Selasa, 23 Juli 2019


Rabu, 10 Juli 2019 15:38 WIB

Jumlah Populasi Gajah Sumatera di Provinsi Jambi

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Berita

Salah satu Gajah yang ad di Kabupaten Tebo (Foto:Korwas PPNS Diskrimsus Polda Jambi)

Jumlah Populasi Gajah Sumatera di Provinsi Jambi

Kajanglako.com, Jambi – Pulau Sumatera dikenal memiliki berbagai macam satwa liar, salah satunya Gajah Sumatera. Namun sayang jumlah populasinya kian hari kian berkurang.



Di Provinsi Jambi, berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi, jumlah populasi Gajah Sumatera hanya tersisda tak sampai 200 ekor.

Dikatakan Kepala BKSDA Provinsi Jambi Rahmad Saleh, secara sebaran, populasi Gajah di Provinsi Jambi terbagi di tiga titik yakni Kabupaten Tebo, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan di Lanskep PT Reki.

Dikatakan Rahmad, populasi Gajah Sumatera terbanyak yakni ada di Kabupaten Tebo, dengan jumlah sekitar 143 ekor. Tidak hanya itu, populasi Gajah di Tebo juga terbilang lengkap, baik itu Gajah Tua, Gajah Betina, Gajah Jantan dan Gajah Anakan.

“Di tebo paling banyak sekitar 143 ekor. Tidak hanya banyak populasi Gajah di Tebo ini yang paling lengkap, ada anakan, betina dan nenek Gajah,” kata Rahmad.

Rahmad melanjutkan, sedangkan di TNKS memang belum dilakukan perhitungan pasti. Namun diperkirakan terdapat sekitar 30 ekor di area tersebut. Sementara di Lanskep PT. Reki terdapat 9 ekor dan satu ekor betina berada di kawasan Konservasi BKSDA.

Untuk angka kematian, Rahmad Saleh mengatakan, menurut data skunder yang dimiliki mencapai sekitar 13 ekor sejak tahun 2012 hingga sekarang. Kematian Gajah masih di dominasi oleh perburuan, diracun dan secara alami. Rahmad mengatakan angka kematian tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan provinsi lain.

“Angka kematian di Provinsi Jambi relatif lebih kecil dari Provinsi lain. Sejak tahun 2012 tercatat sekitar 13 ekor. Penyebabnya oleh perburuan, diracun dan alami,” kata Rahmad. (Kjcom)


Tag : #jambi #gajah sumatera #wai kambas #tebo #populasi gajah #konservasi #bksda #pt reki #pt laj



Berita Terbaru

 

Sarolangun Smart City
Senin, 22 Juli 2019 20:11 WIB

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya


Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dibawah kepemimpinan

 

Konflik Warga dan PT WKS
Senin, 22 Juli 2019 19:53 WIB

Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB


Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB Kajanglako, Batanghari - Kepolisian Resor (Polres) Batanghari mengamankan 10 pucuk senjata

 

Paripurna Dewan
Senin, 22 Juli 2019 19:49 WIB

Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019


Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019 Kajanglako.com, Muaro Jambi - DPRD Muaro Jambi gelar rapat paripurna Penyampaian secara resmi Nota Keuangan

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:45 WIB

Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa?


Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa? Kajanglako.com, Jambi – Hasil rapat tertutup Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Wakil Gubernur

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:27 WIB

Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa


Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa Kajanglako.com, Jambi – Alih-alih siapa orangnya, ada atau tidaknya