Sabtu, 19 Januari 2019


Rabu, 07 November 2018 19:01 WIB

Antisipasi Arsip Tercecer dan Hilang, OPD Batanghari Dikumpulkan

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Inforial

Kegiatan JRA di Kabupaten Batanghari

Kajanglako.com, Batanghari - Untuk mengantisipasi keselamatan arsip di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Batanghari, Pemerintah Kabupaten lakukan pembahasan Jadwal Reterensi Arsip (JRA). Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan. 

"Yang jelas, pembahasan JRA ini perlu dilakukan mengingat arsip merupakan bagian penting bagi OPD," kata Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari, Muklis.



Kegiatan ini diikuti 24 orang peserta yang berasal dari 12 OPD, di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (7/11). Dengan mendatangkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Gunawan, selaku Kepala Subdirektorat Daerah II B ANRI.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 13 urusan retensi arsip yang akan dibahas. Terdiri dari dua buah urusan arsip fasilitatif dan 11 buah urusan arsip substantif. 

Muklis mengatakan pembahasan JRA tersebut bertujuan sebagai pedoman tentang lamanya penyimpanan dan penyusutan arsip yang ada di setiap OPD. Kemudian untuk menjamin terselamatkannya arsip statis sebagai sumber informasi, bukti akuntabilitas kinerja pada OPD Batanghari.

Selain itu, pembahasan JRA dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan di lingkungan pemerintah daerah. 

Sementara itu, Asisten II Setda Batanghari, M Hatta saat membuka kegiatan berharap ke depan seluruh instansi pemerintah daerah mulai dari kecamatan hingga OPD dapat dilibatkan dalam pembahasan JRA.

"Pembahasan JRA ini penting, karena semua OPD memiliki arsip dan arsip tersebut merupakan bagian penting bagi OPD," kata M Hatta. (kjcom) 


Tag : #Pemkab Batanghari #Arsip #Arsip Daerah



Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 Januari 2019 12:25 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Sosialisasi BPOM Bersama Anggota DPR RI


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Syahirsah Sy, Kamis (17/01) lalu, membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 19 Januari 2019 07:12 WIB

Raden Hassan, Danau Sipin dan Tanah Pileh


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Raden Hassan menunjukkan beberapa contoh batu bara yang dapat ditemukan di daerah Sekamis, di tepian

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil