Minggu, 19 Mei 2019


Rabu, 24 April 2019 14:05 WIB

Bupati Al Haris Paparkan Keunikan dan Pengembangan Geopark Merangin

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Inforial

Bupati Al Haris (baju putih) bersama tamu undangan lainnya/ foto: Riki Saputra

Kajanglako.com, Merangin - Taman Bumi (Geopark) yang berada di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin, makin memperkaya destinasi wisata di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.
 
Ini diungkapkan Bupati Merangin, Al Haris saat menghadiri sosialisasi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark), di Ballroom Hotel Mercure Padang, Rabu (24/4).
 
Pada sosialisasi Perpres Nomor 9 untuk wilayah regional Sumatera tersebut, Al Haris menegaskan Kabupaten Merangin yang memilili lebih dari 160 lokasi objek wisata alam dan 20 desa wisata, semakin lengkap dengan keberadaan Geopark.
 
‘’Alhamdulillah kita semakin terbantu dengan ditetapkannya Perpres Nomor 9 tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark) pada 25 Januari 2019 lalu oleh Bapak Presiden,’’ kata Bupati.
 
Pada acara yang digelar Kemendikbud bidang Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO itu juga, Al Haris menerangkan keragaman geologi (geodiversity)  yang dimiliki Merangin, memiliki nilai warisan geologi (geoheritage) dengan keanekaragaman hayati (biodiversity).
 
Selain itu keragaman budaya (cultural diversity), dapat dimanfaatkan melalui konsep pengembangan Taman Bumi (Geopark) yang berkelanjutan, utamanya dalam rangka pengembangan destinasi pariwisata.
 
Pengembangan Geopark ini lanjut Bupati, melalui tiga pilar, meliputi konservasi, edukasi dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan, tentunya melalui pengembangan sektor pariwisata.
 
‘’Untuk itu diperlukan tata kelola pengembangan Geopark yang dapat dijadikan pedoman bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Kita telah susun semua itu, sehingga Geopark Merangin bisa lebih terbangun,’’ kata Al Haris. (kjcom)




Berita Terbaru

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Minggu, 19 Mei 2019 08:08 WIB

Selimpat dan Talang Berboenga


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Hari-hari terakhir di Alahan Pandjang menyebalkan. Tak ada hari yang lebih menyebalkan daripada hari

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:23 WIB

Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat


Tak Rekomendasikan Desa Pasar Pelawan untuk Dana Desa, Ini Penjelasan Camat Kajanglako.com, Sarolangun – Desa Pasar Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten

 

Dana Desa
Sabtu, 18 Mei 2019 20:11 WIB

Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair


Tak Direkomendasikan Camat, Dana Desa Pasar Pelawan Dipastikan Tidak Cair Kajanglako.com, Sarolangun – Pencairan Dana Dessa (DD) tahap pertama tahun

 

Waspada Kebakaran
Sabtu, 18 Mei 2019 19:53 WIB

Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran


Himbauan Kapolres Tanjabtim Terkait Bencana Kebakaran Kajanglako.com, Tanjabtim - Kondisi pemukiman penduduk yang padat, ditambah lagi dengan banyaknya

 

Laporan Keuangan
Sabtu, 18 Mei 2019 19:48 WIB

Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK


Pemkab Merangin Kembali Raih Opini WTP dari BPK Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin kembali berhasil meraih predikat opini