Jumat, 16 November 2018


Jumat, 09 November 2018 14:45 WIB

Pemprov Tak Mampu Urus Aset Bernilai Rp88,7 Miliar, Pemkot Jambi Ambil Alih Pengelolaan

Reporter : Juanda
Kategori : Berita Daerah

Struktur lantai Menara Getala Arasy yang mulai retak

Kajanglako.com, Jambi - Proyek monumental Jembatan Gentala Arasy dibangun dengan anggaran senilai Rp88,7 miliar dalam tiga tahun anggaran 2012 hingga 2014.

Bangunan yang dijadikan ikon Jambi itu merupakan gagasan Gubernur Jambi periode 2010-2015, Hasan Basri Agus, dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, 28 Maret 2015.



Sayangnya, saat ini kondisi Jembatan Gentala Arasy, Museum Alquran dan menara serta ruang terbuka publik di sekitarnya kondisinya sangat memprihatinkan.

Bahkan hingga kini bangunan-bangunan itu belum tersentuh perbaikan, atap genteng mulai bocor ketika hujan, struktur bangunan melai retak. 

Ditambah status pengelolaan aset Jembatan Gentala Arasy yang belum jelas dan menggantung. Dinas PUPR Provinsi Jambi sebagai penanggung jawab hingga hari ini belum menyerahkan pengelolaan Gentala Arasy ke Dinas Pariwisata Provinsi Jambi. 

Selain Gentala Arasy, Ruang Terbuka Tugu Juang pengelolaannya juga terbengkalai

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi Jambi melalui Kabid Destinasi Wisata dan Kebudayaan, Amrillah mengatakan pihaknya sudah berulangkali menyurati Dinas PUPR agar aset tersebut dapat diserahkan pengelolaannya ke Dinas Pariwisata.

"Kita sudah sering surati PUPR, namun hingga hari ini belum ada tanggapan," kata Amrillah. 

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi, M Dianto saat dikonformasi soal pengelolaan Gentala Arasy dan Ruang Terbuka Tugu Juang, dikatakannya kedua aset Pemprov itu akan diambil alih pengelolaannya oleh Pemkot Jambi.

"Ya kita prihatin kondisi Gentala Arasy dan menara serta Taman Tugu Juang tidak terawat dan memprihatinkan," kata Dianto. 

Sekda Dianto mengatakan Pemkot Jambi sudah menyurati Plt Gubernur untuk minta pengelolaan dua aset Pemprov tersebut.

"Pak Walikota sudah surati kita, nanti dalam satu Minggu akan kita sampaikan ke Pemkot, nanti PUPR serahkan ke kita langsung tidak perlu lagi ke Pariwisata," kata Dianto. (kjcom)


Tag : #Pemprov Jambi #Gentala Arasy



Berita Terbaru

 

Festival Budaya Bioskop
Jumat, 16 November 2018 06:20 WIB

Bentuk Museum Bioskop, Tempoa Art Digandeng Institut Kesenian Jakarta


Kajanglako, Jambi-hanya tinggal menghitung hari, Festival Budaya Bioskop Jambi segera dibuka untuk publik. Festival untuk pertama kali di Jambi ini merupakan

 

Kamis, 15 November 2018 22:10 WIB

Dugaan Percobaan Penculikan Anak, CE: Jangan Buat Gaduh Sebelum Jelas Motifnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabar dugaan percobaan penculikan anak di Desa Bernai Luar, Kabupaten Sarolangun, Sabtu (10/11) lalu sempat membuat gempar

 

Kamis, 15 November 2018 18:00 WIB

Tahun Depan, Jembatan Timbang Tembesi Kembali Diaktifkan


Kajanglako.com, Batanghari - Saat ini, tonase truk batubara maupun angkutan lainnya sudah melebihi batas kemampuan kualitas jalan.    Untuk menertibkan

 

Surat-surat Pribadi Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 16:55 WIB

10 Fakta Menarik Seputar Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Memasuki hari ke-5, pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang bertempat di Museum Nasional, Jakarta, telah dikunjungi lebih dari

 

Surat-surat Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 15:36 WIB

5000 Orang Kunjungi Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Selain beberapa remaja dan turis manca negara, siswa sekolah dasar berduyun-duyun ke area pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang