Rabu, 20 November 2019


Minggu, 07 Juli 2019 10:09 WIB

Dihuni Banyak Anak Muda dan Perempuan, GKR Hemas: Akan Banyak Aksi Menarik di DPD RI 2019- 2024

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik Parlemen

Gusti Kanjeng Ratu Hemas/ Foto: Istimewa

Kajanglako.com, Jakarta- Gusti Kanjeng Ratu Hemas menyatakan profil anggota baru Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024 menjanjikan kualitas lembaga yang lebih baik.

“Tujuh puluh persen orang muda, 30 persen perempuan, dan sekitar 80 persen punya pengalaman politik. Itu jelas menggambarkan kualitas,” kata Hemas yang terpilih untuk keempat kalinya sebagai anggota DPD RI.



GKR Hemas telah menjadi anggota pada periode pertama lembaga tersebut, yakni 2004-2009, dengan prosentase suara tertinggi se-Indonesia. Demikian pula dalam 4 kali Pileg DPD selanjutnya, selalu tertinggi.

Pada periode pertama, namanya langsung meroket karena mengusulkan perubahan kelima UUD 1945. “Amandemen UUD 1945 diperlukan untuk memperkuat kewenangan DPD agar lebih bermanfaat bagi daerah,” katanya ketika itu.

Dua periode berikutnya, ia duduk sebagai wakil ketua lembaga tersebut. Selama kepemimpinannya itu, DPD menghasilkan kuantitas keputusan lebih banyak dibanding periode saat ini. Periode 2009-2014, misalnya, dihasilkan 319 Keputusan.

Demikian pula segi kualitas keputusan yg dihasilkan, pada masa kepemimpinannya terwujud UU Kelautan, UU Desa, yang manfaatnya dirasakan daerah.

“Baru pada periode 2019-2024 saya melihat peningkatan kualitas anggota yang begitu signifikan,” katanya sambil menyebut adanya keseimbangan yang baik antara politisi senior dan yunior.

GKR Hemas juga menyatakan adanya keseimbangan kualitas anggota dari daerah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat. “Berkualitas semua, termasuk yang muda. Bahkan, yang paling muda pun punya pendidikan yang tinggi dan pengalaman profesional “milenial” yang bagus,” katanya.

Ia menyebut kondisi itu memberi harapan baru bagi DPD RI. “DPD ini kan tujuan utamanya mewakili kepentingan daerah di parlemen. Dengan kualitas anggota yang lebih baik, tentu fungsi-fungsi dapat dijalankan dengan lebih baik pula,” katanya.

Melihat profil anggota baru tersebut, Hemas optimis kualitas lembaganya akan lebih baik dan memberi daerah hasil yang lebih baik pula.

“Kita akan melihat aksi-aksi legislasi yang menarik dan bermanfaat ke depan,” katanya optimis.(kjcom)


Tag : #dpd ri #GKR Hemas



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 November 2019 21:57 WIB

MFA Sebut Ada Hubungan Erat dengan PKB Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini ada tiga Bacalon Bupati Batanghari yang sudah mengambil formulir penjaringan di kantor DPC PKB Batanghari,

 

Selasa, 19 November 2019 21:44 WIB

Razia Tiga Kecamatan di Batanghari, 143 Botol Miras Diamankan Petugas


Kajanglako.com, Batanghari - Satpol-pp Batanghari bersama tim gabungan Polri, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan Negeri, Selasa (19/11), merazia sejumlah tempat

 

Selasa, 19 November 2019 17:36 WIB

Tampil Maksimal, Zian Goncang Smansa Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Berbagai macam penampilan disuguhkan pelajar SMAN I Batanghari pada acara Pensi yang juga sekaligus memperingati hari jadi

 

Selasa, 19 November 2019 16:34 WIB

Rumah Hariyah Ludes Dilahap Sijago Merah


Kajanglako.com, Sarolangun- Rumah semi permanen milik Hariyah di RT 07 Desa Lubuk Resam Ilir Kecamatan Cermin Nan Gedang, Senin (18/11) malam, ludes dilalap

 

Selasa, 19 November 2019 15:09 WIB

Siap Siaga Antisipasi Banjir, Pemprov dan Stakeholder Bersinergi


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan, sebelum datangnya musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi