Rabu, 13 November 2019


Selasa, 25 Juni 2019 11:04 WIB

Audit Dana Desa, Inspektorat Merangin Temukan Banyak Kesalahan

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Kepala Inspektorat Meranign, Hatam Tafsir (Foto:Kajanglako/Riki S)

Audit Dana Desa, Inspektorat Merangin Temukan Banyak Kesalahan

Kajanglako.com, Merangin - Inspektorat Merangin baru melakukan audit dana desa di 12 Kecamatan dan 24 Kecamatan di Merangin.



Hatam Tafsir, Inspektur Inspektorat Kabupaten Merangin mengatakan pihaknya melakukan audit terkait penggunaan dana desa 2018 lalu.

''Kalau Dana Desa 2018, kami melakukan audit di tahun 2019. Pemeriksaan rutin sampai saat ini kami sudah melakukan pemeriksaan ke tiga kalinya di 12 Kecamatan," kata Hatam.

Sejauh ini dikatakan Hatam pihaknya baru menemukan kesalahan administrasi. Dan jika ada temuan kerugian negara akan diproses sesuai aturan berlaku.

''Kita pilah dulu, mana temuan yang bersifat administrasi kita selesaikan sesuai prosesnya. Kalau bukan temuan administrasi, tentu ada kerugian negaranya, maka kita selesaikan dengan ketentuan yang berlaku," terangnya.

Hatam mengakui cukup banyak menemukan kesalahan administrasi, dari 12 kecamatan tersebut sedikitnya 30 persen adalah temuan administrasi.

''Kalau fisik, alhamdulillah sebagian sudah bagus. Karena memang pengerjaan fisik Dana Desa itu maklum, karena bukan dikerjakan oleh pihak ke tiga, sifatnya kan swakelola, dikerjakan oleh masyarakat, tentu masyarakat tidak punya keahlian seperti tukang seperti pihak ke tiga itu," katanya lagi.

Disamping itu juga ada pengaduan masyarakat melalui penegak hukum, karena sesuai perjanjian dengan pemerintah daerah, maka APIP yang melakukan pemeriksaan awal.

''Ada tiga Desa, salah satunya Desa Merkeh, lalu ada Desa di Kecamatan Margo saya lupa nama desanya, tapi ada tiga desa yang dalam proses (audit) sekarang," sebut Hatam. (Kjcom)


Tag : #merangin #hatam tafsir #dana desa #add #dd #desa



Berita Terbaru

 

Selasa, 12 November 2019 18:42 WIB

Al Haris Pimpin Doa Saat Paripurna Penandatanganan KUA-PPA 2020


Kajanglako.com, Merangin - Ada yang menarik pada rapat Paripurna DPRD Merangin masa persidangan satu bagian kedua tahun sidang 2019, dalam rangka penandatanganan

 

Selasa, 12 November 2019 17:41 WIB

Dari Jendela PN, Zola Sampaikan Pesan untuk Fachrori


Kajanglako.com, Jambi - Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola saat di ruang tunggu Pengadilan Tipikor Jambi, menyapa para pengunjung sidang dan menyempatkan

 

Selasa, 12 November 2019 17:31 WIB

Kesaksian Zainal CS: Tahun 2017 Terima Aliran, Diantar Langsung Apif dan Kusnindar, Tahun 2018 Tidak Dapat


Kajanglako.com, Jambi - Tiga orang mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi yakni Zainal Abidin, Effendi Hatta dan Muhammadiyah, dihadirkan dalam sidang lanjutan

 

Selasa, 12 November 2019 17:18 WIB

Gubernur Fachrori Sabet Penghargaan Subroto 2019 Kementerian ESDM


Kajanglako.com, Jakarta - Gubernur Jambi Fachrori Umar meraih penghargaan Subroto 2019 dari Kementerian ESDM. Terbaik III Bidang Kepatuhan PNBP Mineral

 

Selasa, 12 November 2019 17:03 WIB

Asrul: Hamidi Temui Saya Atas Perintah Erwan


Kajanglako.com, Jambi - Dalam kesaksiannya pada sidang lanjutan terdakwa atas nama Jo Fandy alias Asiang, Asrul Pandapotan orang dekat Zumi Zola mengatakan,