Minggu, 08 Desember 2019


Senin, 14 Januari 2019 22:31 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Ilegal Loging Asal Air Hitam

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Pelaku dan barang bukti ilegal loging yang berhasil diamankan Satreskrim Polres Sarolangun

Kajanglako.com, Sarolangun - Satreskrim Polres Sarolangun berhasil mengungkap kasus ilegal loging, dengan mengamankan satu orang pelaku dan satu unit mobil truk yang mengangkut kayu sekitar 12,07 meter kubik, jenis kelompok rimba campuran.

Pelaku ditangkap Jumat (11/1) sekira 22.00 WIB, di Jalan Lintas Sarolangun-Tembesi Desa Gurun Tuo, Kecamatan Mandiangin, Sarolangun.



Pelaku yang ditangkap berinisial US (52), Tani, warga Kecamatan Air Hitam, Sarolangun.

Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan Wira Laksana, melalui Kasubag Humas Iptu Ardiansyah mengatakan kronologis penangkapan berawal saat Unit Tipiter melakukan patroli rutin di Jalan Lintas Sarolangun.

"Saat itu Unit Tipiter melihat 1 unit mobil Coltdiesel BH 8626 MK sedang mengangkut kayu bulat, kemudian personel menghentikannya dan melakukan pemeriksaan," kata Iptu Ardiansyah.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen kayu SKSHHK-KBB 4489942, untuk kubikasi kayu sebanyak 7.42 M3 dan berdasarkan keterangan pelaku jumlah kubikasi sebanyak 8 M3.

"Di karenakan adanya dugaan kayu yang diangkut melebihi kubikasi yang tertera dalam dokumen maka pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Sarolangun guna dilakukan penghitungan kubikasi," katanya. 

Dari penghitungan kubikasi kayu yang dilakukan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi KPHP Sarolangun, bahwa kayu yang diangkut pelaku sebanyak 12.07M3, Sehingga patut diduga terdapat 4.65 M3 tidak dilengkapi dokumen.

"Modus operandinya pelaku mengelabui petugas dengan cara melakukan pengangkutan kayu yang tidak sesuai dengan jumlah kubikasi kayu yang tertera pada dokumen SKSHHK-KBB (melebihi jumlah yang tertera pada dokumen), sehingga patut diduga terdapat 4,65 M3 kayu yang tidak dilengkapi dengan dokumen dan patut diduga kayu tersebut berasal dari penebangan liar," kata Iptu Ardiansyah. 

Adapun barang bukti kayu yang berhasil diamankan. Yaitu kayu jenis terap sebanyak 2.05 kubik, kayu jenis terentang sebanyak 5.46 kubik, kayu Jenis medang labu sebanyak 1.98 kubik dan ayu jenis mahang sebanyak 2.85 kubik. Total jumlah kayu setelah diukur sebanyak 12.07 kubik. 

Pasal yang disangkakan terhadap pelaku, yakni pasal 83 ayat (1) huruf b dan pasal 88 ayat (1) huruf c UU RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. (kjcom)


Tag : #Polres Sarolangun #Ilegal Loging



Berita Terbaru

 

Sabtu, 07 Desember 2019 13:35 WIB

For Ikan" Pemprov Kejar Angka Konsumsi Ikan Nasional


Kajanglako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (HIN) yang

 

Sabtu, 07 Desember 2019 11:39 WIB

"Ayo Makan ikan", Jambore Forikan ke-6 Provinsi Jambi 2019 Dimeriahkan Ratusan Pelajar


Kajanglako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi memperingati Jambore Forikan ke-6

 

Sabtu, 07 Desember 2019 10:10 WIB

Komisi IV Sidak RS Plat Merah Raden Mattaher Jambi, ini Hasilnya


Kajanglako.com, Jambi - Rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit plat merah RSUD Raden mattaher Jambi,

 

Sosok dan Pemikiran
Sabtu, 07 Desember 2019 08:42 WIB

Dawam Rahardjo


Oleh: Manuel Kaisiepo* Dia dikenal sebagai pemikir ekonomi kritis, kaya penguasaan teori, kuat dalam analisis sosial, juga mendalami kajian agama dan filsafat.

 

Ekspedisi Sumatra Tengah 1877
Sabtu, 07 Desember 2019 08:30 WIB

Tambang Emas Telaki


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Mereka berencana untuk mengunjungi tambang emas di Telaki, melalui jalan lama, sementara para kuli membawa