Jumat, 23 Agustus 2019


Senin, 18 Februari 2019 20:03 WIB

Pemprov Jambi Kuatkan Komitmen Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Reporter : Redaksi
Kategori : Inforial

Gubernur Fachrori foto bersama Forkompinda usai Rakor Pengawasan Daerah/ foto: Humas Pemprov Jambi/Ady

Kajanglako.com, Jambi – Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar M Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi semakin menguatkan komitmen dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Hal tersebut dikemukakan Fachrori saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakor Wasda) Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Senin (18/02).



“Kita terus berkomitmen dan berupaya dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik di Provinsi Jambi ini, sebagaimana telah tercermin dalam salah satu misi RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016-2021. Saya juga mengharapkan, hal ini bisa menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi,” kata Fachrori.

Pemerintah Provinsi Jambi sangat serius dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, ini bisa dilihat dari berbagai komitmen dan upaya yang telah dilakukan, antara lain adalah telah ditetapkannya Peraturan Gubernur (Pergub) Jambi nomor 10 tahun 2013 tentang Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, serta Surat Keputusan Gubernur Jambi nomor 1018/Kep.Gub/DPM-PTSP-9/2017 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan.

“Kita sangat serius untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Provinsi Jambi, ini bisa dilihat dengan adanya Pergub Jambi Nomor 10 tahun 2013. Beberapa capaian yang positif juga telah kita raih, antara lain adalah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia sebanyak enam kali berturut turut, serta mendapatkan penghargaan pelayanan publik dari Komisi Ombudsman RI,” jelas Fachrori.

Fachrori sangat menyambut baik kegiatan ini karena sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dimana memerlukan dukungan dan sinergi yang baik dari berbagai pihak, baik itu dari  Inspektorat, Kepolisian, KPK, BPKP maupun Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah.

“Semoga kegiatan ini menjadi momentum menuju kearah yang lebih baik dalam pengelolaan pemerintahan di Provinsi Jambi. Spirit pengelolaannya dilaksanakan sebesar sebesar untuk kemakmuran rakyat dan memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, serta dapat meningkatkan capaian Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Provinsi Jambi,” harap Fachrori.

Inspektur Provinsi Jambi, Kailani menyampaikan, Rakor Wasda Provinsi Jambi Tahun 2019 ini bertujuan agar pelaksanaan program dalam bentuk kegiatan yang ada di Provinsi Jambi baik itu di Pemerintah Provinsi maupun di Pemerintah Kabupaten/Kota bisa berjalan secara efektif dan efisien, dengan memperhatikan azas azas umum pemerintahan yang baik.

“Kita biasanya menyelenggarakan kegiatan ini pada triwulan III atau triwulan IV, tetapi pada tahun 2019 diselenggarakan pada triwulan I atas persetujuan dari Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Jambi dan mengharapkan semua program pemerintahan di Provinsi Jambi dapat berjalan secara efektif dan efisien,” tutur Kailani.

“Kita juga mengharapkan agar setiap kegiatan tidak hanya menghasilkan output semata tapi juga yang paling utama adalah menghasilkan outcome, dimana bisa menghasilkan azas manfaat dari program kegiatan yang telah kita rencanakan,” sambung Kailani.

Kailani menerangkan, kegiatan ini merupakan suatu upaya pencegahan, pendampingan, monitoring dan evaluasi agar Pemerintah Provinsi Jambi menghindari sedini mungkin kemungkinan adanya potensi penyimpangan atau ketidakpatuhan terhadap peraturan dan undang undang yang berlaku. (humas pemprov jambi)


Tag : #Fachrori Umar #Gubernur Jambi #Pemprov Jambi



Berita Terbaru

 

Warisan Budaya Tak Benda Indonesia
Kamis, 22 Agustus 2019 15:43 WIB

10 Karya Budaya Jambi Ditetapkan sebagai WBTB Indonesia 2019


Kajanglako.com: Sidang Tim Ahli Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia yang berlangsung pada 13 hingga 16 Agutus 2019, di Hotel Millenium, Jakarta,

 

Jemaah Haji
Kamis, 22 Agustus 2019 13:58 WIB

Dua Jamaah Haji Merangin Dipulangkan Lebih Awal


Dua Jamaah Haji Merangin Dipulangkan Lebih Awal Kajanglako.com, Merangin- Dua orang jemaah haji Kabupaten Merangin dipulangkan lebih awal dari rombongan

 

Kamis, 22 Agustus 2019 12:49 WIB

Kinerja Empat OPD Ini Diaudit Inspektorat Merangin


Kinerja Empat OPD Ini Diaudit Inspektorat Merangin Kajanglako.com, Merangin - Inspektorat Merangin mengaudit kinerja empat Organisasi Perangkat Daerah

 

Kamis, 22 Agustus 2019 11:57 WIB

Delapan Bulan Terbangkalai, Warga Khawatirkan RTH Taman Angrek Jadi Tempat Mesum


Delapan Bulan Terbangkalai, Warga Khawatirkan RTH taman Angrek Jadi Tempat Mesum Kajanglako.com, Kota Jambi - Progres Pembangunan Jembatan Pedestrian dan

 

Kamis, 22 Agustus 2019 11:42 WIB

Pemilihan BPD Dusun Empelu Ricuh, Surat Suara Dibakar


Pemilihan BPD Dusun Empelu Ricuh, Surat Suara Dibakar Kajanglako.com, Bungo - Pemilihan Badan Permusyaratan Dusun (BPD ) di Dusun Empelu Kecamatan Tanah