Jumat, 16 November 2018


Rabu, 07 November 2018 19:01 WIB

Antisipasi Arsip Tercecer dan Hilang, OPD Batanghari Dikumpulkan

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Inforial

Kegiatan JRA di Kabupaten Batanghari

Kajanglako.com, Batanghari - Untuk mengantisipasi keselamatan arsip di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Batanghari, Pemerintah Kabupaten lakukan pembahasan Jadwal Reterensi Arsip (JRA). Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan. 

"Yang jelas, pembahasan JRA ini perlu dilakukan mengingat arsip merupakan bagian penting bagi OPD," kata Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari, Muklis.



Kegiatan ini diikuti 24 orang peserta yang berasal dari 12 OPD, di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (7/11). Dengan mendatangkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Gunawan, selaku Kepala Subdirektorat Daerah II B ANRI.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 13 urusan retensi arsip yang akan dibahas. Terdiri dari dua buah urusan arsip fasilitatif dan 11 buah urusan arsip substantif. 

Muklis mengatakan pembahasan JRA tersebut bertujuan sebagai pedoman tentang lamanya penyimpanan dan penyusutan arsip yang ada di setiap OPD. Kemudian untuk menjamin terselamatkannya arsip statis sebagai sumber informasi, bukti akuntabilitas kinerja pada OPD Batanghari.

Selain itu, pembahasan JRA dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan di lingkungan pemerintah daerah. 

Sementara itu, Asisten II Setda Batanghari, M Hatta saat membuka kegiatan berharap ke depan seluruh instansi pemerintah daerah mulai dari kecamatan hingga OPD dapat dilibatkan dalam pembahasan JRA.

"Pembahasan JRA ini penting, karena semua OPD memiliki arsip dan arsip tersebut merupakan bagian penting bagi OPD," kata M Hatta. (kjcom) 


Tag : #Pemkab Batanghari #Arsip #Arsip Daerah



Berita Terbaru

 

Festival Budaya Bioskop
Jumat, 16 November 2018 06:20 WIB

Bentuk Museum Bioskop, Tempoa Art Digandeng Institut Kesenian Jakarta


Kajanglako, Jambi-hanya tinggal menghitung hari, Festival Budaya Bioskop Jambi segera dibuka untuk publik. Festival untuk pertama kali di Jambi ini merupakan

 

Kamis, 15 November 2018 22:10 WIB

Dugaan Percobaan Penculikan Anak, CE: Jangan Buat Gaduh Sebelum Jelas Motifnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabar dugaan percobaan penculikan anak di Desa Bernai Luar, Kabupaten Sarolangun, Sabtu (10/11) lalu sempat membuat gempar

 

Kamis, 15 November 2018 18:00 WIB

Tahun Depan, Jembatan Timbang Tembesi Kembali Diaktifkan


Kajanglako.com, Batanghari - Saat ini, tonase truk batubara maupun angkutan lainnya sudah melebihi batas kemampuan kualitas jalan.    Untuk menertibkan

 

Surat-surat Pribadi Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 16:55 WIB

10 Fakta Menarik Seputar Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Memasuki hari ke-5, pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang bertempat di Museum Nasional, Jakarta, telah dikunjungi lebih dari

 

Surat-surat Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 15:36 WIB

5000 Orang Kunjungi Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Selain beberapa remaja dan turis manca negara, siswa sekolah dasar berduyun-duyun ke area pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang