Rabu, 20 November 2019


Rabu, 10 Juli 2019 15:11 WIB

Fachrori Usulkan Kabupaten Bungo Pusat Logistik Mitigasi Bencana Sumatera

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Inforial

Fachrori Usulkan Kabupaten Bungo Pusat Logistik Mitigasi Bencana Sumatera

Kajanglako.com, Bengkulu - Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama para gubernur se Sumatera menandatangani Program Kesepakatan Raflesia yang nantinya langsung disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia.



Kesepakatan ini merupakan  komitmen bersama Gubernur se Sumatera untuk meningkatkan peran pulau Sumatera dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional. Penandatanganan ini dilakukan dalam  Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se Sumatera Tahun 2019 dengan tema “Peningkatan Peran  Pulau Sumatera Dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional”, Selasa (9/7), di Krakatau Ballroom Hotel Grage Bengkulu.

Isi dari kesepakatan ini adalah mendorong percepatan pembangunan Jalur Kereta Api Sumatera, percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, pengembangan pelabuhan di pesisir barat Sumatera, penguatan Program Tol Laut, percepatan realisasi pembangunan Selat Sunda, dan mendorong pemerintah untuk percepatan KEK di wilayah Sumatera.

Pada kesempatan ini, Fachrori menyampaikan usulan strategis Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2020 dengan menetapkan pusat logistik mitigasi bencana Pulau Sumatera di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Pengusulan penetapan Bungo sebagai pusat logistik mitigasi bencana pulau Sumatera dengan beberapa pertimbangan yaitu dari segi kewilayahan, Kabupaten Bungo lebih strategis, karena berada di tengah akses transit jalur darat dari dan menuju daerah se Sumatera seperti Jambi-Palembang-Padang-Riau- Bengkulu-Medan-Aceh dan Lampung. Selain itu, Kabupaten Bungo memiliki Rumah Sakit Daerah (RSUD) tipe B, relatif lebih aman dari bencana, memiliki bandara perintis nasional. Dari aspek ekonomi, memiliki potensi sumber daya alam yang cukup baik, dan adanya dukungan instansi vertikal Basarnas yakni tahun 2019 akan membangun sarpras di Kabupaten Bungo.

Fachrori menjelaskan, ada beberapa isu strategis yang  dibahas  diantaranya konektivitas Pulau Sumatera dan penguatan komoditas Pulau Sumatera. Untuk isu konektivitas, seluruh gubernur se Sumatera bersinergi mendorong pemerintah pusat untuk menyambungkan atau mengoneksikan Pulau Jawa dan Sumatera yaitu dengan membangun Jembatan Selat Sunda.

“Seluruh kesepakatan yang dibuat ini tentunya diperuntukkan untuk meningkatkan peranan kita, peranan seluruh provinsi di Sumatera dalam peningkatan percepatan pembangunan nasional, dan jika seluruh kesepakatan ini dilaksanakan efeknya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat terutama dalam peningkatan kesejahteraan,” kata Fachrori.

Provinsi Jambi, kata Fachrori, juga memiliki kekayaan alam yang sangat besar diantaranya kopi, karet, kelapa sawit yang menjadi andalan. “Jika seluruh gubernur berkomitmen bersama-sama menjadikan komoditas ini menjadi andalan dari seluruh Sumatera, seperti yang tadi disepakati membuat namanya Sumatera Coffee Trading House, memiliki pusat perdagangan kopi yang terkoordinasi, sehingga Kopi Sumatera betul-betul punya pasar yang baik di nasional maupun menjadi komoditas ekspor,” kata Fachrori.

Fachrori juga mengharapkan agar komitmen untuk kemajuan bersama ini dapat dilakukan bukan hanya di Pulau Sumatera, tetapi juga seluruh wilayah di Indonesia. "Saya berharap pemerataan pembangunan dan kemajuan serta percepatan pembangunan dapat dirasakan di seluruh Indonesia baik Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, tujuannya agar kesejahteraan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Fachrori.

Selain itu, Provinsi Jambi juga mengemukakan tambahan etape dalam Tour De Singkarak, dimana selama ini etape dalam Tour De Singkarak hanya di Provinsi Sumatera Barat, namun tahun ini diusulkan agar Provinsi Jambi juga masuk dalam Tour De Singkarak, yakni di Kerinci. (Kjcom)


Tag : #jambi #fachrori #pusat logistik #bencana #sumatera #rakor gubernur



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 November 2019 21:57 WIB

MFA Sebut Ada Hubungan Erat dengan PKB Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini ada tiga Bacalon Bupati Batanghari yang sudah mengambil formulir penjaringan di kantor DPC PKB Batanghari,

 

Selasa, 19 November 2019 21:44 WIB

Razia Tiga Kecamatan di Batanghari, 143 Botol Miras Diamankan Petugas


Kajanglako.com, Batanghari - Satpol-pp Batanghari bersama tim gabungan Polri, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan Negeri, Selasa (19/11), merazia sejumlah tempat

 

Selasa, 19 November 2019 17:36 WIB

Tampil Maksimal, Zian Goncang Smansa Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Berbagai macam penampilan disuguhkan pelajar SMAN I Batanghari pada acara Pensi yang juga sekaligus memperingati hari jadi

 

Selasa, 19 November 2019 16:34 WIB

Rumah Hariyah Ludes Dilahap Sijago Merah


Kajanglako.com, Sarolangun- Rumah semi permanen milik Hariyah di RT 07 Desa Lubuk Resam Ilir Kecamatan Cermin Nan Gedang, Senin (18/11) malam, ludes dilalap

 

Selasa, 19 November 2019 15:09 WIB

Siap Siaga Antisipasi Banjir, Pemprov dan Stakeholder Bersinergi


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan, sebelum datangnya musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi