Rabu, 13 November 2019


Senin, 24 Juni 2019 20:01 WIB

Bupati Romi Beserta Wabup Robby, Panen Sumbun di Festival Sumbun Kampung Laut

Reporter : Igun
Kategori : Inforial

Festival Sumbun Kampung Laut (Foto:Kajanglako/Igun)

Bupati Romi Beserta Wabup Robby, Panen Sumbun di Festival Sumbun Kampung Laut

Kajanglako.com, Tanjabtim - Agenda tahunan pelaksanaan Festival Sumbun Kampung Laut Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), berlangsung meriah dan sukses, pada Senin (24/6) kemarin di Dermaga Kelurahan Kampung Laut.



Acara yang dilaksanakan dari tanggal 23 Juni 2019 tersebut,  dipimpin langsung oleh Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto didamping Wabup Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah dan Kapolres Tanjabtim, AKBP Agus Desri Sandi.

Kegiatan yang memperlombakan Fotografi, juga menampilkan seni dan budaya serta coffee corner tersebut dihadiri oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Provinsi Jambi, Asraf, S.Pt, M.Si. Hadir juga, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Tanjabtim, sejumlah OPD lingkup Pemkab Tanjabtim, para Asisten serta para Kabag Setda Tanjabtim.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Tanjabtim, Dedy Armadi dalam laporan panitianya menyampaikan, tujuan dari event  Festival Sumbun Kampung laut adalah untuk menjaga kultur budaya dan tradisi agar terus terjaga dan tidak tergerus oleh perkembangan jaman.

"Selain itu, meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk terus berkunjungke Kabupaten Tanjabtim. Serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Tanjabtim," sebutnya.

Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto dalam sambutannya mengatakan, walaupun Kabupaten Tanjabtim memiliki keterbatasan, namun kedepan Kabupaten Tanjabtim optimis bisa setara dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Jambi.

"Acara ini merupakan tradisi Kabupaten Tanjabtim yang tidak semuanya dimiliki oleh kabupaten lain. Mancing sumbun ini merupakan kegiatan spesifik di Tanjabtim. Jadi marilah kita syukuri dan kita jaga," kata Bupati.

Bupati meminta kepada masyarakat Kecamatan Kuala Jambi agar memperhatikan dan selalu menerima tamu dari luar dengan menunjukan keramahan. Karena dengan adanya kelemahan yang dimiliki, bisa ditutupi dengan keramahtamahan.

"Untuk itu, mari kita tunjukan keramahtamahan kepada tamu-tamu kita, agar saat mereka pulang bisa membawakan kesan yang baik terhadap masyarakat Kabupaten Tanjabtim. Sepakat itu ya ?," ucap Bupati yang disambut dengan tepukan oleh masyarakat.

Selain itu juga, Bupati meminta kepada para pedagang untuk juga memperlakukan pengunjung yang datang dengan baik. Misalnya, harga biasanua Rp 1.000, tapi dinaikan menjadi Rp 2.000.

"Dengan modal keramahtamahan dan kejujutan kita lah bisa memikat masyarakat luar untuk kembali datang. Buktikan kalau anda ramah dan buktikan kalau Kecamatan Kuala Jambi memang layak dikunjungi," tegas Bupati disambut gemuruh tepuk tangan.

Bupati Romi dalam Festival Sumbun ini juga mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia, dan secara terkhusus kepada masyarakat Kuala Jambi yang luar biasa mendukukung acara ini.

Romi juga ucapakan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Provinsi Jambi, yang telah menyampatkan diri untuk hadir.

"Saya mewakili panitia, segenap masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjabtim mengucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya, jika dalam penyambutan kami ada hal-hal yang kurang berkenan," ungkapnya.

Untuk diketahui, setelah acara puncak Festival Sumbun selesai, para petinggi langsung menyantap makana. Usai makan siang, Bupati didampingi Wabup dan seluruh pejabat melanjutkan pergi ke Beting pantai untuk mencari sumbun dengan mengendarai speed boat, dan diikuti oleh seluruh pengunjung yang menaiki pompong.

Di Beting pantai, Bupati bersama pejabat lainnya mencoba untuk mencari Sumbun dengan alat tradisional, yakni lidi bambu yang sudah dilumuri oleh kapur yang dimasukan ke dalam lobang Sumbun. (Kjcom/*)


Tag : #tanjabtim #festival sumbun #sumbung #kampung laut #bupati romi #wakil bupati robby



Berita Terbaru

 

Selasa, 12 November 2019 18:42 WIB

Al Haris Pimpin Doa Saat Paripurna Penandatanganan KUA-PPA 2020


Kajanglako.com, Merangin - Ada yang menarik pada rapat Paripurna DPRD Merangin masa persidangan satu bagian kedua tahun sidang 2019, dalam rangka penandatanganan

 

Selasa, 12 November 2019 17:41 WIB

Dari Jendela PN, Zola Sampaikan Pesan untuk Fachrori


Kajanglako.com, Jambi - Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola saat di ruang tunggu Pengadilan Tipikor Jambi, menyapa para pengunjung sidang dan menyempatkan

 

Selasa, 12 November 2019 17:31 WIB

Kesaksian Zainal CS: Tahun 2017 Terima Aliran, Diantar Langsung Apif dan Kusnindar, Tahun 2018 Tidak Dapat


Kajanglako.com, Jambi - Tiga orang mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi yakni Zainal Abidin, Effendi Hatta dan Muhammadiyah, dihadirkan dalam sidang lanjutan

 

Selasa, 12 November 2019 17:18 WIB

Gubernur Fachrori Sabet Penghargaan Subroto 2019 Kementerian ESDM


Kajanglako.com, Jakarta - Gubernur Jambi Fachrori Umar meraih penghargaan Subroto 2019 dari Kementerian ESDM. Terbaik III Bidang Kepatuhan PNBP Mineral

 

Selasa, 12 November 2019 17:03 WIB

Asrul: Hamidi Temui Saya Atas Perintah Erwan


Kajanglako.com, Jambi - Dalam kesaksiannya pada sidang lanjutan terdakwa atas nama Jo Fandy alias Asiang, Asrul Pandapotan orang dekat Zumi Zola mengatakan,