Sabtu, 19 Januari 2019


Jumat, 09 November 2018 14:45 WIB

Pemprov Tak Mampu Urus Aset Bernilai Rp88,7 Miliar, Pemkot Jambi Ambil Alih Pengelolaan

Reporter : Juanda
Kategori : Berita Daerah

Struktur lantai Menara Getala Arasy yang mulai retak

Kajanglako.com, Jambi - Proyek monumental Jembatan Gentala Arasy dibangun dengan anggaran senilai Rp88,7 miliar dalam tiga tahun anggaran 2012 hingga 2014.

Bangunan yang dijadikan ikon Jambi itu merupakan gagasan Gubernur Jambi periode 2010-2015, Hasan Basri Agus, dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, 28 Maret 2015.



Sayangnya, saat ini kondisi Jembatan Gentala Arasy, Museum Alquran dan menara serta ruang terbuka publik di sekitarnya kondisinya sangat memprihatinkan.

Bahkan hingga kini bangunan-bangunan itu belum tersentuh perbaikan, atap genteng mulai bocor ketika hujan, struktur bangunan melai retak. 

Ditambah status pengelolaan aset Jembatan Gentala Arasy yang belum jelas dan menggantung. Dinas PUPR Provinsi Jambi sebagai penanggung jawab hingga hari ini belum menyerahkan pengelolaan Gentala Arasy ke Dinas Pariwisata Provinsi Jambi. 

Selain Gentala Arasy, Ruang Terbuka Tugu Juang pengelolaannya juga terbengkalai

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi Jambi melalui Kabid Destinasi Wisata dan Kebudayaan, Amrillah mengatakan pihaknya sudah berulangkali menyurati Dinas PUPR agar aset tersebut dapat diserahkan pengelolaannya ke Dinas Pariwisata.

"Kita sudah sering surati PUPR, namun hingga hari ini belum ada tanggapan," kata Amrillah. 

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi, M Dianto saat dikonformasi soal pengelolaan Gentala Arasy dan Ruang Terbuka Tugu Juang, dikatakannya kedua aset Pemprov itu akan diambil alih pengelolaannya oleh Pemkot Jambi.

"Ya kita prihatin kondisi Gentala Arasy dan menara serta Taman Tugu Juang tidak terawat dan memprihatinkan," kata Dianto. 

Sekda Dianto mengatakan Pemkot Jambi sudah menyurati Plt Gubernur untuk minta pengelolaan dua aset Pemprov tersebut.

"Pak Walikota sudah surati kita, nanti dalam satu Minggu akan kita sampaikan ke Pemkot, nanti PUPR serahkan ke kita langsung tidak perlu lagi ke Pariwisata," kata Dianto. (kjcom)


Tag : #Pemprov Jambi #Gentala Arasy



Berita Terbaru

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil

 

Jumat, 18 Januari 2019 13:30 WIB

SK Pemberhentian Zola sebagai Gubernur Sudah Diteken Presiden


Kajangalako,com. Jambi - SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 akhirnya ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo. Kabar ini

 

Jumat, 18 Januari 2019 11:33 WIB

Jualan Sabu, Pegawai Honorer Ditangkap saat Menunggu Pembeli


Kajanglako.com, Merangin - Satresnarkoba Polres Merangin kembali berhasil mengamankan seorang pelaku penyalahgunaan Narkotika. Kali ini seorang pegawai