Rabu, 24 April 2019


Sabtu, 30 Maret 2019 18:59 WIB

Kerajinan Tangan dari Paralon, Cahyo Sulit Memasarkan dan Keterbatasan Modal

Reporter : Riadi
Kategori : Ragam Berita Daerah

Cahyo memperlihatkan kerajinan tangan dari paralon yang ia buat, Cahyo saat ini sulit dalam pemasaran dan kekurangan modal/ foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Cahyo Widianto, warga Jalan Pemuda Kelurahan Suka Sari RT 01, Kecamatan Sarolangun, memanfaatkan paralon untuk dijadikan berbagai bentuk kerajinan tangan yang bernilai jual.

Cahyo telah menekuni kerajinan tangan dari bahan baku paralon sejak satu tahun lalu, berbagai produk kerajinan tangan yang dikreasikannya seperti plakat lambang Kabupaten Sarolangun yakni ikan arwana dan sejarah peninggalan Belanda berupa Jembatan Batrix.



Tidak hanya itu saja, melalui kemahiran tangannya. Ia juga mampu mengukir lampu lentera yang dihias berbentuk Taman Cik Minah dan tempat tisu, serta berbagai macam jenis kreasi lainnya yang semuanya berbahan baku paralon.

Hanya saja, kerajinan tangan yang dibuat secara mandiri oleh Cahyo masih terkendala dalam pemasaran dan minimnya moral pengembangan pembuatan karya seninya.

Saat ini, Cahyo hanya mengandalkan tempat yang sempit dan menggunakan alat seadanya untuk membuat karya seni berbahan baku paralon.

"Saya berharap adanya campur tangan pemerintah, untuk membantu permodalan maupun pemasaran karya seni yang saya buat," kata Cahyo.

Selama satu tahun membuat kreasi dari bahan baku paralon, Cahyo baru mampu membukukan penjualan sekitar Rp1,5 juta.

Harga hasil kerajinan tangan hasil butannya dijual dengan harga bervariasi tergantung kerumitan dan kualitas, ia mematok harga mulai dari Rp30 ribu hingga Rp1 juta. (kjcom)

 


Tag : #Sarolangun #Kerajinan Tangan #Paralon



Berita Terbaru

 

Kebakaran
Selasa, 23 April 2019 21:48 WIB

Kebakaran Landa Lambur Luar, 5 Rumah Terbakar, 1 Balita Tewas Terpanggang


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Kebakaran kembali melanda Tanjab Timur, kali ini kebakaran terjadi di RT 01 Dusun Suka Negara, Desa Lambur Luar,

 

Isra Miraj 1440H
Selasa, 23 April 2019 20:35 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Isra Miraj Tingkat Kabupaten


Kajanglako.com, Batanghari - Pemerintah Kabupaten Batanghari memperingati Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah / 2019 M, Selasa (23/4), yang

 

Selasa, 23 April 2019 16:48 WIB

Sidak Libatkan Polisi, Satgas Pangan Akan Tindak Pedagang dan Distributor yang Timbun Sembako


Kajanglako.com, Jambi - Untuk mengantisipasi gejolak harga dan ketersediaan stok pangan di pasaran jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2019, pemerintah dalam

 

Selasa, 23 April 2019 15:28 WIB

Seleksi Paskibraka Provinsi dan Nasional, Sekda Dianto: Jangan Ada Titipan


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto, minta Tim Panitia Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)

 

Selasa, 23 April 2019 15:21 WIB

4 Tahun Beruntun, Gubernur Jambi Kembali Raih Penghargaan K3 dari Menteri Ketenagakerjaan


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menerima penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019 dari Menteri Ketenagakerjaan