Selasa, 23 Juli 2019


Sabtu, 22 Juni 2019 17:51 WIB

Al Haris Panen Perdana Bawang Putih Hasil Pilot Project se Sumatera

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Inforial

Panen Perdana Bawang Puith di Merangin hasil dari Pilot Project se Sumatera (Foto:kajanglako/Riki S)

Al Haris Panen Perdana Bawang Putih Hasil Pilot Project se Sumatera

Kajanglako.com, Merangin - Dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar, Bupati Merangin Al Haris panen perdana bawang putih di Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Sabtu (22/6).



Al Haris mengatakan unggul bidang pertanian merupakan visi misi Merangin disamping juga unggul dibilang pariwisata. Sebagai upaya mewujudkan unggul bidang pertanian sejak 2016 lalu Pemkab Merangin sudah menjalin kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan penelitian dan mendampingi petani di Merangin.

"Kami dengan IPB sudah kerjasama untuk melakukan penelitian dan mendampingi petani kita. Alhamdulillah IPB dan  mulai membudidayakan bawang putih," kata Al Haris.

Dikatakan Al Haris penan perdana ini merupakan hasil proyek percontohan atau pilot project bawang putih se Sumatera dan hal tersebut sangat tepat karena memiliki potensi untuk pengembangan pertanian.

"Saya melihat harga bawang putih tidak terkendali, karena selama ini bawang putih dari luar negeri, sementara kita punya potensi. Karena itu kita serius mengembangkan pembudidayaan bawang putih di Merangin," sebutnya.

"Itu juga saya mengajak Gubernur untuk ikut panen bawang putih, saya membuktikan bahwa saya serius untuk meningkatkan pertanian pilot project bawang putih se Sumatera, selain Berastagi dan Solok. Dan hari ini panen perdana, saya yakin kedepan didampingi IPB ada penyempurnaan hasil produksi," jelas Al Haris lagi.

Merangin lanjut Al Haris juga mendapat bantuan dana pusat 25 hektar untuk bawang putih. "Selain itu kita juga mulai mengembangkan nira. Kita coba 50 hektar pohon nira, tujuan petani kita punya pikiran lain mana kala kedepan hasil lainnya turun harga," katanya.

"Sejauh ini (hasil panen bawang putih) hasilnya sudah hampir mendekati,  kedepannya hasil produksi harus meningkat lagi, petani harus rajin dan kreatif lagi," katanya.

Selain itu dirinya mengatakan, wilayah Jangkat dan sekitarnya disebut Al Haris juga akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Merangin. Hal ini tak terlepas dari potensi dan hasil pertanian berupa Kopi, kentang dan lainnya.

"Kopi kita sangat bagus, waktu lalu pameran di Bali kopi kita yang terbaik. Kedepan kopi kita harus punya identitas agar tidak diklaim daerah lain lagi," tuturnya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengatakan panen hari ini merupakan momen penting menunjukkan upaya yang telah dilakukan dan membuahkan hasil disektor pertanian.

"Ini dijadikan motivasi dan pengembangan untuk terus mengembangkan sektor pertanian, saya berharap potensi sektor pertanian dapat terus kembangkan, karena Merangin memiliki lahan pertanian yang subur," katanya. (Kjcom)


Tag : #merangin #jambi #panen #bawang putih #pilot project #al haris



Berita Terbaru

 

Sarolangun Smart City
Senin, 22 Juli 2019 20:11 WIB

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya


Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dibawah kepemimpinan

 

Konflik Warga dan PT WKS
Senin, 22 Juli 2019 19:53 WIB

Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB


Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB Kajanglako, Batanghari - Kepolisian Resor (Polres) Batanghari mengamankan 10 pucuk senjata

 

Paripurna Dewan
Senin, 22 Juli 2019 19:49 WIB

Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019


Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019 Kajanglako.com, Muaro Jambi - DPRD Muaro Jambi gelar rapat paripurna Penyampaian secara resmi Nota Keuangan

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:45 WIB

Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa?


Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa? Kajanglako.com, Jambi – Hasil rapat tertutup Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Wakil Gubernur

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:27 WIB

Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa


Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa Kajanglako.com, Jambi – Alih-alih siapa orangnya, ada atau tidaknya