Rabu, 13 November 2019


Rabu, 27 Maret 2019 16:04 WIB

Gugatan Ditolak Bawaslu Sarolangun, Saihu Cs Ajukan Koreksi ke Bawaslu RI

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Politik

Sidang adjudikasi di Bawaslu Sarolangun terkait gugatan 7 Caleg incumbent yang dicoret dari DCT/ foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Gugatan Tujuh Caleg Incumbent DPRD Sarolangun yang dicoret dari Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh KPU, telah ditolak Bawaslu Sarolangun.

Namun karena tidak puas dengan putusan Bawaslu Sarolangun yang menyatakan mereka tetap dicoret dari DCT, Saihu Cs akhirnya resmi mengajukan koreksi ke Bawaslu, Selasa (26/3).



Koreksi yang dilakukan ketujuh Caleg tersebut disampaikan kuasa hukum mereka masing-masing ke Bawaslu Sarolangun yang  diteruskan ke Bawaslu RI.

Dalam sidang adjudikasi yang digelar Senin (25/3) di Kantor Bawaslu Sarolangun, memutuskan dan menyatakan menolak secara keseluruhan permohonan 7 Caleg yang meminta membatalkan keputusan KPU Sarolangun nomor 45/HK.03.1-Kpt/1503/KPU-Kab/III/2019 tentang pencoretan nama ketujuh Caleg tersebut dari DCT Pileg DPRD Kabupaten Sarolangun pada Pemilu 2019 ini dan menyatakan surat KPU Sarolangun nomor 45/HK.03.1-Kpt/1503/KPU-Kab/III/2019 tentang penetapan perubahan keempat atas keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sarolangun Nomor 40/HK.03.1-Kpt/1503/KPU-Kab/IX/2018 tentang penetapan DCT Pileg DPRD Kabupaten Sarolangun pada Pemilu 2019 adalah sah.

Dalam koreksinya, Saihu Cs menyoalkan tafsiran Bawaslu mengenai aturan yang mengundurkan diri itu harus dimaknai berhenti

Menurut kuasa hukum penggugat pertimbangan ini sesat dan menyesatkan karena tidak ada di dalam undang-undang dan aturan KPU yang menyatakan seseorang yang sudah mengundurkan diri itu dilarang aktif sebagai anggota dewan.

Mudrika, Komisioner Bawaslu Sarolangun mengatakan koreksi para pihak penggugat sudah diterima secara resmi dan sudah diantar langsung oleh Komisioner Bawaslu Sarolangun ke Banwaslu RI.

"Hasil koreksi akan diketahui pada  Kamis 28 Maret besok," kata Mudrika yang saat dihubungi melalui sambungan telepon mengaku sedang berada di Bawaslu RI.

Dikatakannya, diantara dokumen koreksi yang diserahkan oleh masing-masing kuasa hukum pemohon ke Bawaslu Sarolangun, terdiri dari surat kuasa, permohonan koreksi dan fotokopi keputusan Bawaslu Sarolangun.

Adapun 7 orang yang mengajukan koreksi keputusan Bawaslu Sarolangun ke Bawaslu RI. Yakni M Syaihu, Hapis, Jannatul Firdaus, Azakil Asmi, Mulyadi, Aang Purnama dan Cik Marleni. (kjcom)


Tag : #Bawaslu Sarolangun #KPU Sarolangun #Caleg #DCT #Bawaslu RI



Berita Terbaru

 

Selasa, 12 November 2019 18:42 WIB

Al Haris Pimpin Doa Saat Paripurna Penandatanganan KUA-PPA 2020


Kajanglako.com, Merangin - Ada yang menarik pada rapat Paripurna DPRD Merangin masa persidangan satu bagian kedua tahun sidang 2019, dalam rangka penandatanganan

 

Selasa, 12 November 2019 17:41 WIB

Dari Jendela PN, Zola Sampaikan Pesan untuk Fachrori


Kajanglako.com, Jambi - Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola saat di ruang tunggu Pengadilan Tipikor Jambi, menyapa para pengunjung sidang dan menyempatkan

 

Selasa, 12 November 2019 17:31 WIB

Kesaksian Zainal CS: Tahun 2017 Terima Aliran, Diantar Langsung Apif dan Kusnindar, Tahun 2018 Tidak Dapat


Kajanglako.com, Jambi - Tiga orang mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi yakni Zainal Abidin, Effendi Hatta dan Muhammadiyah, dihadirkan dalam sidang lanjutan

 

Selasa, 12 November 2019 17:18 WIB

Gubernur Fachrori Sabet Penghargaan Subroto 2019 Kementerian ESDM


Kajanglako.com, Jakarta - Gubernur Jambi Fachrori Umar meraih penghargaan Subroto 2019 dari Kementerian ESDM. Terbaik III Bidang Kepatuhan PNBP Mineral

 

Selasa, 12 November 2019 17:03 WIB

Asrul: Hamidi Temui Saya Atas Perintah Erwan


Kajanglako.com, Jambi - Dalam kesaksiannya pada sidang lanjutan terdakwa atas nama Jo Fandy alias Asiang, Asrul Pandapotan orang dekat Zumi Zola mengatakan,