Selasa, 18 Juni 2019


Selasa, 26 Maret 2019 19:31 WIB

INKINDO Jambi Ajak Vendor Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah Melalui Kemitraan

Reporter : Redaksi
Kategori : Bisnis

Penandatanganan MoU antara DPP INKINDO Jambi dengan sejumlah vendor

Kajanglako.com, Jambi - Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Provinsi Jambi menandatangani MoU dengan sejumlah vendor atau sponsor, yang selama ini menjadi mitra mereka.

Penandatanganan kerja sama dilakukan di Kantor DPP INKINDO Provinsi Jambi, Selasa (26/3).



"Agar ada hubungan kerja sama ke depannya, merangkul para vendor harus ada pola simbiosis mutualisme, yaitu saling membutuhkan karena sifat vendor inikan meminta kepada DPP INKINDO Jambi untuk memberikan peluang atau ruang bagi mereka untuk memperkenalkan produk-produk mereka, khususnya terkait pembangunan gedung terutama produk atap dan lantai," kata Ketua DPP INKINDO Provinsi Jambi, Zulkifli Lubis.

Ia mengatakan, INKINDO bermitra dengan banyak vendor perusahaan manufaktur. Tapi untuk kerja sama hari ini ada beberapa saja yang melakukan MoU.

"Ini sesuai dengan arahan Pak Ketum kita Pak Peter Franz, agar kita ada kerja sama dengan sponsor," katanya.

Zulkifli mengatakan dengan kerja sama ini tujuannya juga ke depan INKINDO mengajak para vendor tersebut berkontribusi dalam pembangunan di daerah.

"Untuk pola kerja sama, kita melihat dulu kualitas dari para vendor. Kita usulkan sesuai dengan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Pasal 19 Ayat 2, jika sekarang dimungkinkan untuk menyebutkan merek dagang," katanya.

Kalau ini sudah diterapkan, katanya, produk manufaktur yang berkualitas akan terseleksi dengan sendirinya, vendor juga telah menyampaikan komponen produk mereka saat INKINDO akan melakukan proses seleksi.

"Misal produk mereka bergaransi 13 tahun, memiliki mutu yang baik. Dari sisi seperti itulah yang kita lihat, sehingga kita bisa merangkul mereka jika ini yang terbaik," kata Zulkifli.

INKINDO, kata Zulkifli, dalam proses seleksi tetap mengedepankan merek dagang dari vendor yang akan dijadikan partner.

Ia mengatakan jika kerja sama dengan vendor telah berlangsung sejak tahun 2018, kerja sama ini tidak memiliki batas waktu selama kesepakatan dengan sponsor atau vendor tetap memungkinkan untuk dijalankan.

"Selama ini kita tidak ada kurun waktu, kerja sama tetap berjalan selama di jalan dan koridor yang benar. Pola kerja sama ini sudah menasional, INKINDO Jambi sudah mulai bergerak maju mengikuti perkembangan di kota-kota besar," katanya.

Ia mengatakan pembangunan di Jambi diprediksi akan terus berkembang, untuk itu perlu dijalin kemitraan dengan vendor dalam mengonsep suatu pembangunan.

"Kita juga perlu usulan dari mereka (vendor), produk mereka. Mereka inikan produk manufaktur yang menyesuaikan dengan perkembangan industri sekarang, tidak mungkin kita kembali ke belakang. Seperti material atap yang dengan segala macam jenisnya yang tahan dengan bermacam cuaca, dan disesuaikan dengan konsep estetika kearifan lokal yang dicampur dengan desain modern, sehingga meski modern tetapi tak meninggalkan sisi-sisi kedaerahannya," kata Konsultan Kontruksi yang juga menjabat Wakil Ketua LPJK Provinsi Jambi.

Senada dengan Zulkifli, Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi Provinsi (DPOP) INKINDO Jambi, H Dwi Indra Jaya mengatakan vendor yang dirangkul dan diajak kerja sama tentu vendor yang beketerkaitan dangan profesi Pengurus dan Anggota INKINDO.

Hanya saja untuk menjamin kualitas bangunan, tidak semua vendor dirangkul. Dari hasil seleksi vendor yang memiliki produk yang sudah terkenal dan telah teruji memiliki peluang besar untuk diajak kerja sama dengan INKINDO.

"Dalam artian vendor yang bermitra kita produknya sudah dikenal secara nasional, dan memiliki ketersediaan pasokan yang selalu bisa memenuhi permintaan kita," kata H Dwi Indra Jaya. (kjcom)


Tag : #INKINDO #Konsultan Kontruksi #INKINDO Jambi



Berita Terbaru

 

Forwakada
Senin, 17 Juni 2019 21:52 WIB

Komisi II Respon Positif Penguatan Wakada


Kajanglako.com, Jakarta - Wacana revisi Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya pasal kewenangan wakil kepala daerah,

 

kuliner khas Jambi
Senin, 17 Juni 2019 21:44 WIB

Gubernur Gandeng APJI Kembangkan Potensi Kuliner Khas Jambi


Kajanglako.Com. Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, menjamu kunjungan Asosiasi Perusahaan Jasoboga Indonesia (APJI), di ruang kerja gubernur, Senin (17/6)

 

Pendidikan
Senin, 17 Juni 2019 20:02 WIB

Ini Penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim Terkait SMP N 10


Kajanglako.com, Tanjab Timur -Menanggapi pemberitaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim)

 

Senin, 17 Juni 2019 17:19 WIB

Kukuhkan Pengurus LPTQ, Merangin Target Masuk Lima Besar MTQ Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Merangin- Bupati Merangin, Al Haris mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Merangin periode 2018-2023,

 

Hama
Senin, 17 Juni 2019 16:30 WIB

Hama Babi Resahkan Petani di Jangkat


Kajanglako.com, Merangin- Sejak sebulan terakhir, petani di Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, diresahkan dengan hama babi. Kawanan babi yang jumlahnya