Jumat, 18 Januari 2019


Sabtu, 05 Januari 2019 16:42 WIB

5 Dewan Sarolangun Pindah Parpol Dilaporkan ke Bawaslu

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono

Kajanglako.com, Sarolangun - Sidang dugaan pelanggaran administratif yang bergulir di Bawaslu Sarolangun, dengan terlapor Ketua DPRD Sarolangun Syaihu Cs terus berlanjut.

Belum tuntas perkara tersebut, kini Bawaslu kembali menerima laporan pelanggaran serupa yang dilaporkan Partai Hanura.



Ketua Bawaslu Sarolangun, Edi Martono mengakui sudah menerima laporan perkara dugaan pelanggaran yang sama, seperti apa yang dilaporkan oleh perkara sebelumnya.

"Yaitu pelanggaraan yang dilakukan anggota dewan masih aktif di kursi DPRD Sarolangun dari Partai Hanura, yang sekarang nyaleg melalui partai lain," katanya.

Dua Anggota Dewan aktif yang dilaporkan oleh Partai Hanura ke Bawaslu, yakni Mulyadi dan Cik Marleni.

Cik Marleni yang merupakan adik kandung Bupati Cek Endra dari Partai Hanura pindah ke Golkar, dan Mulyadi dari Hanura pindah ke PKB.

"Tuntutan pelapor meminta mendiskualifikasikan terlapor dari DCT pemilihan Calon Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun. Namun untuk mendiskualifikasi harus dibuktikan terlebih dahulu apakah benar para terlapor ini memang aktif sebagai anggota dewan atau tidak," kata Edi.

Sebelumnya, Bawaslu telah menerima laporan dari Ketua DPC PDIP Sarolangun, Sahrul Gunawan, terhadap tiga anggota dewan aktif yang mencalonkan kembali di Pileg pindah Parpol. Salah satunya Ketua DPRD Sarolangun, M Saihu. Saat ini, sidang laporan tersebut masih berjalan.

"Putusan belum bisa disampaikan, dua Anggota Bawaslu sedang koordinasi ke Provinsi, putusannya tanggal 7 Januari," kata Edi Martono.

Edi mengatakan, jika penetapan DPT di Kabupaten Sarolangun agak unik dari kabupaten lainnya, sebab secara aturan untuk DCT. Baik di PKPU atau Perbawaslu mengatakan bahwa untuk dimasukkan DCT itu bagi anggota dewan aktif yang mencalonkan kembali namun pindah partai harus mengundurkan diri dari anggota dewan.

"Pengunduran diri itu tidak bisa ditarik kembali," katanya. (kjcom)


Tag : #Bawaslu Sarolangun #Caleg #Pemilu 2019



Berita Terbaru

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil

 

Jumat, 18 Januari 2019 13:30 WIB

SK Pemberhentian Zola sebagai Gubernur Sudah Diteken Presiden


Kajangalako,com. Jambi - SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 akhirnya ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo. Kabar ini

 

Jumat, 18 Januari 2019 11:33 WIB

Jualan Sabu, Pegawai Honorer Ditangkap saat Menunggu Pembeli


Kajanglako.com, Merangin - Satresnarkoba Polres Merangin kembali berhasil mengamankan seorang pelaku penyalahgunaan Narkotika. Kali ini seorang pegawai

 

Jumat, 18 Januari 2019 06:16 WIB

Ular Piton 3 Meter Hadang Jalan, Satu Pengendara Dipatuk


Kajanglako.com, Bungo - Ular Piton berukuran panjang 3 meter berhasil ditangkap oleh warga di Kabupaten Bungo saat melintasi jalan dalam kota, akibatnya