Senin, 23 April 2018


Senin, 16 Oktober 2017 23:00 WIB

Sineas Jambi Raih Anugerah Gelar Apresiasi Film Kebudayaan

Reporter :
Kategori : Ragam

Ki-ka: perwakilan Jambi, Seen Popo Hadi (pertama) dan M Ali Surakhman (keempat) bersama kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto dan Kadis Kebudayaan Riau, Yoserizal Zen dan finalis lomba film dokumenter kebudayaan di Hotel Alpha, Pekanbaru, Selasa (10/10).

Anugerah Gelar Apresiasi Film Kebudayaan (Grafika) 2 yang ditaja Balai Pelestarian Nilai Budaya(BPNB) Kepri berlangsung sukses di Grand Ballroom Hotel Alpha, Pekanbaru, Kamis (12/10) lalu.

Sineas Kepri, Fauzan Azima dan Muhammad Kurniawan tampil sebagai pemenang pertama dan kedua. Fauzan mengangkat film dengan judul Jong, sebuah permainan orang Melayu Kepri. Sementara, Muhammad Kurniawan tampil dengan karyanya Wayang Cecak, tradisi dari Pulau Penyengat, Kepri.



Sementara empat finalis lainnya adalah M Ali Surakhman asal Jambi dengan karya Nyaleh Guru, disusul Heru Sandra H dari Meranti (Riau) judul karya Bah Jamel. Pemenang harapan II Ihsan Idam Dewindra dari Pangkalpinang (Babel) dengan karya Dulang Nganggung dan pemenang harapan III Sean Popo Hardi dari Jambi dengan karya Sko.

Grafika 2 kali ini tak hanya pemberian anugrah, tapi juga workshop film kebudayaan di dua lokasi, yakni Hotel Alpha, Pekanbaru dan Taman Gemala, Dinas Kebudayaan Riau. Ada enam narasumber dalam workshop film dokumenter yaitu Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto, Kadis Kebudayaan Riau, Yoserizal Zen, dan DR Elmustian Rahman. Sementara, untuk praktek lapangan menghadirkan sineas Iska M Sutardi (Jakarta), Ary Sastra (Tanjungpinang) dan Sendy Al Pagari.

Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto meminta data-data kebudayaan dikumpulkan dengan cara aktif melakukan perekaman.  Dalam WBTB, katanya perlu semangat untuk senantiasa dicata. "Catat saja tak cukup. Maka perlu rekam dan rekam. Semua karya budaya harus direkam. Tak punya kamera, dengan gadget juga bisa. Manfaatkan potensi untuk merekam,"kata Toto.

Ketua Panitia Grafika 2, Dedi Arman, mengucapkan animo peserta workshop film luar biasa. Mereka berasal dari berbagai komunitas film yang ada di Pekanbaru, termasuk dari Meranti dan Indragiri Hilir. "Kawan-kawan dari Dewan Kesenian Riau dapat menjaring peserta yang berkualitas. Kita harap tahun depan, insyallah ada Grafika 3. Makin banyak karya yang dikirim untuk lomba film dokumenter,"kata Dedi.

Dalam lomba film dokumenter ini ada 12 karya film yang masuk dan dipilih enam finalis. Pemuncak (Juara) I lomba film ini memperoleh hadiah Rp 6 juta, juara II Rp 4 juta,  juara III Rp 2,5 juta, pemuncak harapan 1 Rp2 juta, pemuncak harapan 2 Rp1,5 juta dan pemuncak harapan 3 Rp1,25 juta. Hadiah pemenang dipotong pajak.  


Tag : #film #Jambi #Sko #Sumatra #BPNB Kepri



Berita Terbaru

 

Pilkada Merangin 2018
Minggu, 22 April 2018 17:34 WIB

Sudah Lantik 23 Ribu Tim Pemenangan, Hamas Targetkan Menang Telak


Kajanglako.com, Merangin - Pasangan nomor urut 2, Al Haris - Mashuri (Hamas) terus memantapkan tim pemenangangannya hingga seluruh kecamatan di Kabupaten

 

Pilpres 2019
Minggu, 22 April 2018 16:03 WIB

Relawan Anis Matta: Diperlukan Sosok untuk Perubahan Bangsa


Kajanglako.com, Jambi - Relawan Anis Matta makin bergerilya ke berbagai daerah untuk makin mengenalkan jagoannya tersebut sebagai modal sebagai di Pilpres

 

Minggu, 22 April 2018 15:41 WIB

Illegal Drailing di Pompa Air Kian Menggila, Anak Sekolah Bahkan Terlibat


Kajanglako.com, Batanghari - Sudah berulang kali aktifitas Illegal Drailing yang berlokasi di Desa Pompa Air Kecamatan Bajubang ditutup.  Namun sepertinya

 

Pilkada Kerinci 2018
Minggu, 22 April 2018 15:09 WIB

Buktikan Dukungan, Warga Kayu Aro Coblos Zainal-Arsal


Kajanglako.com, Kerinci - Warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Kayu Aro sepakat mencoblos pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci nomor urut 3 Zainal

 

Minggu, 22 April 2018 11:06 WIB

Ini 6 Besar Calon Komisioner KPU 7 Kabupaten di Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Tes wawancara bagi calon Anggota KPU 7 Kabupaten rampung dilaksanakan Tim Seleksi.    Berdasarkan pengumuman hasil rapat