Kamis, 21 Februari 2019


Rabu, 21 November 2018 22:58 WIB

Bawaslu Muaro Jambi Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

Reporter : Voviarizandi
Kategori : Inforial Berita Politik

Sosialisasi Partisipasi Pemilu 2019, Bawaslu Muaro Jambi (foto:Kajanglako.com/Vovi)

Kajanglako.com, Jambi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muaro Jambi terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum dari berbagai lapisan dalam rangka pengawasan partisipatif pemilu 2019.

Kali ini Bawaslu Muarojambi melakukan sosialisasi dengan tema 'Pengembangan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Mengajak Peran Serta Masyarakat Dalam Rangka Mengawasi Pemilu Tahun 2019'.



Acara ini dihadiri oleh Penyuluh Agama, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), Lembaga Adat Melayu di lingkup 11 Kecamatan di Kabupaten Muarojambi, Rabu (21/11) di salah satu Hotel di Kota Jambi.

Antoni SN, Koordinator Kesekretariatan Bawaslu Muaro Jambi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk mengawasi jalannya Pemilu, mencegah pelanggaran Pemilu dan melaporkan bila terjadi perlanggaran Pemilu ke Bawaslu atau Panwaslu di tingkat kecamatan.

Ketua Bawaslu Muaro jambi, Yusuf dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara menjelaskan sosialisasi sudah dilaksanakan beberapa kali dan hari ini untuk Dai yang ada di kecamatan.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini di seluruh tingkat kecamatan bisa mengetahui regulasi dan aturan yang ada di Pemilu ke depan.

"Ini sejarah demokrasi dengan pemilihan serentak yang pertama kali di Indonesia, dan ini diharapkan semua aturan-aturan yang boleh dan tidak ini harus tahu," kata Yusuf.

Ia menjelaskan bahwa Pemilu serentak nanti yang akan dilaksanakan ada lima kotak suara di setiap TPS, kemudian ada yang namanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) namun diharapkan tidak hanya sebatas itu saja masyarakat yang tahu.

"Masyarakat tidak hanya mengerti urusan Pemilu sebatas KPU tetapi di situ ada Bawaslu. Dan ini yang harus disampaikan kepada masyarakat, terutama masyarakat di Kabupaten Muaro Jambi. Bawaslu di tingkat kabupaten berdasarkan regulasi kalau dulu bernama Panwaslu dan berdasarkan amanat regulasi kita mengawasi di seluruh tahapan Pemilu dari pendaftaran hingga penghitungan suara dan penetapan," terangnya.

Disampaikannya, bahwa berbagai upaya Caleg untuk melakukan kampanye. Dikatakannya bahwa dalam kampanye tidak boleh dilakukan di tempat pendidikan, tempat ibadah, secara regulasi memang tanggung jawab Bawaslu tetapi secara hakekat menjadi tanggung jawab semua.

"Bawaslu berharap kepada masyarakat dapat memberikan laporan pelanggaran, meskipun dalam masalah ini ada syarat formil dan materiil yang harus ditaati, dan batasan waktu hanya 3 hari. Dan di sini tugas kita, dan bisa mensosialisasikan pengawasan. Jika Pemilu di tahun sebelumnya pelanggaran baik yang memberi atau menerima sekarang dirubah hanya pemberi yang mendapatkan sanksi," katanya. (kjcom)


Tag : #Pemilu 2019 #Bawaslu Muarojambi #Bawaslu



Berita Terbaru

 

Rabu, 20 Februari 2019 20:17 WIB

Bikin Merinding!! Mawardi Cerita Terdengar Suara Misterius di Pohon Pisang Miliknya


Kajanglako.com, Sarolangun - Kejadian misterius dan bikin bulu kuduk merinding dialami Mawardi, dari arah pohon pisang yang tumbuh tepat di perkarangan

 

Rabu, 20 Februari 2019 20:15 WIB

Pemkab Sarolangun Akan Lelang Terbuka 26 Kendaraan Dinas


Kajanglako.com, Sarolangun - Pemkab Sarolangun melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan melakukan pelelangan 26 kendaraan dinas,

 

Rabu, 20 Februari 2019 19:40 WIB

4 Mantan Pimpinan DPRD Sarolangun Belum Kembalikan Mobil Dinas


Kajanglako.com, Sarolangun - Empat mantan unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun membandel, mereka belum mengembalikan aset milik daerah berupa mobil

 

Pemilu 2019
Rabu, 20 Februari 2019 19:11 WIB

30 Kotak Suara Rusak Tak Layak Pakai Belum Diganti


Kajanglako.com, Batanghari - Pesta demokrasi akan digelar pada 17 April 2019 mendatang. Untuk menghadapi perhelatan akbar tersebut, KPU RI hingga KPUD

 

Rabu, 20 Februari 2019 19:10 WIB

Ragam Kisruh Rio di Bungo, Warga Segel hingga Bakar Kantor Desa


Kajanglako.com, Bungo - Berbagai kisruh di tingkat dusun di Kabupaten Bungo menjadi sejarah hitam dalam dua tahun terakhir, banyak terjadi konflik di tengah