Kamis, 21 Februari 2019


Sabtu, 17 November 2018 21:03 WIB

Olah Batu Putih Hasil Tambang PETI, Hamsiah Kantongi Rp2 Juta/Bulan

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam

Hamsiah melayani warga yang membeli batu putih untuk taman ataupun aquarium

Kajanglako.com, Sarolangun – Bongkahan batu alam hasil aktiviyas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) benar-benar dimanfaatkan warga Desa Muara Danau, Kecamatan Pelawan.

Batu alam berwarna putih dan hitam itu diolah warga, dengan dibersihkan hingga memiliki nilai jual dan sering digunakan untuk penghias taman.



Seperti yang dilakukan Hamsiah, agar batu menjadi  bersih dan putih. Batu dicuci dengan menggunakan air yang dicampur dengan air keras cuka getah, setelah putih dan bersih, batu dijemur hingga kering dan dikemas ke dalam karung berukuran 20 Kg dan siap untuk dijual.

“Batu ini sering disebut dengan sebutan batu putih, yang manfaatnyadapat digunakan sebagai batu hiasan taman maupun aquarium,” katanya.

Batu putih yang telah dimasukin karung tersebut disusun di pinggir jalan lintas sumatera, Hamsiah mengatakan pembeli  batu putih tidak hanya dari Provinsi Jambi saja, melainkan juga dari provinsi tetangga.

“Saat melintas jalan ini, biasanya mereka menyempatkan diri untuk mampir dan membeli batu putih, seperti dari Provinsi Sumatra Barat, Riau, Medan, Palembang serta Bengkulu,” katanya.

Untuk batu putih dijual dengan harga Rp15 ribu perkarung, sementara batu yang berwarna hitam dijual dengan harga Rp 20 ribu perkarung. Dari hasil penjualan itu, Hamsiah rata-rata setiap bulannya mengantongi omset sekitar Rp2 juta.

“Hasil penjualan batu bisa membantu ekonomi keluarga,” katanya.

Bahkan, saat memasuki hari raya idul fitri dan natal, Hamsiah mengatakan biasanya permintaan batu putih meningkat. (kjcom)


Tag : #Sarolangun #Batu Putih



Berita Terbaru

 

Rabu, 20 Februari 2019 20:17 WIB

Bikin Merinding!! Mawardi Cerita Terdengar Suara Misterius di Pohon Pisang Miliknya


Kajanglako.com, Sarolangun - Kejadian misterius dan bikin bulu kuduk merinding dialami Mawardi, dari arah pohon pisang yang tumbuh tepat di perkarangan

 

Rabu, 20 Februari 2019 20:15 WIB

Pemkab Sarolangun Akan Lelang Terbuka 26 Kendaraan Dinas


Kajanglako.com, Sarolangun - Pemkab Sarolangun melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan melakukan pelelangan 26 kendaraan dinas,

 

Rabu, 20 Februari 2019 19:40 WIB

4 Mantan Pimpinan DPRD Sarolangun Belum Kembalikan Mobil Dinas


Kajanglako.com, Sarolangun - Empat mantan unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun membandel, mereka belum mengembalikan aset milik daerah berupa mobil

 

Pemilu 2019
Rabu, 20 Februari 2019 19:11 WIB

30 Kotak Suara Rusak Tak Layak Pakai Belum Diganti


Kajanglako.com, Batanghari - Pesta demokrasi akan digelar pada 17 April 2019 mendatang. Untuk menghadapi perhelatan akbar tersebut, KPU RI hingga KPUD

 

Rabu, 20 Februari 2019 19:10 WIB

Ragam Kisruh Rio di Bungo, Warga Segel hingga Bakar Kantor Desa


Kajanglako.com, Bungo - Berbagai kisruh di tingkat dusun di Kabupaten Bungo menjadi sejarah hitam dalam dua tahun terakhir, banyak terjadi konflik di tengah