Minggu, 19 Mei 2019


Selasa, 14 Mei 2019 11:42 WIB

Bertahun Kades Tak Ngantor, Warga Pematang Pauh Bingung Urus Surat Menyurat

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita Daerah

Bertahun Kades Tak Ngantor, Warga Pematang Pauh Bingung Urus Surat Menyurat

Kajanglako.com, Merangin - Warga Desa pematang Pauh kecamatan Jangkat Timur, salah satu desa terpencil yang ada di Kabupaten Merangin, bertahun belakangan  prihatin melihat kondisi aparatur desa hingga Kepala Desa (Kades).



Bagaimana tidak, bertahun lamanya aparatur desa termasuk Kepala Desa yang saat ini dijabat oleh Harion Efendi dan Sekretaris Desa (Sekdes) dijabat oleh adik iparnya, tidak terlihat ada dikantor desa. Bahkan aktivitas pun tidak terlihat sama sekali.

Hal itu dikatakan oleh salah satu warga setempat Feri Andeswan. Ia mengatkan dampak dari itu semua masyarakat tidak bisa mengurus surat menyurat. Menurut Feri aparatur desa merupakan pelayanan terdekat dengan masyarakat.

"Ya kami sangat prihatin dengan kondisi sekarang, kantor desa yang seharusnya menjadi pusat pelayanan masyarakat desa tapi tidak kami rasakan”, kata Feri Andeswan, Selasa (14/5).

Saat ini masyarakat yang ingin mengurus surat menyurat dan admistrasi desa tidak tahu mau kemana bahkan langsung datang ke rumah pribadi pejabat desa, dan hanya terpasang spanduk bertuliskan 'kantor desa' di sebuah sekolah madrasah ibtidaiyah swasta (MIS) tetapi tidak pernah di tunggu, bahkan terlihat semak belukar.  

Feri juga mempertanyakan pennggunaan Anggaran Dana Desa dan Dana Desa yang ada. Menurut Feri Desa Pematang Pauh yang memliki Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp 1,3 miliar pada tahun 2019, dan Rp 1,2 miliar tahun 2018, tapi tidak memiliki kantor desa tetap.

Sementara itu secara terpisah, hal yang sama juga dikatakan oleh warga lain, warga menceritakan pada tahun 2004 lalu sempat dibangun kantor desa dari anggaran Pemkab Merangin diatas tanah wakaf warga.

"Pembangun nya terhenti dan tidak selesai, bahkan saat ini gedung beserta tanah tersebut sudah di jual kepada salah satu warga sebesar, dan dana dihibahkan untuk pembangunan masjid desa”, kata sumber kajanglako.com yang di enggan di tulis namanmya.

Terkait hal ini belum ada respon dari pejabat desa dan Pemkab Merangin,  masyarkat berharap adanya perhatian serius pemerintah desa terhadap pelayan masyarkat. (Kjcom)


Tag : #merangin #jangkat #aparatur desa #kepala desa



Berita Terbaru

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Minggu, 19 Mei 2019 08:08 WIB

Selimpat dan Talang Berboenga


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Hari-hari terakhir di Alahan Pandjang menyebalkan. Tak ada hari yang lebih menyebalkan daripada hari

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:23 WIB

Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat


Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat Kajanglako.com, Sarolangun – Desa Pasar Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:11 WIB

Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair


Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair Kajanglako.com, Sarolangun – Pencairan Dana Dessa (DD) tahap pertama tahun

 

Waspada Kebakaran
Sabtu, 18 Mei 2019 19:53 WIB

Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran


Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran Kajanglako.com, Tanjabtim - Kondisi pemukiman penduduk yang padat, ditambah lagi dengan banyaknya

 

Laporan Keuangan
Sabtu, 18 Mei 2019 19:48 WIB

Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK


Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin kembali berhasil meraih predikat opini