Jumat, 22 Maret 2019

Sabtu, 12 Januari 2019 14:52 WIB

Hadiri PTIJK, Fachrori Harap Jasa Keuangan Lebih Berkontribusi Terhadap Pelaku UMKM

Reporter : Juanda
Kategori : Inforial

Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar dikonfirmasi awak media usai mengikuti acara PTIJK 2019 di Jakarta/ foto: istimewa

Kajanglako.com, Jambi - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mengharapkan pertumbuhan jasa keuangan di Provinsi Jambi terus meningkat.

Tumbuh sehat di tahun 2019, sejalan dengan tingkat pertumbuhan perekonomian yang stabil dan relatif rendahnya tingkat inflasi di Provinsi Jambi. 



Hal tersebut disampaikan Fachrori, pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2019, di Ballroom Hotel Riltz Carlton Jakarta, Jumat Malam (11/01).

PTIJK yang turut dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf itu, mengambil tema "Kolaborasi Membangun Optimisme dan Akselerasi Pertumbuhan Berkelanjutan".

Fachrori mengemukakan, bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi tahun 2018 yang cukup baik dan relatif rendahnya laju inflasi merupakan hasil kerjasama dari semua pihak, dan tidak terlepas dari kerja keras dan kontribusi jasa keuangan.  

"Pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jambi pada tahun 2018 bisa tumbuh dengan baik, begitu pula tingkat inflasi yang masih stabil. Semua itu, tidak terlepas dari pertumbuhan jasa keuangan di Provinsi Jambi pada tahun 2018 menunjukkan tren yang positif," kata Fachrori. 

Untuk itu, ia mengharapkan pada tahun 2019 ini pertumbuhan jasa keuangan di Provinsi Jambi bisa terus tumbuh dan meningkat lebih baik lagi, sehingga pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi juga ikut meningkat.

Fachrori mengharapkan industri jasa keuangan yang ada di Provinsi Jambi harus bisa berkontribusi terhadap produk-produk daerah dan lebih mengoptimalkan perkreditan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga turut mempercepat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi.

"Saya juga mengharapkan industri jasa keuangan di Provinsi Jambi turut mempercepat pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi dengan berkontribusi terhadap produk daerah dan memberikan kredit kepada UMKM," kata Fachrori.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan, industri jasa keuangan harus memberikan keseimbangan, diantaranya memberikan bunga kredit secara seimbang kepada pengusaha besar maupun pengusaha kecil.

"Pada masa lalu, bunga kredit bagi pengusaha besar lebih murah daripada pengusaha kecil, ini sangat tidak adil untuk bangsa, justru pengusaha kecil yang memberikan subsidi kepada pengusaha besar. Untuk itu, kita harus membantu pengusaha kecil agar menjadi kuat," kata Wapres JK 

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan, tren pertumbuhan perekonomian dan jasa keuangan yang positif masih akan terus berlanjut di tahun 2019 dengan prediksi, perekonomian akan mampu tumbuh sebesar 5,3 persen dan inflasi yang tetap terjaga di level 3,5 persen guna mendukung terciptanya iklim yang kondusif.

"Kami yakin, perekonomian dan sektor jasa keuangan di tahun 2019 akan berada dalam tren perbaikan, meskipun tantangan yang kita hadapi pada tahun 2019 tidak lebih mudah dibandingkan tahun 2018. OJK akan terus berusaha memfasilitasi dan memberikan kemudahan dalam mendukung sektor-sektor prioritas pemerintah melalui kebijakan dan inisiatif," kata Wimboh. (kjcom)


Tag : #Fachrori Umar #Otoritas Jasa Keuangan



Berita Terbaru

 

Jumat, 22 Maret 2019 17:10 WIB

Pasca Banjir, Warga Banyak yang Terjangkit Penyakit Kulit


Kajanglako.com, Sarolangun - Pasca banjir yang melanda Kabupaten Sarolangun, Dinas Kesehatan Sarolangun menemukan banyak masyarakat yang terserang penyakit

 

Jumat, 22 Maret 2019 17:08 WIB

Kekurangan Bides, Dinkes Usulkan Bidan yang Lulus CPNS Ditempatkan di Desa


Kajanglako.com, Sarolangun - Hingga saat ini Kabupaten Sarolangun masih mengalami kekurangan tenaga Bidan Desa, terutama untuk desa yang baru dimekarkan

 

Jumat, 22 Maret 2019 16:49 WIB

KPU Sarolangun Kekurangan Surat Suara 84 Ribu Lembar


Kajanglako.com, Sarolangun - Setelah  selesai dilakukan pelipatan dan penyortiran kertas suara, KPU menemukan sekitar puluhan ribu lembar surat suara dinyatakan rusak

 

Jumat, 22 Maret 2019 16:38 WIB

Ratusan Personel Gabungan Ikuti Apel Pengaman Pemilu 2019


Kajanglako.com, Jambi - Jumat Pagi(22/3), digelar apel gabungan bersama ratusan Anggota TNI-Polri dan Pemprov Jambi serta komponen masyarakat guna mematangkan

 

Jumat, 22 Maret 2019 16:37 WIB

Bupati Mashuri Serahkan SK ke 200 CPNS Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, Mashuri, menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada sebanyak 200 Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ), Jumat (22/03). Penyerahan