Jumat, 14 Desember 2018


Rabu, 21 November 2018 22:58 WIB

Bawaslu Muaro Jambi Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

Reporter : Voviarizandi
Kategori : Inforial Berita Politik

Sosialisasi Partisipasi Pemilu 2019, Bawaslu Muaro Jambi (foto:Kajanglako.com/Vovi)

Kajanglako.com, Jambi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muaro Jambi terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum dari berbagai lapisan dalam rangka pengawasan partisipatif pemilu 2019.

Kali ini Bawaslu Muarojambi melakukan sosialisasi dengan tema 'Pengembangan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Mengajak Peran Serta Masyarakat Dalam Rangka Mengawasi Pemilu Tahun 2019'.



Acara ini dihadiri oleh Penyuluh Agama, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), Lembaga Adat Melayu di lingkup 11 Kecamatan di Kabupaten Muarojambi, Rabu (21/11) di salah satu Hotel di Kota Jambi.

Antoni SN, Koordinator Kesekretariatan Bawaslu Muaro Jambi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk mengawasi jalannya Pemilu, mencegah pelanggaran Pemilu dan melaporkan bila terjadi perlanggaran Pemilu ke Bawaslu atau Panwaslu di tingkat kecamatan.

Ketua Bawaslu Muaro jambi, Yusuf dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara menjelaskan sosialisasi sudah dilaksanakan beberapa kali dan hari ini untuk Dai yang ada di kecamatan.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini di seluruh tingkat kecamatan bisa mengetahui regulasi dan aturan yang ada di Pemilu ke depan.

"Ini sejarah demokrasi dengan pemilihan serentak yang pertama kali di Indonesia, dan ini diharapkan semua aturan-aturan yang boleh dan tidak ini harus tahu," kata Yusuf.

Ia menjelaskan bahwa Pemilu serentak nanti yang akan dilaksanakan ada lima kotak suara di setiap TPS, kemudian ada yang namanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) namun diharapkan tidak hanya sebatas itu saja masyarakat yang tahu.

"Masyarakat tidak hanya mengerti urusan Pemilu sebatas KPU tetapi di situ ada Bawaslu. Dan ini yang harus disampaikan kepada masyarakat, terutama masyarakat di Kabupaten Muaro Jambi. Bawaslu di tingkat kabupaten berdasarkan regulasi kalau dulu bernama Panwaslu dan berdasarkan amanat regulasi kita mengawasi di seluruh tahapan Pemilu dari pendaftaran hingga penghitungan suara dan penetapan," terangnya.

Disampaikannya, bahwa berbagai upaya Caleg untuk melakukan kampanye. Dikatakannya bahwa dalam kampanye tidak boleh dilakukan di tempat pendidikan, tempat ibadah, secara regulasi memang tanggung jawab Bawaslu tetapi secara hakekat menjadi tanggung jawab semua.

"Bawaslu berharap kepada masyarakat dapat memberikan laporan pelanggaran, meskipun dalam masalah ini ada syarat formil dan materiil yang harus ditaati, dan batasan waktu hanya 3 hari. Dan di sini tugas kita, dan bisa mensosialisasikan pengawasan. Jika Pemilu di tahun sebelumnya pelanggaran baik yang memberi atau menerima sekarang dirubah hanya pemberi yang mendapatkan sanksi," katanya. (kjcom)


Tag : #Pemilu 2019 #Bawaslu Muarojambi #Bawaslu



Berita Terbaru

 

Kamis, 13 Desember 2018 21:55 WIB

Razia Gabungan, Kendaraan Mati Pajak Ditindak


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Satuan Lantas (Satlantas) Polres Muaro Jambi bersama dengan Samsat, Dispenda dan Jasa Raharja menggelar razia gabungan, Kamis

 

Festival Kampung Senaung
Kamis, 13 Desember 2018 21:50 WIB

Peluncuran dan Bedah Kamus Bahasa Senaung, Tingkatkan Pelestarian Budaya


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Upaya meningkatkan pelestarian budaya lokal, Pemerintah Desa Senaung Kabupaten, Muaro Jambi, melakukan peluncuran kamus Bahasa

 

Pungli
Kamis, 13 Desember 2018 21:16 WIB

Diduga Marak Pungli, Siswa SMAN 3 Sarolangun Tuntut Kepsek Mundur dari Jabatannya


Kajanglako.com, Sarolangun - Siswa  SMA Negeri  3 Sarolangun di Kecamatan  Pauh  berunjuk rasa di sekolah, mereka menuntut agar Kepala

 

Ngopi Bareng Antashari
Kamis, 13 Desember 2018 20:09 WIB

Ngopi Bareng di Hellosapa, Mantan Ketua KPK ini Bicara Harusnya Hukuman Seorang Koruptor


Kajanglako.com, Jambi – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antashari Azhar, Kamis siang (13/12) menyambangi Coffe Shop Hellosapa di

 

Curanmor
Kamis, 13 Desember 2018 18:08 WIB

Polisi Ringkus Pelaku Curanmor Asal Muratara yang Beraksi di Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Unit Reskrim Polsek Sarolangun berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pelaku yang ditangkap merupakan