Sabtu, 19 Oktober 2019


Sabtu, 30 Maret 2019 18:59 WIB

Kerajinan Tangan dari Paralon, Cahyo Sulit Memasarkan dan Keterbatasan Modal

Reporter : Riadi
Kategori : Ragam Berita Daerah

Cahyo memperlihatkan kerajinan tangan dari paralon yang ia buat, Cahyo saat ini sulit dalam pemasaran dan kekurangan modal/ foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Cahyo Widianto, warga Jalan Pemuda Kelurahan Suka Sari RT 01, Kecamatan Sarolangun, memanfaatkan paralon untuk dijadikan berbagai bentuk kerajinan tangan yang bernilai jual.

Cahyo telah menekuni kerajinan tangan dari bahan baku paralon sejak satu tahun lalu, berbagai produk kerajinan tangan yang dikreasikannya seperti plakat lambang Kabupaten Sarolangun yakni ikan arwana dan sejarah peninggalan Belanda berupa Jembatan Batrix.



Tidak hanya itu saja, melalui kemahiran tangannya. Ia juga mampu mengukir lampu lentera yang dihias berbentuk Taman Cik Minah dan tempat tisu, serta berbagai macam jenis kreasi lainnya yang semuanya berbahan baku paralon.

Hanya saja, kerajinan tangan yang dibuat secara mandiri oleh Cahyo masih terkendala dalam pemasaran dan minimnya moral pengembangan pembuatan karya seninya.

Saat ini, Cahyo hanya mengandalkan tempat yang sempit dan menggunakan alat seadanya untuk membuat karya seni berbahan baku paralon.

"Saya berharap adanya campur tangan pemerintah, untuk membantu permodalan maupun pemasaran karya seni yang saya buat," kata Cahyo.

Selama satu tahun membuat kreasi dari bahan baku paralon, Cahyo baru mampu membukukan penjualan sekitar Rp1,5 juta.

Harga hasil kerajinan tangan hasil butannya dijual dengan harga bervariasi tergantung kerumitan dan kualitas, ia mematok harga mulai dari Rp30 ribu hingga Rp1 juta. (kjcom)

 


Tag : #Sarolangun #Kerajinan Tangan #Paralon



Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 Oktober 2019 11:24 WIB

Al Haris Lepas Ribuan Peserta Kirab Hari Santri Nasional 2019


Al Haris Lepas Ribuan Peserta Kirab Hari Santri Nasional 2019 Kajanglako.com, Merangin - Ribuan santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten

 

Sabtu, 19 Oktober 2019 09:49 WIB

Merangin Akan Miliki Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama


Merangin Akan Miliki Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama Kajanglako.com, Merangin - Kabupaten Merangin akan memiliki desa sadar kerukunan umat beragama.

 

Perspektif
Sabtu, 19 Oktober 2019 05:15 WIB

Sakti Alam Kerinci, dari Catatan Menuju Aksi Pemajuan Kebudayaan


Oleh: Asyhadi Mufsi Sadzali* “Sakti Alam Kerinci”, selain alamnya bertuah, bentang lahannya diibaratkan bak sepenggal tanah surga yang jatuh

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 19 Oktober 2019 03:58 WIB

Pemburu Burung Dara


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Van Hasselt dan timnya berjalan-jalan berkeliling dusun atau kota itu, bersama Toeankoe dan pamannya,

 

Jumat, 18 Oktober 2019 18:40 WIB

Sidak Proyek Irigasi Dam Betuk, Dewan Temui Banyak Kejanggalan


Sidak Proyek Irigasi Dam Betuk, Dewan Temui Banyak Kejanggalan Kajanglako.com, Merangin- Ketua DPRD Merangin, Herman Efendi berasama Ketua Komisi III Mulyadi