Rabu, 12 Desember 2018


Sabtu, 28 Oktober 2017 10:35 WIB

Desa ini Disebut Desa Terindah di Merangin

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Ragam Wisata

Pemandangan di Desa Renah Alai, Jangkat Merangin

Kajanglako.com, Merangin – Bicara wisata alam di Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin bisa menjadi salah satu wilayah yang direkomendasikan untuk dikunjungi traveler maupun warga yang ingin menikmati libur akhir pekan.

Mulai dari kawasan wisata Teluk Wang, Danau Pauh, Gunung Masurai hingga taman bunga Hesti’s Garden merupakan deretan destinasi wisata di Kabupaten pemilik Geopark yang saat ini tengah diupayakan untuk diakui UNESCO.



Nah, di Merangin ada juga salah satu desa yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Yakni Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat. Berada di kaki gunung Masurai, berudara sejuk dan menyegarkan, dianugrahi tanah subur serta sepanjang pekarangan rumah warga ditumbuhi bunga berwarna-warni. Desa ini disebut-sebut sebagai desa terindah di Kabupaten Merangin.

Termotivasi dengan hadirnya Hesti’s Garden, membuat masyarakat Desa Renah Alai berlomba-lomba mempercantik perkarangan rumah dengan bertanam bunga. Tidak hanya pekarangan rumah, sepanjang jalan di desa tersebut juga dipenuhi hamparan aneka ragam bunga yang ditata rapi oleh warga setempat, keramahan warga desa juga menjadi nilai plus bagi wisatawan yang berkunjung.

Indahnya pemandangan Desa Renah Alai, menjadi pelengkap keindahan alam Jangkat yang di dalamnya terdapat objek wisata seperti Danau Pauh, Air Panas Grao, Danau Depati Empat, Telaga Biru dan beberapa spot air terjun.

Untuk mencapai Desa Renah Alai, dari Kota Bangko dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Tapi anda jangan khawatir, selain akses jalan yang mulus, cukup jauhnya jarak tempuh akan terobati dengan pemandangan alam Merangin yang memanjakan mata sepanjang perjalanan.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan jasa travel dari Kota Bangko menuju kawasan Jangkat, tarif berkisar Rp 60 hingga 70 ribu perorang. Sayangnya, di Desa Renah Alai belum tersedia homestay ataupun penginapan. Tapi tak perlu khawatir, bagi anda yang ingin bermalam, di desa tetangga seperti Desa Madras sudah tersedia penginapan. Soal biaya anda bisa negosiasi langsung dengan pengelolanya, dari Desa Madras menuju Desa Renah Alai hanya dibutuhkan waktu antara 10 hingga 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Rudi Hartoni, warga Renah Alai mengatakan, pemerintah desa memang rutin menghimbau warga untuk bertanam bungga, baik di pekarangan rumah maupun di bahu jalan.

"Alhamdullilah warga memiliki kesadaran yang tinggi untuk memperindah desa, sehingga tidak sulit untuk mewujudkan desa penuh dengan bunga. Apalagi disini bunga mudah tumbuh karena tanahnya subur. Kini tinggal komimen warga bagaimana menjaga bunga agar tetap indah sepanjang hari. Karena warga Renah Alai mayoritas bertani sayuran, jadi merawat bunga merupakan sambilan," ujar Rudi.

Ketua TP PKK Merangin, Hesti Haris, tidak ragu menyebutkan jika desa yang masuk dalam adat Marga Serampas itu, sebagai desa terindah di Merangin saat ini.

Di akun Facebook pribadinya, Istri Bupati Merangin tersebut mengaku sangat terpesona dengan pemandangan Desa Renah Alai.

"Masya Allah, sungguh kami terpesona, mungkin saat ini Renah Alai adalah desa terindah di Merangin. Sukses buat Bu Kades beserta masyarakat yang telah merubah wajah desa dalam waktu tiga bulan," tulis Hesti Haris dalam postingannya.

Tulisan dan fostingan foto yang diunggah Hesti Haris itu dibanjiri komentar positif. Bahkan, salah satunya dari mantan Bupati Sarko, Zainul Imron.

"Semoga berkelanjutan menjadi ikon desa ini, saya sudah melihat langsung memang indah dan cantik," tulis Zainul Imron di kolom komentar Facebook Hesti Haris.

Jadi bagi anda pecinta traveling ataupun ingin berlibur akhir pekan, Kecamatan Jangkat dengan segala destinasinya bisa jadi pilihan tepat dan ekomomis. (kjcom)


Tag : #Wisata Jambi #Pesona Jambi #Desa Renah Alai #Jangkat #Merangin



Berita Terbaru

 

Selasa, 11 Desember 2018 21:05 WIB

Nelayan Ini Ditemukan Luka-luka di Kapal Pompongnya


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Diduga mengalami kecelakaan kerja saat melaut, seorang nelayan di Tanjab Barat ditemukan luka-luka dan terbaring

 

Program Sosial Bank Indonesia
Selasa, 11 Desember 2018 20:19 WIB

Cabai hingga Trigona, Potensi Mahad Aljamiah jadi Kawasan Ekowisata


Kajanglako.com, Jambi – Tak usah diragukan lagi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi begitu menaruh perhatian besar terhadap pengembangan

 

Selasa, 11 Desember 2018 18:31 WIB

Dirikan Tenda, Warga Mandiangin dari 12 Desa Duduki Kantor Bupati


Kajanglako.com, Sarolangun – Buntut dari kisruh antara warga 12 Desa di Kecamatan Mandiangin dengan PT AAS, ratusan warga mendatangi Kantor Bupati

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:54 WIB

BP2KBP3A Layangkan Surat ke PLN, Saryoto: jika Tak Digubris Kita Tempuh Jalur Hukum


Kajanglako.com, Batanghari - Hingga saat ini, KWH arus listrik di Kantor Badan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

 

Selasa, 11 Desember 2018 17:33 WIB

Pol PP Punya Catatan Buruk saat Jaga Kantor Gubernur, Edi: Kami Siap jika Diminta Kembali


Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, meminta Pengamanan Dalam (Pamdal) Kantor Gubernur Jambi pada tahun 2019 ditiadakan. Kebijakannya