Minggu, 19 Mei 2019


Selasa, 14 Mei 2019 11:02 WIB

Puluhan Ribu Ekor Benih Lobster Bernilai Miliaran Rupiah Diaman Petugas

Reporter : Igun
Kategori : Berita Daerah

Barang bukti kendaraan yang membawa puuhan ribu baby lobster diaman petugas (Foto:kajanglako/Igun)

Puluhan Ribu Ekor Benih Lobster Bernilai Miliaran Rupiah Diamankan Petugas

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur – Puluhan Ribu Ekor benih Lobster yang hendak diselundupkan melalui perairan Jambi  menuju Batam berhasil diaman petugas Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi, Senin (13/05).



Aksi penggagalan tersebut terjadi sekitar pukul 01:00 WIB  bertempat di Jl.Gator Subroto Desa Nibung Putih Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Polair Polda Jambi Kombes Pol Fauzi Bakti Mochji.

Ia menyebutkan dalam penangkapan tersebut berhasil mengamankan tiga pelaku yaitu SBR supir mobil Innova, RN supir mobil Xenia dan JI kernet mobil Xenia.

Berdasarkan keterangan SBR bahwa muatan mobil Innova tersebut berasal dari JCC Simpang Kawat yang mana untuk orang yang berhubungan dengan pemilik muatan adalah RN.

Sekira pukul 01.30 WIB diamankan RN dengan mengemudikan Mobil Xenia warna Putih beserta kernet berinisial JI dengan nomor Polisi BH 1460 HW.

Sedikitnya 46.500 ekor benih lobster atau baby lobster dengan estimasi mencapai Rp 6.97 miliar  yang berhasil diamankan tersebut dimuat didalam 8 box berukuran besar dan diangkut menggunakan mobil innova warnah putij dengan nomor polisi BH 1129 MJ yang dikemudikan oleh SBR. Dari keterangan SBR terdapat dua jenis lobster dalam box tersebut yakitu jenis muatiara dan pasir.

"Totalnya 46.500 ekor benih lobster, jenis mutiara sebanyak 1.500 ekor dan sisanya jenis pasir, dan akan dibawa ke Batam”, katanya.

Dari keterangan RN diketahui bahwa muatan yang berada di dalam Mobil Innova BH 1129 MJ adalah berupa Benih lobster. Adapun pemilik dari benih lobster tersebut adalah AG domisili Kota Jambi selanjutnya atas perintah AG bahwa benih lobster tersebut akan diangkut tujuan AB alamat Desa Lambur Dalam.

"Supir ini diupah sekali angkut Rp.400 ribu sedangkan kernet Rp 100 ribu”, sebut Kombes Pol Fauzi.

Kemudian, ketika dilakukan pengejaran terhadap AG tim juga menemukan 13 Kotak berisi benih lobster sebanyak 78 ribu ekor yang berada di Tepi Jalan Desa Kampung Singkep Kec. Muara Sabak.

"Totalnya semua yang diamankan 21 boks berisikan benih lobster dengan kerugian Rp 18,6 Miliar," tandasnya.

Tiga pelaku tersebut, diduga telah melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 88 Jo Pasal 16 ayat (1) Jo Pasal 7 ayat (2) UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah dirubah dengan UU RI Nomor 45 Tahun 2009 dengan Ancaman Pidana penjara selama 6 tahun dan denda Rp 1,5 Miliar. (Kjcom)


Tag : #tanjabtim #sabak #polair #polisi air #baby lobster #lobster #penyelundupan #batam #jambi



Berita Terbaru

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Minggu, 19 Mei 2019 08:08 WIB

Selimpat dan Talang Berboenga


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Hari-hari terakhir di Alahan Pandjang menyebalkan. Tak ada hari yang lebih menyebalkan daripada hari

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:23 WIB

Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat


Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat Kajanglako.com, Sarolangun – Desa Pasar Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:11 WIB

Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair


Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair Kajanglako.com, Sarolangun – Pencairan Dana Dessa (DD) tahap pertama tahun

 

Waspada Kebakaran
Sabtu, 18 Mei 2019 19:53 WIB

Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran


Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran Kajanglako.com, Tanjabtim - Kondisi pemukiman penduduk yang padat, ditambah lagi dengan banyaknya

 

Laporan Keuangan
Sabtu, 18 Mei 2019 19:48 WIB

Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK


Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin kembali berhasil meraih predikat opini