Minggu, 19 Mei 2019


Selasa, 14 Mei 2019 11:20 WIB

Punya Masjid Berusia Ratusan Tahun, Ini yang Akan Dilakukan Pemerintah Merangin

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita

Struktur bangunan masjid Baiturrahim Merangin yang diprediksikan berusia ratusan tahun (Foto:Kajanglako/Riki S)

Punya Masjid Berusia Ratusan Tahun, Ini yang Akan Dilakukan Pemerintah Merangin

Kajanglako.com, Merangin – Selain memiliki situs warisan dunia yang berusia ratusan tahun seperti Geopark, Kabupaten Merangin juga memiliki warisan sejarah peradaban budaya dan agama yang juga berusia ratusan tahun.



Ya, namanya Masjid Baiturrohman. Masjid yang berdiri di Dusun Parit Melintang Desa Aur Berduri Kecamatan Nalotantan ini, diperkirakan telah berusia ratusan tahun. Hingga saat ini masjid tersebut masih berfungsi dan digunakan sebagaimana mestinya oleh masyarakat setempat.

Bahkan, Senin malam (13/05), Bupati Merangin Al Haris melaksanakan Safari Ramadhan ke Masjid tua tersebut. Dalam kesempatan itu, Al Haris kagum dengan keasrian dan struktur bangunan masjid yang tua namun masih kokoh hingga saat ini.

Sadar akan hal itu, Bupati Al Haris meminta kepada masyarakat dan seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga bangunan masjid itu. Bahkan tidak sampai disitu, Al Haris berniat akan menjadikan Masjid Baiturrahim sebagai salah satu cagar wisata budaya religi yang ada di Merangin.

‘’Masjid ini sangat menarik dan perlu terus dipertahankan keasriannya, jika perlu akan kita jadikan cagar budaya wisata religi," singkat Al Haris.

Selain itu, Al Haris juga telah mengintruksikan Bagian Kesra Setda Merangin untuk mendata masjid-masjid tua lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Merangin, terlebih yang berada di dusun terpencil yang selama ini tidak terpantau.

Bupati yakin, sangat banyak terdapat masjid-masjid tua di Bumi Tali Undang Tambang Teliti Kabupaten Merangin. Keberdaan masjid tua itu tegas Bupati, memang sangat perlu didata yang selanjutnya akan dilakukan pemeliharaan.

‘’Masjid-masjid tua itu, nantinya setelah kita rawat dengan baik akan kita jadikan cagar budaya, sebagai tujuan wisata religi. Untuk membangun potensi wisata, tidak hanya objek wisata alam saja yang kita bangun”, sebut Haris

Diakui Haris, Merangin memang sangat unggul dibidang Pariwisata, tidak memiliki ratusan porensi wisata alam, tapi juga wisata religi berkunjung ke masjid-masjid tua yang tersebar di sejumlah kecamatan.

‘’Kita punya mimbar tua di Desa Kungkai, kita punya gedung eks pesantren di Nalotantan ini dan berbagai objel wisata religi lain yang perlu kita gali keberadaannya”, kata Haris lagi. (Kjcom)


Tag : #merangin #masjid #baiturrahim #warisan dunia #wisata religi #masjid tua #geopark #al haris



Berita Terbaru

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Minggu, 19 Mei 2019 08:08 WIB

Selimpat dan Talang Berboenga


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Hari-hari terakhir di Alahan Pandjang menyebalkan. Tak ada hari yang lebih menyebalkan daripada hari

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:23 WIB

Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat


Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat Kajanglako.com, Sarolangun – Desa Pasar Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:11 WIB

Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair


Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair Kajanglako.com, Sarolangun – Pencairan Dana Dessa (DD) tahap pertama tahun

 

Waspada Kebakaran
Sabtu, 18 Mei 2019 19:53 WIB

Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran


Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran Kajanglako.com, Tanjabtim - Kondisi pemukiman penduduk yang padat, ditambah lagi dengan banyaknya

 

Laporan Keuangan
Sabtu, 18 Mei 2019 19:48 WIB

Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK


Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin kembali berhasil meraih predikat opini