Selasa, 25 Juni 2019


Sabtu, 22 Desember 2018 14:07 WIB

Hiburan Bernuansa Religi dan Syarhil Qur’an Meriahkan Festival Kampung Senaung 2018 Pada Malam Hari Pertama

Reporter : Wenny Ira R
Kategori : Ragam

Hiburan Religi di Festival Kampung Senaung 2018 (Foto:Kajanglako/Wenny)

Kajanglako.com, Muaro Jambi - Festival Kampung Senaung 2018 tak hanya sukses dibuka meriah dan dipadati pengunjung pada pembukaan Jumat, 21 Desember 2018 siangnya. Pada malam harinya, pengunjung dari dalam dan luar Senaung juga memadati area utama panggung festival maupun stand kuliner dan spot foto selfie. Malam itu, acara lebih didominasi dengan nuansa religi yang merupakan ciri khas kuatnya unsur agama Islam melekat pada masyarakat Senaung.

Empat pembawa acara  yang merupakan putra-putri terbaik Senaung memandu jalannya acara malam itu dari atas panggung utama yang berlanskap cantik nan elok dipinggir sungai Batanghari. Tentunya malam hari kali ini, cahaya lampu sorot menambah cantik suasana panggung terbuka yang didesain unik mencirikan kehidupan pinggir sungai dengan simbol-simbol seperti keberadaan tangkul alat tradisional penangkap ikan yang tergantung diatas panggung. Begitu juga dengan simbol bubu, jala ikan dan perahu yang diletakan sebagai instalasi di kiri-kanan panggung.



Seorang anak laki-laki tampil membuka acara dengan membacakan hafalan surat Annabah yang dibacakan amat merdu. Sebuah surat dalam kitab Al-Qur’an yang menyiratkan makna ketabahan dan perjuangan dalam menegakkan kebenaran.

Selanjutnya kelompok rebana ibu-ibu bernama Eka Ria yang telah ada sejak tahun 1965 di desa Senaung dan telah memenangi berbagai ajang kompetisi hingga tingkat nasional, meramaikan panggung melagukan nyanyian bernuansa Islami dengan apik dan kenes.

Tak hanya itu, rebana remaja putri juga tampil tak kalah kenes dan meriahnya menyanyikan lagu bernafas Islami, tak monoton karena diselingi dengan gerakan-gerakan sambil menabuh rebana. Penonton pun semakin berjejal hingga ke depan panggung utama.

Disamping itu, senandung sholawat yang merdu dibawakan remaja putri lainnya memecah malam hari pertama Festival Kampung Senaung 2018 yang luar biasa mendapat antusiasme masyarakat itu.

Penampilan Syarhil Qur’an menutup kemeriahan acara malam itu dengan tausyiah keagamaan yang bertema kepemimpinan dalam Al-Qur’an. Tiga orang berdiri diatas panggung utama membawakan Syarhil Qur’an dengan apik dan puitis. Satu orang sebagai penceramah, satu orang sebagai pembaca ayat Al-Qur’an dan satu orang sebagai penerjemah ayat Al-qur’an dengan nada puitis.

Penampil Syarhil Qur’an ini juga merupakan putra-putri terbaik Senaung yang telah memenangkan kompetisi serupa baik di tingkat lokal hingga nasional. (Kjcom)


Tag : #Muaro Jambi #Jambi #Festival Kampung Senaung #2018 #budaya #daerah



Berita Terbaru

 

Senin, 24 Juni 2019 21:14 WIB

Malam Dana buat Sang Maestro


Malam Dana buat Sang Maestro Kajanglako.com, Jambi - Kisah seniman asal Muaro Jambi, Pak Saidin, yang berjuang melawan penyakit tumornya telah mengetuk

 

Senin, 24 Juni 2019 20:53 WIB

Wahyudin, Kadispora Provinsi Jambi Diduga Lecehkan dan Tantang Awak Media


Wahyudin, Kadispora Provinsi Jambi Diduga Lecehkan dan Tantang Awak Media Kajanglako.com, Jambi – Sikap tidak etis terhadap jurnalis Jambi, di duga

 

Paripurna Dewan
Senin, 24 Juni 2019 20:18 WIB

Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2018 Muaro Jambi Disetujui Dewan


Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2018 Muaro Jambi Disetujui Dewan Kajanglako.com, Muaro Jambi – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Muaro

 

Senin, 24 Juni 2019 20:01 WIB

Bupati Romi Beserta Wabup Robby, Panen Sumbun di Festival Sumbun Kampung Laut


Bupati Romi Beserta Wabup Robby, Panen Sumbun di Festival Sumbun Kampung Laut Kajanglako.com, Tanjabtim - Agenda tahunan pelaksanaan Festival Sumbun Kampung

 

Pilbup Batanghari 2020
Senin, 24 Juni 2019 18:55 WIB

Disebut Dapat Dukungan Masyarakat, Kader Demokrat Batanghari Siap Usung Camelia di Pilbup 2020


Disebut Dapat Dukungan Masyarakat, Kader Demokrat Batanghari Siap Usung Camelia di Pilbup 2020 Kajanglako.com, Batanghari – Tidak hanya Pemilihan