Sabtu, 23 Februari 2019


Jumat, 08 Februari 2019 16:36 WIB

Wisata Merangin Makin Dikenal, tapi Capaian PAD Sektor Pariwisata Paling Rendah

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Ragam Wisata Berita Daerah

Ilustrasi/ foto: ist

Kajanglako.com, Merangin - Objek wisata di Kabupaten Merangin mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, ini juga berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Data Pariwisata Merangin menunjukkan, kunjungan wisatawan ke Merangin tahun 2017 mencapai 110.000 pengunjung dan tahun 2018 lalu kunjungan wisatawan naik hingga 165.000 pengunjung.



Tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga banyak wisatawan mancanegara atau turis berkunjung ke Merangin dalam dua tahun terakhir.

Namun ini berbanding terbalik dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Tahun 2018 lalu PAD sektor pariwisata hanya terealisasi 34,22 persen.

Dan itu capaian realisasi PAD paling rendah dari 14 OPD yang dibebankan untuk mencari pendapatan untuk daerah tersebut.

Bupati Merangin, Al Haris juga mengakui sektor pariwisata Merangin belum banyak berkontribusi untuk menambah pundi-pundi PAD.

"Saya akui selama ini Merangin jarang mencapai target PAD. Tapi tahun 2018 itu tercapai, tapi ada juga OPD yang masih rendah," kata Al Haris.

"Saya melihat potensi wisata Merangin luar biasa, pengunjungnya banyak tapi kenapa tidak ada retribusinya," katanya lagi.

Terkait itu ke depan sektor pariwisata yang menjadi unggulan Pemkab Merangin lima tahun ke depan akan dibenahi, termasuk melakukan evaluasi terhadap pimpinan OPDnya.

"Inilah yang akan kita benahi. Saya katakan Dinas Parpora termasuk salah satu yang saya evaluasi," kata Al Haris. (kjcom)


Tag : #Wisata Jambi #Wisata Merangin



Berita Terbaru

 

Jumat, 22 Februari 2019 20:06 WIB

Warga Kecewa Tak Diikutkan Rapat Pemkab Muarojambi dengan PT BBS


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Konflik kepemilikan lahan antara 4 desa dalam Kecamatan Kumpe dengan PT Bukit Bintang Sawit (BBS) sepertinya akan semakin

 

Jumat, 22 Februari 2019 19:49 WIB

Jalan Santai Meriahkan Peringatan Hari K3 di Tanjabbar, Bupati Safrial Hadir Langsung


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menggelar gerak jalan santai dalam memeriahkan peringatan bulan Keselamatan

 

Jumat, 22 Februari 2019 19:18 WIB

Resmikan Gedung BLK, Bupati Safrial: Harus Ciptakan Pekerja Berkualitas dan Membanggakan Daerah


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Bupati Tanjab Barat, H Safrial, meresmikan Operasional UPTD Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Tanjung Jabung Barat

 

Jumat, 22 Februari 2019 18:56 WIB

Peringati HPNS, OPD Bungo dan Instansi Vertikal Gelar Gotong Royong Bersama


Kajanglako.com, Bungo - Pemkab Bungo melalui Dinas Lingkungan Hidupmenggelar gotong royong bersama dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional

 

Jumat, 22 Februari 2019 18:55 WIB

Bupati Mashuri Tinjau Lokasi Arena MTQ ke-49 Tingkat Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Bungo - Jelang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 Provinsi Jambi tahun 2019. Pemerintah Kabupaten Bungo kesekian kalinya menggelar rapat