih ada juga calon peserta didik yang tinggal di sekitaran SMA 7 mendaftar di tempat lain karena tidak rincinya penzonasian tadi," jelasnya.

Antrismen berharap ada solusi dari pemangku kebijakan agar perincian zonasi ditinjau kembali sehingga tujuan pemerataan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Merangin bisa terjadi.

"Kami sangat berharap ke depan bisa dilakukan peninjauan kembali sehingga tujuan sistem zonasi ini untuk mempercepat pemerataan kualitas pendidikan bisa benar-benar terlaksana," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #ppdb 2019 #sistem zonasi #sma n 7 merangin



Berita Terbaru

 

Sarolangun Smart City
Senin, 22 Juli 2019 20:11 WIB

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya


Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dibawah kepemimpinan

 

Konflik Warga dan PT WKS
Senin, 22 Juli 2019 19:53 WIB

Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB


Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB Kajanglako, Batanghari - Kepolisian Resor (Polres) Batanghari mengamankan 10 pucuk senjata

 

Paripurna Dewan
Senin, 22 Juli 2019 19:49 WIB

Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019


Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019 Kajanglako.com, Muaro Jambi - DPRD Muaro Jambi gelar rapat paripurna Penyampaian secara resmi Nota Keuangan

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:45 WIB

Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa?


Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa? Kajanglako.com, Jambi – Hasil rapat tertutup Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Wakil Gubernur

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:27 WIB

Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa


Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa Kajanglako.com, Jambi – Alih-alih siapa orangnya, ada atau tidaknya