Selasa, 23 Juli 2019


Selasa, 25 Juni 2019 11:04 WIB

Audit Dana Desa, Inspektorat Merangin Temukan Banyak Kesalahan

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Kepala Inspektorat Meranign, Hatam Tafsir (Foto:Kajanglako/Riki S)

Audit Dana Desa, Inspektorat Merangin Temukan Banyak Kesalahan

Kajanglako.com, Merangin - Inspektorat Merangin baru melakukan audit dana desa di 12 Kecamatan dan 24 Kecamatan di Merangin.



Hatam Tafsir, Inspektur Inspektorat Kabupaten Merangin mengatakan pihaknya melakukan audit terkait penggunaan dana desa 2018 lalu.

''Kalau Dana Desa 2018, kami melakukan audit di tahun 2019. Pemeriksaan rutin sampai saat ini kami sudah melakukan pemeriksaan ke tiga kalinya di 12 Kecamatan," kata Hatam.

Sejauh ini dikatakan Hatam pihaknya baru menemukan kesalahan administrasi. Dan jika ada temuan kerugian negara akan diproses sesuai aturan berlaku.

''Kita pilah dulu, mana temuan yang bersifat administrasi kita selesaikan sesuai prosesnya. Kalau bukan temuan administrasi, tentu ada kerugian negaranya, maka kita selesaikan dengan ketentuan yang berlaku," terangnya.

Hatam mengakui cukup banyak menemukan kesalahan administrasi, dari 12 kecamatan tersebut sedikitnya 30 persen adalah temuan administrasi.

''Kalau fisik, alhamdulillah sebagian sudah bagus. Karena memang pengerjaan fisik Dana Desa itu maklum, karena bukan dikerjakan oleh pihak ke tiga, sifatnya kan swakelola, dikerjakan oleh masyarakat, tentu masyarakat tidak punya keahlian seperti tukang seperti pihak ke tiga itu," katanya lagi.

Disamping itu juga ada pengaduan masyarakat melalui penegak hukum, karena sesuai perjanjian dengan pemerintah daerah, maka APIP yang melakukan pemeriksaan awal.

''Ada tiga Desa, salah satunya Desa Merkeh, lalu ada Desa di Kecamatan Margo saya lupa nama desanya, tapi ada tiga desa yang dalam proses (audit) sekarang," sebut Hatam. (Kjcom)


Tag : #merangin #hatam tafsir #dana desa #add #dd #desa



Berita Terbaru

 

Sarolangun Smart City
Senin, 22 Juli 2019 20:11 WIB

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya


Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dibawah kepemimpinan

 

Konflik Warga dan PT WKS
Senin, 22 Juli 2019 19:53 WIB

Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB


Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB Kajanglako, Batanghari - Kepolisian Resor (Polres) Batanghari mengamankan 10 pucuk senjata

 

Paripurna Dewan
Senin, 22 Juli 2019 19:49 WIB

Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019


Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019 Kajanglako.com, Muaro Jambi - DPRD Muaro Jambi gelar rapat paripurna Penyampaian secara resmi Nota Keuangan

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:45 WIB

Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa?


Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa? Kajanglako.com, Jambi – Hasil rapat tertutup Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Wakil Gubernur

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:27 WIB

Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa


Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa Kajanglako.com, Jambi – Alih-alih siapa orangnya, ada atau tidaknya