Rabu, 20 November 2019


Selasa, 25 Juni 2019 15:15 WIB

Bermodal Raih 4.923 Suara di Pileg Lalu, Yuninta Asmara Disebut Layak Maju di Pilkada Batanghari

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Politik

Yuninta Asmara (Foto:kajanglako/Suhur)

Bermodal Raih 4.923 Suara di Pileg Lalu, Yuninta Asmara Disebut Layak Maju di Pilkada Batanghari

Kajanglako.com, Batanghari – Yuninta Asmara, istri dari Bupati Batanghari Syahirsyah disebut layak maju pada kontestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Batanghari 2020 mendatang. Yuninta disebut-sebut telah memiliki modal besar yakni kemenangannya pada Pileg April lalu dengan perolehan suara 4.923 suara.



Berdasarkan hasil rekapitulasi Batanghari, YA sapaan akrab Yuninta Asmara, meraih 4923 suara atau lebih dari separuh suara Golkar di Dapil 1. Perolehan ini sekaligus menempatkan Yunninta Asmara, sebagai caleg dengan perolehan suara tertinggi tidak hanya di DPRD Batanghari, tapi juga untuk DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Pengamat politik Reno Noverdi menilai, sebagaimana Ketua DPRD, penentuan seorang calon kepala daerah bergantung pada mekanisme internal partai. Dalam hal ini baik di tingkat daerah ataupun DPP, berdasarkan kajian dan survei dari partai yang bersangkutan.

" Parpol pastilah melihat figur yang potensial untuk dimajukan sebagai calon kepala daerah. Salah satu aturan tak tertulis, dilihat dari kalkulasi suara yang bisa diraih. Kalau YA sukses mendulang lebih dari separuh suara Golkar di dapilnya, saya kira itu faktor yang tidak boleh diabaikan," kata Reno (25/6) ketika menghadiri diskusi di Jambi.

Lebih jauh dikatakannya, untuk meraih suara terbanyak pada pileg beberapa waktu tidak lah gampang. Untuk itu, YA patut diperhitungkan. "Kerja keras YA menjadi mesin elektoral buat partai di daerahnya layak dihargai," katanya.

Lebih jauh Reno menjelaskan, tiket untuk maju sebagai Bupati Batanghari yang diduduki anggota DPRD peraih suara terbanyak juga bagus dari sisi legitimasi politik.

"Peraih suara terbanyak ini kan berarti yang paling banyak meraih mandat dari rakyat. Jadi peraih mandat terbanyak dari rakyat sangat layak untuk dimajukan Golkar untuk jabatan Eksekutif,"timpalnya.

Selain dari sisi aturan dan legitimasi politik, Reno juga menilai, sosok YA juga pas untuk representasi sebagai partai yang berslogan suara Golkar suara rakyat Kegiatan sosial Yunninta Asmara sebagai Ketua PPK, Ketua BKMT dan Bunda PAUD Batanghari, akan semakin memperkuat Golkar di akar rumput. Namun Reno mengatakan hak itu kembali pada mekanisme internal partai.

"Tapi sekali lagi, soal tiket untuk maju Pilkada, semua tergantung pada mekanisme internal partai masing-masing," tandasnya. (kjcom)


Tag : #batanghari #politik #jelang pilbup 2020 #pilbup batanghari #yuninta asmara



Berita Terbaru

 

Selasa, 19 November 2019 21:57 WIB

MFA Sebut Ada Hubungan Erat dengan PKB Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini ada tiga Bacalon Bupati Batanghari yang sudah mengambil formulir penjaringan di kantor DPC PKB Batanghari,

 

Selasa, 19 November 2019 21:44 WIB

Razia Tiga Kecamatan di Batanghari, 143 Botol Miras Diamankan Petugas


Kajanglako.com, Batanghari - Satpol-pp Batanghari bersama tim gabungan Polri, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan Negeri, Selasa (19/11), merazia sejumlah tempat

 

Selasa, 19 November 2019 17:36 WIB

Tampil Maksimal, Zian Goncang Smansa Batanghari


Kajanglako.com, Batanghari - Berbagai macam penampilan disuguhkan pelajar SMAN I Batanghari pada acara Pensi yang juga sekaligus memperingati hari jadi

 

Selasa, 19 November 2019 16:34 WIB

Rumah Hariyah Ludes Dilahap Sijago Merah


Kajanglako.com, Sarolangun- Rumah semi permanen milik Hariyah di RT 07 Desa Lubuk Resam Ilir Kecamatan Cermin Nan Gedang, Senin (18/11) malam, ludes dilalap

 

Selasa, 19 November 2019 15:09 WIB

Siap Siaga Antisipasi Banjir, Pemprov dan Stakeholder Bersinergi


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M.Dianto, mengemukakan, sebelum datangnya musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi