Selasa, 18 Juni 2019


Sabtu, 30 Maret 2019 18:59 WIB

Kerajinan Tangan dari Paralon, Cahyo Sulit Memasarkan dan Keterbatasan Modal

Reporter : Riadi
Kategori : Ragam Berita Daerah

Cahyo memperlihatkan kerajinan tangan dari paralon yang ia buat, Cahyo saat ini sulit dalam pemasaran dan kekurangan modal/ foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Cahyo Widianto, warga Jalan Pemuda Kelurahan Suka Sari RT 01, Kecamatan Sarolangun, memanfaatkan paralon untuk dijadikan berbagai bentuk kerajinan tangan yang bernilai jual.

Cahyo telah menekuni kerajinan tangan dari bahan baku paralon sejak satu tahun lalu, berbagai produk kerajinan tangan yang dikreasikannya seperti plakat lambang Kabupaten Sarolangun yakni ikan arwana dan sejarah peninggalan Belanda berupa Jembatan Batrix.



Tidak hanya itu saja, melalui kemahiran tangannya. Ia juga mampu mengukir lampu lentera yang dihias berbentuk Taman Cik Minah dan tempat tisu, serta berbagai macam jenis kreasi lainnya yang semuanya berbahan baku paralon.

Hanya saja, kerajinan tangan yang dibuat secara mandiri oleh Cahyo masih terkendala dalam pemasaran dan minimnya moral pengembangan pembuatan karya seninya.

Saat ini, Cahyo hanya mengandalkan tempat yang sempit dan menggunakan alat seadanya untuk membuat karya seni berbahan baku paralon.

"Saya berharap adanya campur tangan pemerintah, untuk membantu permodalan maupun pemasaran karya seni yang saya buat," kata Cahyo.

Selama satu tahun membuat kreasi dari bahan baku paralon, Cahyo baru mampu membukukan penjualan sekitar Rp1,5 juta.

Harga hasil kerajinan tangan hasil butannya dijual dengan harga bervariasi tergantung kerumitan dan kualitas, ia mematok harga mulai dari Rp30 ribu hingga Rp1 juta. (kjcom)

 


Tag : #Sarolangun #Kerajinan Tangan #Paralon



Berita Terbaru

 

Forwakada
Senin, 17 Juni 2019 21:52 WIB

Komisi II Respon Positif Penguatan Wakada


Kajanglako.com, Jakarta - Wacana revisi Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya pasal kewenangan wakil kepala daerah,

 

kuliner khas Jambi
Senin, 17 Juni 2019 21:44 WIB

Gubernur Gandeng APJI Kembangkan Potensi Kuliner Khas Jambi


Kajanglako.Com. Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, menjamu kunjungan Asosiasi Perusahaan Jasoboga Indonesia (APJI), di ruang kerja gubernur, Senin (17/6)

 

Pendidikan
Senin, 17 Juni 2019 20:02 WIB

Ini Penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim Terkait SMP N 10


Kajanglako.com, Tanjab Timur -Menanggapi pemberitaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim)

 

Senin, 17 Juni 2019 17:19 WIB

Kukuhkan Pengurus LPTQ, Merangin Target Masuk Lima Besar MTQ Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Merangin- Bupati Merangin, Al Haris mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Merangin periode 2018-2023,

 

Hama
Senin, 17 Juni 2019 16:30 WIB

Hama Babi Resahkan Petani di Jangkat


Kajanglako.com, Merangin- Sejak sebulan terakhir, petani di Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, diresahkan dengan hama babi. Kawanan babi yang jumlahnya