Selasa, 25 Juni 2019


Sabtu, 05 Januari 2019 16:42 WIB

5 Dewan Sarolangun Pindah Parpol Dilaporkan ke Bawaslu

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Politik

Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono

Kajanglako.com, Sarolangun - Sidang dugaan pelanggaran administratif yang bergulir di Bawaslu Sarolangun, dengan terlapor Ketua DPRD Sarolangun Syaihu Cs terus berlanjut.

Belum tuntas perkara tersebut, kini Bawaslu kembali menerima laporan pelanggaran serupa yang dilaporkan Partai Hanura.



Ketua Bawaslu Sarolangun, Edi Martono mengakui sudah menerima laporan perkara dugaan pelanggaran yang sama, seperti apa yang dilaporkan oleh perkara sebelumnya.

"Yaitu pelanggaraan yang dilakukan anggota dewan masih aktif di kursi DPRD Sarolangun dari Partai Hanura, yang sekarang nyaleg melalui partai lain," katanya.

Dua Anggota Dewan aktif yang dilaporkan oleh Partai Hanura ke Bawaslu, yakni Mulyadi dan Cik Marleni.

Cik Marleni yang merupakan adik kandung Bupati Cek Endra dari Partai Hanura pindah ke Golkar, dan Mulyadi dari Hanura pindah ke PKB.

"Tuntutan pelapor meminta mendiskualifikasikan terlapor dari DCT pemilihan Calon Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun. Namun untuk mendiskualifikasi harus dibuktikan terlebih dahulu apakah benar para terlapor ini memang aktif sebagai anggota dewan atau tidak," kata Edi.

Sebelumnya, Bawaslu telah menerima laporan dari Ketua DPC PDIP Sarolangun, Sahrul Gunawan, terhadap tiga anggota dewan aktif yang mencalonkan kembali di Pileg pindah Parpol. Salah satunya Ketua DPRD Sarolangun, M Saihu. Saat ini, sidang laporan tersebut masih berjalan.

"Putusan belum bisa disampaikan, dua Anggota Bawaslu sedang koordinasi ke Provinsi, putusannya tanggal 7 Januari," kata Edi Martono.

Edi mengatakan, jika penetapan DPT di Kabupaten Sarolangun agak unik dari kabupaten lainnya, sebab secara aturan untuk DCT. Baik di PKPU atau Perbawaslu mengatakan bahwa untuk dimasukkan DCT itu bagi anggota dewan aktif yang mencalonkan kembali namun pindah partai harus mengundurkan diri dari anggota dewan.

"Pengunduran diri itu tidak bisa ditarik kembali," katanya. (kjcom)


Tag : #Bawaslu Sarolangun #Caleg #Pemilu 2019



Berita Terbaru

 

Pidana Pemilu
Selasa, 25 Juni 2019 18:02 WIB

Akui Coblos Sisa Surat Suara di Persidangan, Ini Tuntutan JPU kepada Terdakwa


Akui Coblos Sisa Surat Suara di Persidangan, Ini Tuntutan JPU kepada Terdakwa Kajanglako.com, Sarolangun – Sedikitnya lima orang terdakwa tindak

 

Selasa, 25 Juni 2019 17:40 WIB

HUT Bhayangkara ke 73, Polri dan TNI Kunjungi Kediaman Suku Anak Dalam


HUT Bhayangkara ke 73, Polri dan TNI Kunjungi Kediaman Suku Anak Dalam Kajanglako.com, Sarolangun – Polri dan TNI berkunjung ke kediaman Suku Anak

 

Sail Nias Sumut 2019
Selasa, 25 Juni 2019 17:29 WIB

Tiga Anak Muda ini Wakili Jambi di Sail Nias Sumut 2019


Tiga Anak Muda ini Wakili Jambi di Sail Nias Sumut 2019 Kajanglako.com, Jambi – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Provinsi Jambi mengutus

 

Pilbup Batanghari 2020
Selasa, 25 Juni 2019 15:15 WIB

Bermodal Raih 4.923 Suara di Pileg Lalu, Yuninta Asmara Disebut Layak Maju di Pilkada Batanghari


Bermodal Raih 4.923 Suara di Pileg Lalu, Yuninta Asmara Disebut Layak Maju di Pilkada Batanghari Kajanglako.com, Batanghari – Yuninta Asmara, istri

 

Selasa, 25 Juni 2019 14:54 WIB

Dinas Pendidikan Pemprov Disebut Tak Mampu Urus SMA/SMK, Ini Tanggapan Gubernur Fachrori


Dinas Pendidikan Pemprov Disebut Tak Mampu Urus SMA/SMK, Ini Tanggapan Gubernur Fachrori Kajanglako.com, Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi melalui