Jumat, 05 Juni 2020


Kamis, 25 April 2019 08:55 WIB

Bawaslu Tanjabtim Terima 3 Laporan Pelanggaran Caleg

Reporter : Igun
Kategori : Berita Politik Hukrim

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Samsedi/ foto: Igun

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur -Bawaslu Tanjab Timur, terus memproses laporan dari Panwascam dugaan pelanggaran dari beberapa Calon Legislatif (Caleg). 
 
Ketua Bawaslu Tanjab Timur, Samsedi, melalui stafnya Yunanto mengatakan, ada tiga laporan dugaan pelanggaran yang tengah ditangani Bawaslu. Rinciannya Caleg Daerah Pemilihan II Tanjab Timur dua laporan, dan Dapil III satu laporan yaitu Kecamatan Geragai.
 
“Untuk laporan dugaan pelanggaran pemilihan legislatif kepada salah satu Caleg ini kita sudah melakukan pemanggilan, dan akan kita minta keterangan seperti mana yang sudah dilaporkan Panwascam," katanya.
 
Selain itu, ada laporan dugaan pelanggaran lainnya yang terjadi di Dapil I. Bawaslu menerima video amatir yang menunjukan salah satu Caleg melakukan pelanggaran. Sayangnya, sampai saat ini Bawaslu tidak tau siapa pengirim video tersebut, karena memakai identitas palsu. 
 
"Makanya, video itu tidak dapat dijadikan acuan untuk menjadi saksi atau pelapor. Untuk perkara ini Bawaslu masih melakukan pendalaman," katanya.
 
Sementara itu, Bawaslu menangani kasus dugaan pelanggaran klaim program pemerintah oleh salah satu Caleg Dapil I. Untuk perkara ini, Bawaslu akan meminta klarifikasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanjab Timur. Sebab, program yang diklaim Caleg itu diduga bersumber dari PUPR.
 
“Namun sampai saat ini PUPR belum memenuhi panggilan kita. Dan intinya kami bisa menentukan setelah ada kepastian dari Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)," kata Yunanto.
 
Terpisah, Kapolres Tanjab Timur AKBP Agus Destri mengatakan, terkait laporan dugaan pelanggaran pemilihan legislatif Gakkumdu intinya siap.
 
"Jika Bawaslu sudah ada melakukan suatu keputusan, yang mana hasil dari gelar Bawaslu sudah ada untuk pemeriksaan atau penindakan hukum terpadu," kata Kapolres. (kjcom)




Berita Terbaru

 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Jumat, 05 Juni 2020 06:59 WIB

Merawat Keragaman Budaya, Melindungi Keanekaragaman Hayati


Oleh: Ali Yansyah Abdurrahim* Setiap 5 Juni, segenap warga dunia merayakan Hari Lingkungan Hidup [1]. Peringatan ini dilakukan sejak tahun 1974 sebagai

 

Kamis, 04 Juni 2020 21:07 WIB

Ruas Jalan di Tebo Lonsor, Fachrori: Segera Kita Perbaiki


Kajanglako.com, Tebo - Usai menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 kepada masyarakat Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo, Gubernur Jambi,

 

Kamis, 04 Juni 2020 20:53 WIB

Lagi, Gubernur salurkan Bantuan JPS Covid-19 di Tebo


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyampaikan, bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) merupakan kebijakan dari Pemerintah Provinsi

 

Kamis, 04 Juni 2020 19:50 WIB

Fachrori Salurkan JPS Covid-19 di Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyampaikan, Jaring Pengaman Sosial (JPS) merupakan salah Satu upaya dan bentuk kontribusi nyata

 

Kamis, 04 Juni 2020 15:53 WIB

Gubernur Salurkan Bantuan JPS Covid-19 di Sungai Penuh


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Dr H Fachrori Umar, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi menyalurkan Jaring Pengaman Sosial Covid-19