Jumat, 14 Desember 2018


Senin, 12 November 2018 21:50 WIB

Ditjen PSKL Kementerian LHK Gelar Festival PeSoNa 2018 di Jambi

Reporter : Redaksi
Kategori : Inforial

Dirjen PSKL-KLHK Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc (kanan) bersama Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Sumatera, Sahala Simanjuntak (kiri)

Kajanglako.com, Jambi – Provinsi Jambi dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival PeSoNa (Perhutanan Sosial Nusantara) 2018. Even nasional ini akan berlangsung 29 November hingga 1 Desember 2018, di Ratu Convention Center (RCC), Kota Jambi.

Dengan konsep Pesta Rakyat, Festival PeSoNa 2018 mengangkat tema “Kita Kelola Kita Sejahtera”. Even ini hasil kerjasama Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Jerman dan KFW Development Bank dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Menurut Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Sumatera, Sahala Simanjuntak UU Nomor 41 Tahun 1999 Pasal 3 huruf d menyebutkan bahwa penyelenggaran kehutanan bertujuan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, yang berkeadilan dan berkelanjutan dengan meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan kapasitas dan keberdayaan masyarakat secara partisipatif, berkeadilan dan berwawasan lingkungan sehingga mampu menciptakan ketahanan sosial dan ekonomi serta kemampuan melakukan adaptasi terhadap tekanan dari luar.

Lalu, kata dia, dalam Pasal 23 disebutkan bahwa pemanfaatan hutan bertujuan untuk memperoleh manfaat yang optimal bagi kesejahteraan seluruh masyarakat secara berkeadilan dengan tetap menjaga kelestariannya.

Regulasi itu juga diturunkan lagi dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Nomor P.83/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2016 tentang Perhutanan Sosial. Dalam P.83 ini definisi Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat atau masyarakat hukum adat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Rakyat, Hutan Adat dan Kemitraan Kehutanan.

Dalam Permen LHK No P.83 itu juga diatur tentang prinsip Perhutanan Sosial dan regulasi pemberian dan permohonan hak atau izin dan pelaksanaan kemitraan kehutanan.

“Dalam rangka penyebarluasan Perhutanan Sosial Ditjen PSKL telah menyelenggarakan Festival Rakyat PeSoNa selama dua tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2016 dan 2017. Dalam ajang tersebut, antusiasme peserta serta para stakeholder. Khususnya yang bergerak di bidang PSKL, sangat tinggi untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan acara,” katanya.

Festival PeSoNa 2018 di Provinsi Jambi sebagai estafet dengan menjadikan tradisi festival sebagai ajang memfasilitasi Forum Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) Wilayah Sumatera. Festival PeSoNa 2018 di Provinsi Jambi merupakan ajang pertemuan antar stakeholder seperti Kementerian, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) daerah yang ada di Provinsi Jambi, lembaga, NGO/LSM, dunia usaha, Pokja Percepatan Perhutanan Sosial, kelompok tani dan masyarakat.

Festival PeSoNa 2018 di Provinsi Jambi merupakan rentetan kegiatan yang juga sekaligus untuk mempromosikan hasil usaha dari Perhutanan Sosial. Festival ini juga merupakan ajang edukasi bagi kelompok-kelompok tani, untuk memahami rantai pasar terhadap produk-produk dari Perhutanan Sosial yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan hutan.

Sahala menjelaskan, penyelenggaraan Festival PeSoNa 2018 akan melibatkan peran masyarakat seluas mungkin dengan memberikan gambaran visual kepada publik tentang kondisi dan dampak pengelolaan sumber daya hutan di Indonesia, serta berbagi harapan/keinginan publik terhadap Program Perhutanan Sosial.

Festival akan digelar pada Kamis (29/10) hingga Sabtu (01/10) di Ratu Convention Centre. “Ayo ramai-ramai kita saksikan even dari rakyat untuk rakyat ini,” pungkas Sahala. (*)


Tag : #Festival Pesona 2018 #Perhutanan Sosial #Kemitraan Lingkungan #Kementerian KLHK



Berita Terbaru

 

Kamis, 13 Desember 2018 21:55 WIB

Razia Gabungan, Kendaraan Mati Pajak Ditindak


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Satuan Lantas (Satlantas) Polres Muaro Jambi bersama dengan Samsat, Dispenda dan Jasa Raharja menggelar razia gabungan, Kamis

 

Festival Kampung Senaung
Kamis, 13 Desember 2018 21:50 WIB

Peluncuran dan Bedah Kamus Bahasa Senaung, Tingkatkan Pelestarian Budaya


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Upaya meningkatkan pelestarian budaya lokal, Pemerintah Desa Senaung Kabupaten, Muaro Jambi, melakukan peluncuran kamus Bahasa

 

Pungli
Kamis, 13 Desember 2018 21:16 WIB

Diduga Marak Pungli, Siswa SMAN 3 Sarolangun Tuntut Kepsek Mundur dari Jabatannya


Kajanglako.com, Sarolangun - Siswa  SMA Negeri  3 Sarolangun di Kecamatan  Pauh  berunjuk rasa di sekolah, mereka menuntut agar Kepala

 

Ngopi Bareng Antashari
Kamis, 13 Desember 2018 20:09 WIB

Ngopi Bareng di Hellosapa, Mantan Ketua KPK ini Bicara Harusnya Hukuman Seorang Koruptor


Kajanglako.com, Jambi – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antashari Azhar, Kamis siang (13/12) menyambangi Coffe Shop Hellosapa di

 

Curanmor
Kamis, 13 Desember 2018 18:08 WIB

Polisi Ringkus Pelaku Curanmor Asal Muratara yang Beraksi di Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Unit Reskrim Polsek Sarolangun berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pelaku yang ditangkap merupakan