Jumat, 14 Desember 2018


Minggu, 02 Desember 2018 13:56 WIB

Heben Ezer: Banyak Tour Travel Hanya Copy Paste Kegiatan Tour

Reporter : Wenny Ira R
Kategori : Bisnis

Pelatihan Tour Planner dan Tour Leader DPD Astindo Jambi/ foto: Wenny Ira R

Kajanglako.com, Jambi - Bertempat di Hotel Infinity, Kota Jambi, Astindo (Asosiasi Travel Agent Indonesia) DPD Jambi menggelar pelatihan Tour Planner dan Tour Leader selama dua hari, dari tanggal 30 November 2018 sd 1 Desember 2018.

Acara ini dihadiri oleh peserta travel agen anggota ASTINDO dan umum. Hadir sebagai pembicara utama yaitu Heben Ezer, praktisi di bidang tour planner dan tour leader yang telah malang-melintang di bidangnya sejak tahun 1986 baik di dalam maupun ke luar negeri.



Terkait diadakannya pelatihan ini, Nilawaty (Sekretaris Eksekutif Astindo DPD Jambi) mengatakan bahwa selain masih banyaknya perusahaan travel agen di Jambi yang masih belum menguasai bidang tour planner dengan baik, pelatihan ini ditujukan agar Sumber Daya Manusia (SDM) Tour travel Jambi memiliki daya saing tinggi dan mampu menghadapi era globalisasi dan era informasi serta menunjang permintaan pemerintah yang mencanangkan sepuluh juta wisatawan domestik dan mancanegara dari seluruh Indonesia dan dunia.

Pada kesempatan ini, Heben Ezer mengemukakan bahwa data di Kementerian Pariwisata menyebutkan terdapat aliran wisatawan sekitar tiga belas juta orang di dunia, dan untuk aliran wisatawan ke nusantara sekitar dua juta orang.

“Dari data tersebut, Jambi kebagian berapa?,” tanyanya menggelitik peserta yang hadir. Padahal menurutnya banyak potensi wisata baik alam, budaya maupun sejarah Jambi yang dapat dijual sebagai paket wisata ke dalam maupun ke luar negeri.

Daerah terdekat Jambi, yaitu Jakarta misalnya, menurut Heben Ezer merupakan pasar potensial bagi Jambi untuk menjual paket tour baik yang menyasar keluarga, korporasi, individu maupun institusi pendidikan. Tinggal bagaimana cara menjualnya di era digital ini dengan pemanfaatan teknologi yang memungkinkan penujualan secara gratis dan program tour  seperti apa yang akan dibuat agar menarik wisatawan.

Heben Ezer juga menegaskan bahwa pembuatan paket tour harus inovatif dan kreatif, bukan asal copy-paste program tour sejenis yang dilakukan oleh travel agen lain.

“Selama ini banyak travel agen hanya melakukan copy-paste program tour agen (travel) lain, tanpa tahu makna dari program tersebut. Akibatnya banyak program tour yang dijual makin kehilangan makna, hanya program perjalanan semata,” ungkapnya.

Oleh karena itu menurutnya, seorang tour planner harus terus berinovasi, kreatif dan cerdas membuat program tour. “Bagaimana seorang tour planner membuat program tour tidak hanya masalah perjalanan kunjungan semata, tetapi juga memberi kesan dan makna perjalanan pada program tour sehingga wisatawan tertarik untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata yang kita jual,” tegasnya.

Maka dalam kegiatan pelatihan ini, Heben Ezer menghimbau peserta untuk open minded dalam mengembangkan program tour dan kerjasama di dalam maupun luar negeri. Untuk itu peserta dilatih membuat rencana tour yang kreatif, inovatif serta mengajak si perencana ikut merasakan bagaimana seolah-olah menjadi peserta tour ketika membuat rancangan programnya.

Putri salah satu peserta yang mewakili Rayhana Tour mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat karena menambah pengetahuannya dalam menjalankan bisnis tour travel.  Menurutnya ternyata menyusun program tour dan merencanakan sebuah perjalanan itu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Melalui pelatihan ini Putri menjadi tahu apa saja yang harus disusun dalam perjalanan untuk membuat perjalanan yang menyenangkan dan mengesankan.

Taufik, Ketua Astindo DPD Jambi mengatakan bahwa setelah pelatihan ini, ke depan akan terus mengembangkan pelatihan sebagai upaya penguatan kapasitas SDM Tour Travel di Jambi dalam bentuk antara lain seperti; service excelent, pengembangan web atau media digital, dan juga aksi penggalangan donor darah, hingga kegiatan explore destinasi wisata bersama ke Kerinci, Berbak, Merangin hingga fun trip  ke Jepang. (kjcom)


Tag : #Wisata Jambi #Pesona Jambi #Astindo



Berita Terbaru

 

Kamis, 13 Desember 2018 21:55 WIB

Razia Gabungan, Kendaraan Mati Pajak Ditindak


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Satuan Lantas (Satlantas) Polres Muaro Jambi bersama dengan Samsat, Dispenda dan Jasa Raharja menggelar razia gabungan, Kamis

 

Festival Kampung Senaung
Kamis, 13 Desember 2018 21:50 WIB

Peluncuran dan Bedah Kamus Bahasa Senaung, Tingkatkan Pelestarian Budaya


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Upaya meningkatkan pelestarian budaya lokal, Pemerintah Desa Senaung Kabupaten, Muaro Jambi, melakukan peluncuran kamus Bahasa

 

Pungli
Kamis, 13 Desember 2018 21:16 WIB

Diduga Marak Pungli, Siswa SMAN 3 Sarolangun Tuntut Kepsek Mundur dari Jabatannya


Kajanglako.com, Sarolangun - Siswa  SMA Negeri  3 Sarolangun di Kecamatan  Pauh  berunjuk rasa di sekolah, mereka menuntut agar Kepala

 

Ngopi Bareng Antashari
Kamis, 13 Desember 2018 20:09 WIB

Ngopi Bareng di Hellosapa, Mantan Ketua KPK ini Bicara Harusnya Hukuman Seorang Koruptor


Kajanglako.com, Jambi – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antashari Azhar, Kamis siang (13/12) menyambangi Coffe Shop Hellosapa di

 

Curanmor
Kamis, 13 Desember 2018 18:08 WIB

Polisi Ringkus Pelaku Curanmor Asal Muratara yang Beraksi di Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Unit Reskrim Polsek Sarolangun berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pelaku yang ditangkap merupakan