Rabu, 20 November 2019


Rabu, 10 Juli 2019 15:38 WIB

Jumlah Populasi Gajah Sumatera di Provinsi Jambi

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Berita

Salah satu Gajah yang ad di Kabupaten Tebo (Foto:Korwas PPNS Diskrimsus Polda Jambi)

Jumlah Populasi Gajah Sumatera di Provinsi Jambi

Kajanglako.com, Jambi – Pulau Sumatera dikenal memiliki berbagai macam satwa liar, salah satunya Gajah Sumatera. Namun sayang jumlah populasinya kian hari kian berkurang.



Di Provinsi Jambi, berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi, jumlah populasi Gajah Sumatera hanya tersisda tak sampai 200 ekor.

Dikatakan Kepala BKSDA Provinsi Jambi Rahmad Saleh, secara sebaran, populasi Gajah di Provinsi Jambi terbagi di tiga titik yakni Kabupaten Tebo, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan di Lanskep PT Reki.

Dikatakan Rahmad, populasi Gajah Sumatera terbanyak yakni ada di Kabupaten Tebo, dengan jumlah sekitar 143 ekor. Tidak hanya itu, populasi Gajah di Tebo juga terbilang lengkap, baik itu Gajah Tua, Gajah Betina, Gajah Jantan dan Gajah Anakan.

“Di tebo paling banyak sekitar 143 ekor. Tidak hanya banyak populasi Gajah di Tebo ini yang paling lengkap, ada anakan, betina dan nenek Gajah,” kata Rahmad.

Rahmad melanjutkan, sedangkan di TNKS memang belum dilakukan perhitungan pasti. Namun diperkirakan terdapat sekitar 30 ekor di area tersebut. Sementara di Lanskep PT. Reki terdapat 9 ekor dan satu ekor betina berada di kawasan Konservasi BKSDA.

Untuk angka kematian, Rahmad Saleh mengatakan, menurut data skunder yang dimiliki mencapai sekitar 13 ekor sejak tahun 2012 hingga sekarang. Kematian Gajah masih di dominasi oleh perburuan, diracun dan secara alami. Rahmad mengatakan angka kematian tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan provinsi lain.

“Angka kematian di Provinsi Jambi relatif lebih kecil dari Provinsi lain. Sejak tahun 2012 tercatat sekitar 13 ekor. Penyebabnya oleh perburuan, diracun dan alami,” kata Rahmad. (Kjcom)


Tag : #jambi #gajah sumatera #wai kambas #tebo #populasi gajah #konservasi #bksda #pt reki #pt laj



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 November 2019 21:57 WIB

MFA Sebut Ada Hubungan Erat dengan PKB Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini ada tiga Bacalon Bupati Batanghari yang sudah mengambil formulir penjaringan di kantor DPC PKB Batanghari,

 

Selasa, 19 November 2019 21:44 WIB

Razia Tiga Kecamatan di Batanghari, 143 Botol Miras Diamankan Petugas


Kajanglako.com, Batanghari - Satpol-pp Batanghari bersama tim gabungan Polri, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan Negeri, Selasa (19/11), merazia sejumlah tempat

 

Selasa, 19 November 2019 17:36 WIB

Tampil Maksimal, Zian Goncang Smansa Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Berbagai macam penampilan disuguhkan pelajar SMAN I Batanghari pada acara Pensi yang juga sekaligus memperingati hari jadi

 

Selasa, 19 November 2019 16:34 WIB

Rumah Hariyah Ludes Dilahap Sijago Merah


Kajanglako.com, Sarolangun- Rumah semi permanen milik Hariyah di RT 07 Desa Lubuk Resam Ilir Kecamatan Cermin Nan Gedang, Senin (18/11) malam, ludes dilalap

 

Selasa, 19 November 2019 15:09 WIB

Siap Siaga Antisipasi Banjir, Pemprov dan Stakeholder Bersinergi


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan, sebelum datangnya musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi