Sabtu, 08 Agustus 2020


Rabu, 10 Juli 2019 15:38 WIB

Jumlah Populasi Gajah Sumatera di Provinsi Jambi

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Berita

Salah satu Gajah yang ad di Kabupaten Tebo (Foto:Korwas PPNS Diskrimsus Polda Jambi)

Jumlah Populasi Gajah Sumatera di Provinsi Jambi

Kajanglako.com, Jambi – Pulau Sumatera dikenal memiliki berbagai macam satwa liar, salah satunya Gajah Sumatera. Namun sayang jumlah populasinya kian hari kian berkurang.



Di Provinsi Jambi, berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi, jumlah populasi Gajah Sumatera hanya tersisda tak sampai 200 ekor.

Dikatakan Kepala BKSDA Provinsi Jambi Rahmad Saleh, secara sebaran, populasi Gajah di Provinsi Jambi terbagi di tiga titik yakni Kabupaten Tebo, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan di Lanskep PT Reki.

Dikatakan Rahmad, populasi Gajah Sumatera terbanyak yakni ada di Kabupaten Tebo, dengan jumlah sekitar 143 ekor. Tidak hanya itu, populasi Gajah di Tebo juga terbilang lengkap, baik itu Gajah Tua, Gajah Betina, Gajah Jantan dan Gajah Anakan.

“Di tebo paling banyak sekitar 143 ekor. Tidak hanya banyak populasi Gajah di Tebo ini yang paling lengkap, ada anakan, betina dan nenek Gajah,” kata Rahmad.

Rahmad melanjutkan, sedangkan di TNKS memang belum dilakukan perhitungan pasti. Namun diperkirakan terdapat sekitar 30 ekor di area tersebut. Sementara di Lanskep PT. Reki terdapat 9 ekor dan satu ekor betina berada di kawasan Konservasi BKSDA.

Untuk angka kematian, Rahmad Saleh mengatakan, menurut data skunder yang dimiliki mencapai sekitar 13 ekor sejak tahun 2012 hingga sekarang. Kematian Gajah masih di dominasi oleh perburuan, diracun dan secara alami. Rahmad mengatakan angka kematian tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan provinsi lain.

“Angka kematian di Provinsi Jambi relatif lebih kecil dari Provinsi lain. Sejak tahun 2012 tercatat sekitar 13 ekor. Penyebabnya oleh perburuan, diracun dan alami,” kata Rahmad. (Kjcom)


Tag : #jambi #gajah sumatera #wai kambas #tebo #populasi gajah #konservasi #bksda #pt reki #pt laj



Berita Terbaru

 

Jumat, 07 Agustus 2020 11:37 WIB

Al Haris Resmikan Wisata Edukasi Benuang


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin Al Haris, meresmikan wisata Edukasi Benuang, Jumat (7/8/20). Peresmian ini dilakukan usai Gerakan Pendidikan

 

Jumat, 07 Agustus 2020 00:39 WIB

PJ Sekda Lantik 35 Pejabat Fungsional Lingkup Pemprov Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Jambi H Sudirman SH MH, melantik 35 orang pejabat fungsional dalam lingkup Pemerintah

 

Jumat, 07 Agustus 2020 00:33 WIB

Rapat Evaluasi Penandatanganan Covid-19, PJ Sekda: Tekan Penambahan Kasus


Kajanglako.com, Jambi – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menggelar Rapat Evaluasi Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi

 

Kamis, 06 Agustus 2020 19:20 WIB

Kelurahan Pasar Sarolangun Gelar Pelatihan Relawan Siaga Bencana Tahun 2020


Kajanglako.com, Sarolangun - Pemerintah Kelurahan Pasar Sarolangun Kabupaten Sarolangun menggelar Pelatihan Pembinaan Kelembagaan Kemasyarakatan Relawan

 

Kamis, 06 Agustus 2020 19:15 WIB

30 Paskibraka Batanghari Dipastikan Gagal Tampil


Kajanglako.com, Batanghari - Sebanyak 30 siswa-siswi SMA terpilih yang telah mengikuti rangkaian seleksi untuk menjadi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka