Rabu, 13 November 2019


Sabtu, 22 Juni 2019 17:51 WIB

Al Haris Panen Perdana Bawang Putih Hasil Pilot Project se Sumatera

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Inforial

Panen Perdana Bawang Puith di Merangin hasil dari Pilot Project se Sumatera (Foto:kajanglako/Riki S)

Al Haris Panen Perdana Bawang Putih Hasil Pilot Project se Sumatera

Kajanglako.com, Merangin - Dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar, Bupati Merangin Al Haris panen perdana bawang putih di Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Sabtu (22/6).



Al Haris mengatakan unggul bidang pertanian merupakan visi misi Merangin disamping juga unggul dibilang pariwisata. Sebagai upaya mewujudkan unggul bidang pertanian sejak 2016 lalu Pemkab Merangin sudah menjalin kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan penelitian dan mendampingi petani di Merangin.

"Kami dengan IPB sudah kerjasama untuk melakukan penelitian dan mendampingi petani kita. Alhamdulillah IPB dan  mulai membudidayakan bawang putih," kata Al Haris.

Dikatakan Al Haris penan perdana ini merupakan hasil proyek percontohan atau pilot project bawang putih se Sumatera dan hal tersebut sangat tepat karena memiliki potensi untuk pengembangan pertanian.

"Saya melihat harga bawang putih tidak terkendali, karena selama ini bawang putih dari luar negeri, sementara kita punya potensi. Karena itu kita serius mengembangkan pembudidayaan bawang putih di Merangin," sebutnya.

"Itu juga saya mengajak Gubernur untuk ikut panen bawang putih, saya membuktikan bahwa saya serius untuk meningkatkan pertanian pilot project bawang putih se Sumatera, selain Berastagi dan Solok. Dan hari ini panen perdana, saya yakin kedepan didampingi IPB ada penyempurnaan hasil produksi," jelas Al Haris lagi.

Merangin lanjut Al Haris juga mendapat bantuan dana pusat 25 hektar untuk bawang putih. "Selain itu kita juga mulai mengembangkan nira. Kita coba 50 hektar pohon nira, tujuan petani kita punya pikiran lain mana kala kedepan hasil lainnya turun harga," katanya.

"Sejauh ini (hasil panen bawang putih) hasilnya sudah hampir mendekati,  kedepannya hasil produksi harus meningkat lagi, petani harus rajin dan kreatif lagi," katanya.

Selain itu dirinya mengatakan, wilayah Jangkat dan sekitarnya disebut Al Haris juga akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Merangin. Hal ini tak terlepas dari potensi dan hasil pertanian berupa Kopi, kentang dan lainnya.

"Kopi kita sangat bagus, waktu lalu pameran di Bali kopi kita yang terbaik. Kedepan kopi kita harus punya identitas agar tidak diklaim daerah lain lagi," tuturnya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengatakan panen hari ini merupakan momen penting menunjukkan upaya yang telah dilakukan dan membuahkan hasil disektor pertanian.

"Ini dijadikan motivasi dan pengembangan untuk terus mengembangkan sektor pertanian, saya berharap potensi sektor pertanian dapat terus kembangkan, karena Merangin memiliki lahan pertanian yang subur," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #jambi #panen #bawang putih #pilot project #al haris



Berita Terbaru

 

Selasa, 12 November 2019 18:42 WIB

Al Haris Pimpin Doa Saat Paripurna Penandatanganan KUA-PPA 2020


Kajanglako.com, Merangin - Ada yang menarik pada rapat Paripurna DPRD Merangin masa persidangan satu bagian kedua tahun sidang 2019, dalam rangka penandatanganan

 

Selasa, 12 November 2019 17:41 WIB

Dari Jendela PN, Zola Sampaikan Pesan untuk Fachrori


Kajanglako.com, Jambi - Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola saat di ruang tunggu Pengadilan Tipikor Jambi, menyapa para pengunjung sidang dan menyempatkan

 

Selasa, 12 November 2019 17:31 WIB

Kesaksian Zainal CS: Tahun 2017 Terima Aliran, Diantar Langsung Apif dan Kusnindar, Tahun 2018 Tidak Dapat


Kajanglako.com, Jambi - Tiga orang mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi yakni Zainal Abidin, Effendi Hatta dan Muhammadiyah, dihadirkan dalam sidang lanjutan

 

Selasa, 12 November 2019 17:18 WIB

Gubernur Fachrori Sabet Penghargaan Subroto 2019 Kementerian ESDM


Kajanglako.com, Jakarta - Gubernur Jambi Fachrori Umar meraih penghargaan Subroto 2019 dari Kementerian ESDM. Terbaik III Bidang Kepatuhan PNBP Mineral

 

Selasa, 12 November 2019 17:03 WIB

Asrul: Hamidi Temui Saya Atas Perintah Erwan


Kajanglako.com, Jambi - Dalam kesaksiannya pada sidang lanjutan terdakwa atas nama Jo Fandy alias Asiang, Asrul Pandapotan orang dekat Zumi Zola mengatakan,