Rabu, 24 April 2019


Sabtu, 13 April 2019 20:49 WIB

Sosialisasi Dari Pintu ke Pintu Hingga Dikejar Anjing, Ini Cerita Caleg Muda PKS Tanjabtim Bertarung Menuju Parlemen

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Caleg DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur Soni Setiawan dari Partai PKS

 

Kajanglako.com, Tanjabtim - Anak muda kelahiran Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) 34 tahun silam ini pantas disebut monek, singkatan dari modal nekat. Soni Setiawan, biasa dipanggil Soni bila dilingkungan kerja, atau Wawan panggilan akrabnya ditengah keluarga, adalah satu diantara ratusan caleg yang tengah berjuang menuju gedung wakil rakyat Kabupaten Tanjung Jabung Timur lima tahun mendatang.



Dibilang modal nekat, karena selain masih muda, caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini tidak memiliki keuangan yang memadai. Dirinya hanya memiliki semboyan, untuk mengetahui hasilnya, sesuatu harus dicoba.

Hal lain yang juga menarik dari sosoknya, ditengah “megahnya” fasilitas caleg lain dalam perjuangan menuju parlemen, dirinya justru melakukan sosialisasi seorang diri, door to door, bersilaturahmi dari pintu kepintu kepada masyarakat, demi menyampaikan niat dan tujuannya apabila terpilih menjadi wakil rakyat.

“Bagi saya, usia muda adalah poin positif untuk bisa berbuat membantu masyarakat. Selain faktor kesehatan yang relatif prima, kecepatan dan tanggap dengan setiap informasi adalah penentu berhasil tidaknya seorang wakil rakyat dalam menyampaikan aspirasi masyarakat yang wakili,"  ungkapnya saat ditanya apa motifasinya menjadi caleg.

Lebih lanjut ia bercerita bagaimana suka dukanya selama melakukan kampanye dengan sosialisasi dari pintu kepintu, termasuk ketika dirinya pontang-panting lari menyelamatkan diri karena dikejar empat ekor anjing milik warga yang rumahnya kosong.

"Pengalaman dan suka duka dilapangan selama saya bersosialisasi terasa lebih berkesan, karena saya bisa merasakan bagaimana kondisi jalan yang berlumpur, mendorong motor sendirian karena kehabisan bensin, hingga pengalaman paling buruk karena dikejar anjing," kisahnya sambil tersenyum.

Respon masyarakat yang dijumpai pun beragam. Ada yang menyambut dengan hangat, cuek dan tak sedikit masyarakat yang terkesan mengabaikan sosialisasinya. Bahkan ada masyarakat yang terang-terangan menanyakan berapa harga untuk satu suara.

"Semua saya ambil hikmahnya. Bahwa sebagian masyarakat yang saya temui ternyata kehilangan kepercayaan terhadap caleg, karena ketika caleg tersebut terpilih menjadi wakil rakyat ternyata tidak bisa berbuat untuk daerahnya," sebutnya.

Menurut Soni, hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap caleg karena masyarakat menganggap caleg hanya mencari suara untuk kepentingan sesaatnya belaka, apalagi bila caleg tersebut mendapatkan suara dengan membeli suara, selanjutnya setelah itu masyarakat pun dilupakan.

"Bagi saya, suara masyarakat seharusnya tidak bisa dibeli, apalagi dizaman seperti sekarang ini. Cukup bulatkan tekad dan niatkan, jika nanti terpilih maka berbuatlah bagi masyarakat. Jadilah bukti dan jangan hanya mengumbar janji," tandas Soni. (Kjcom)


Tag : #Tanjabtim #soni setiawan #sabak #DPRD #caleg #pemilu 2019 #politik #dewan



Berita Terbaru

 

Kebakaran
Selasa, 23 April 2019 21:48 WIB

Kebakaran Landa Lambur Luar, 5 Rumah Terbakar, 1 Balita Tewas Terpanggang


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Kebakaran kembali melanda Tanjab Timur, kali ini kebakaran terjadi di RT 01 Dusun Suka Negara, Desa Lambur Luar,

 

Isra Miraj 1440H
Selasa, 23 April 2019 20:35 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Isra Miraj Tingkat Kabupaten


Kajanglako.com, Batanghari - Pemerintah Kabupaten Batanghari memperingati Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah / 2019 M, Selasa (23/4), yang

 

Selasa, 23 April 2019 16:48 WIB

Sidak Libatkan Polisi, Satgas Pangan Akan Tindak Pedagang dan Distributor yang Timbun Sembako


Kajanglako.com, Jambi - Untuk mengantisipasi gejolak harga dan ketersediaan stok pangan di pasaran jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2019, pemerintah dalam

 

Selasa, 23 April 2019 15:28 WIB

Seleksi Paskibraka Provinsi dan Nasional, Sekda Dianto: Jangan Ada Titipan


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto, minta Tim Panitia Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)

 

Selasa, 23 April 2019 15:21 WIB

4 Tahun Beruntun, Gubernur Jambi Kembali Raih Penghargaan K3 dari Menteri Ketenagakerjaan


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menerima penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019 dari Menteri Ketenagakerjaan