Jumat, 13 Desember 2019


Senin, 18 Februari 2019 13:22 WIB

Pasca Insiden Maut di Bajubang, Pertamina EP Tutup 25 Sumur Minyak Ilegal di Batanghari

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Penutupan sumur minyak ilegal di Batanghari/ foto: Pertamina EP

Kajanglako.com, Jambi - Adanya sumur minyak ilegal yang meledak dan menyebabkan satu korban tewas terpanggang di Bajubang Kabupaten Batanghari, Sabtu lalu. Mengindikasikan betapa maraknya pemboran sumur tanpa ijin (illegal drilling) oleh masyarakat yang terjadi di wilayah tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut, dilaksanakan kegiatan penutupan 25 titik sumur minyak yang dikelola oleh oknum-oknum masyarakat tanpa izin, yang berada di area Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Thaha Syaifudin, Minggu (17/2).



Kegiatan penutupan tersebut dilakukan Polda Jambi, Polres Batanghari, Pertamina EP dan TAC Pertamina-Pusako Betung Muaro Senami Jambi (PBMSJ).

Penutupan sumur minyak ilegal disaksikan langsung Dirkrimsus Polda Jambi Kombes Pol Daniel Yudho Ruhoro, Kapolres Batanghari AKBP M Santoso, Pertamina EP Asset 1 HSSE Operation Manager Sigit Isbiantoro, Pertamina EP Jambi Field Legal & Relation Assistant Manager Ari Rachmadi, dan PBMSJ Field Manager Niko Akmal.

Penutupan sumur dilakukan melalui mekanisme penyemenan permanen sedangkan pada permukaan sumur dilakukan clearing menggunakan alat berat.

“Penutupan ini dilakukan dengan memasukkan suckrod (besi pejal) pada lubang sumur dan semen, tujuannya agar tidak dapat dibuka kembali oleh oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab,” kata Andrew, Pertamina EP Asset 1 Government & PR Assistant Manager.

Dalam kegiatan tersebut, Kepolisian Resor Batanghari juga mengamankan dan menyita barang bukti yang berada di sekitar area sumur, antara lain berupa mesin motor, mini rig, besi-besi menara, tubing, katrol, timba/canting dan peralatan-peralatan lainnya yang selama ini digunakan untuk kegiatan pemboran sumur tanpa ijin.

Dalam kesempatan ini Pertamina EP sangat menyambut positif adanya sinergi yang baik antara para pihak lintas instansi.

“Diharapkan penyelesaian permasalahan pemboran sumur minyak tanpa ijin tersebut tidak hanya sisi teknis penutupan saja, namun juga adanya penindakan dan penegakan hukum terhadap para investor, distributor dan penampung,” kata Andrew. (*)


Tag : #Illegal Drilling #Pertamina #Sumur Minyak Ilegal #Bajubang #Polda Jambi #Polres Batanghari



Berita Terbaru

 

Jumat, 13 Desember 2019 15:08 WIB

Fachrori Beri Reward Atlet dan Pelatih Berprestasi Popnas XV dan Peparnas IX 2019


Kajanglako.com, Jambi - Penyerahan uang pembinaan kepada atlet dan pelatih berprestasi Provinsi Jambi pada penyelenggaraan Popnas XV dan Peparpenas IX

 

Jumat, 13 Desember 2019 13:15 WIB

Pertamina EP - Polda Jambi Pra Kulaifikasi Porprov Volly Ball 2019


Kajanglako.com, Jambi – Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Bola Voli tahun 2019 resmi dibuka langsung oleh KAPOLDA Jambi Irjen Pol

 

Jumat, 13 Desember 2019 11:08 WIB

Al Haris dan Mashuri Subuh Berjemaah di Sungai Manau


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin Al Haris dan Wabup Mashuri melakukan Gerakan Pendidikan Subuh dan Subuh Berjemaah (GPS2B) di Masjid Baitul Qudus,

 

Jumat, 13 Desember 2019 03:23 WIB

Pertemuan Tahunan BI, Gubernur Fachrori : 2020 Jambi Harus Berinovasi Transformasi Ekonomi


Kajanglako.com, Jambi - Menghadapi tahun 2020, Provinsi Jambi harus melakukan inovasi dalam melakukan transformasi ekonomi dari sektor primer ke sektor

 

Jumat, 13 Desember 2019 03:15 WIB

Kukuhkan Anggota TKPSDA, Fachrori Minta Fakus Pengelolaan Sumber Daya Air


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan, baik buruknya pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) suatu daerah dapat diukur melalui 4 indikator. “4