Kamis, 21 Maret 2019

Jumat, 09 November 2018 14:45 WIB

Pemprov Tak Mampu Urus Aset Bernilai Rp88,7 Miliar, Pemkot Jambi Ambil Alih Pengelolaan

Reporter : Juanda
Kategori : Berita Daerah

Struktur lantai Menara Getala Arasy yang mulai retak

Kajanglako.com, Jambi - Proyek monumental Jembatan Gentala Arasy dibangun dengan anggaran senilai Rp88,7 miliar dalam tiga tahun anggaran 2012 hingga 2014.

Bangunan yang dijadikan ikon Jambi itu merupakan gagasan Gubernur Jambi periode 2010-2015, Hasan Basri Agus, dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, 28 Maret 2015.



Sayangnya, saat ini kondisi Jembatan Gentala Arasy, Museum Alquran dan menara serta ruang terbuka publik di sekitarnya kondisinya sangat memprihatinkan.

Bahkan hingga kini bangunan-bangunan itu belum tersentuh perbaikan, atap genteng mulai bocor ketika hujan, struktur bangunan melai retak. 

Ditambah status pengelolaan aset Jembatan Gentala Arasy yang belum jelas dan menggantung. Dinas PUPR Provinsi Jambi sebagai penanggung jawab hingga hari ini belum menyerahkan pengelolaan Gentala Arasy ke Dinas Pariwisata Provinsi Jambi. 

Selain Gentala Arasy, Ruang Terbuka Tugu Juang pengelolaannya juga terbengkalai

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi Jambi melalui Kabid Destinasi Wisata dan Kebudayaan, Amrillah mengatakan pihaknya sudah berulangkali menyurati Dinas PUPR agar aset tersebut dapat diserahkan pengelolaannya ke Dinas Pariwisata.

"Kita sudah sering surati PUPR, namun hingga hari ini belum ada tanggapan," kata Amrillah. 

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi, M Dianto saat dikonformasi soal pengelolaan Gentala Arasy dan Ruang Terbuka Tugu Juang, dikatakannya kedua aset Pemprov itu akan diambil alih pengelolaannya oleh Pemkot Jambi.

"Ya kita prihatin kondisi Gentala Arasy dan menara serta Taman Tugu Juang tidak terawat dan memprihatinkan," kata Dianto. 

Sekda Dianto mengatakan Pemkot Jambi sudah menyurati Plt Gubernur untuk minta pengelolaan dua aset Pemprov tersebut.

"Pak Walikota sudah surati kita, nanti dalam satu Minggu akan kita sampaikan ke Pemkot, nanti PUPR serahkan ke kita langsung tidak perlu lagi ke Pariwisata," kata Dianto. (kjcom)


Tag : #Pemprov Jambi #Gentala Arasy



Berita Terbaru

 

Kamis, 21 Maret 2019 14:05 WIB

20 Desa di Sarolangun Realisasi PBB-P2 Nol Persen, Berikut Daftarnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Tercatat 20 desa di Sarolangun pada tahun 2018 realisasi setoran PBB-P2 nya tidak ada sama sekali alias nol persen. Jupri,

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:51 WIB

Api Hanguskan Satu Unit Rumah Pegawai Puskesmas Muara Madras Jangkat


Kajanglako.com, Merangin - Kebakaran terjadi di Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kamis (21/3) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:50 WIB

Kondisi Memprihatinkan SMPN 10 Tanjabtim, Dinding Jebol dan Atap Seng Bocor


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Gedung SMPN 10 Tanjung Jabung Timur yang terletak di Kecamatan Nipah Panjang, tepatnya di Kelurahan Nipah Panjang

 

Pemilu 2019
Kamis, 21 Maret 2019 13:48 WIB

3.858 Surat Suara di Tanjabtim Rusak


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Sebanyak 3.858 lembar surat suara untuk Kabupaten Tanjab Timur tidak bisa digunakan alias rusak, kerusakan surat

 

Kamis, 21 Maret 2019 11:10 WIB

Hari Ini Giliran BBS dan Hilallatil Badri Diperiksa KPK


Kajanglako.com, Jambi - Setelah 2 hari sebelumnya, KPK lakukan pemeriksaan terhadap 22 orang Anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai saksi. Hari ini Kamis