Selasa, 23 Juli 2019


Rabu, 27 Maret 2019 16:04 WIB

Gugatan Ditolak Bawaslu Sarolangun, Saihu Cs Ajukan Koreksi ke Bawaslu RI

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Politik

Sidang adjudikasi di Bawaslu Sarolangun terkait gugatan 7 Caleg incumbent yang dicoret dari DCT/ foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Gugatan Tujuh Caleg Incumbent DPRD Sarolangun yang dicoret dari Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh KPU, telah ditolak Bawaslu Sarolangun.

Namun karena tidak puas dengan putusan Bawaslu Sarolangun yang menyatakan mereka tetap dicoret dari DCT, Saihu Cs akhirnya resmi mengajukan koreksi ke Bawaslu, Selasa (26/3).



Koreksi yang dilakukan ketujuh Caleg tersebut disampaikan kuasa hukum mereka masing-masing ke Bawaslu Sarolangun yang  diteruskan ke Bawaslu RI.

Dalam sidang adjudikasi yang digelar Senin (25/3) di Kantor Bawaslu Sarolangun, memutuskan dan menyatakan menolak secara keseluruhan permohonan 7 Caleg yang meminta membatalkan keputusan KPU Sarolangun nomor 45/HK.03.1-Kpt/1503/KPU-Kab/III/2019 tentang pencoretan nama ketujuh Caleg tersebut dari DCT Pileg DPRD Kabupaten Sarolangun pada Pemilu 2019 ini dan menyatakan surat KPU Sarolangun nomor 45/HK.03.1-Kpt/1503/KPU-Kab/III/2019 tentang penetapan perubahan keempat atas keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sarolangun Nomor 40/HK.03.1-Kpt/1503/KPU-Kab/IX/2018 tentang penetapan DCT Pileg DPRD Kabupaten Sarolangun pada Pemilu 2019 adalah sah.

Dalam koreksinya, Saihu Cs menyoalkan tafsiran Bawaslu mengenai aturan yang mengundurkan diri itu harus dimaknai berhenti

Menurut kuasa hukum penggugat pertimbangan ini sesat dan menyesatkan karena tidak ada di dalam undang-undang dan aturan KPU yang menyatakan seseorang yang sudah mengundurkan diri itu dilarang aktif sebagai anggota dewan.

Mudrika, Komisioner Bawaslu Sarolangun mengatakan koreksi para pihak penggugat sudah diterima secara resmi dan sudah diantar langsung oleh Komisioner Bawaslu Sarolangun ke Banwaslu RI.

"Hasil koreksi akan diketahui pada  Kamis 28 Maret besok," kata Mudrika yang saat dihubungi melalui sambungan telepon mengaku sedang berada di Bawaslu RI.

Dikatakannya, diantara dokumen koreksi yang diserahkan oleh masing-masing kuasa hukum pemohon ke Bawaslu Sarolangun, terdiri dari surat kuasa, permohonan koreksi dan fotokopi keputusan Bawaslu Sarolangun.

Adapun 7 orang yang mengajukan koreksi keputusan Bawaslu Sarolangun ke Bawaslu RI. Yakni M Syaihu, Hapis, Jannatul Firdaus, Azakil Asmi, Mulyadi, Aang Purnama dan Cik Marleni. (kjcom)


Tag : #Bawaslu Sarolangun #KPU Sarolangun #Caleg #DCT #Bawaslu RI



Berita Terbaru

 

Sarolangun Smart City
Senin, 22 Juli 2019 20:11 WIB

Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya


Pemkab Sarolangun akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dibawah kepemimpinan

 

Konflik Warga dan PT WKS
Senin, 22 Juli 2019 19:53 WIB

Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB


Polres Batanghari Kembali Amankan 10 Pucuk Kecepek Anggota SMB Kajanglako, Batanghari - Kepolisian Resor (Polres) Batanghari mengamankan 10 pucuk senjata

 

Paripurna Dewan
Senin, 22 Juli 2019 19:49 WIB

Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019


Paripurna DPRD Muarojambi Ranperda ABDP Tahun 2019 Kajanglako.com, Muaro Jambi - DPRD Muaro Jambi gelar rapat paripurna Penyampaian secara resmi Nota Keuangan

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:45 WIB

Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa?


Pansel Sarankan Pimpinan Dewan Pilih Opsi Kedua, Ada Apa? Kajanglako.com, Jambi – Hasil rapat tertutup Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Wakil Gubernur

 

Mencari Pendamping Fachrori
Senin, 22 Juli 2019 19:27 WIB

Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa


Kebutuhan Wakil Gubernur Jambi Telah Dianggarkan, Nasri: Tak Ada Wagub Berarti Silpa Kajanglako.com, Jambi – Alih-alih siapa orangnya, ada atau tidaknya