Kamis, 21 Maret 2019

Rabu, 07 November 2018 19:01 WIB

Antisipasi Arsip Tercecer dan Hilang, OPD Batanghari Dikumpulkan

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Inforial

Kegiatan JRA di Kabupaten Batanghari

Kajanglako.com, Batanghari - Untuk mengantisipasi keselamatan arsip di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Batanghari, Pemerintah Kabupaten lakukan pembahasan Jadwal Reterensi Arsip (JRA). Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan. 

"Yang jelas, pembahasan JRA ini perlu dilakukan mengingat arsip merupakan bagian penting bagi OPD," kata Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari, Muklis.



Kegiatan ini diikuti 24 orang peserta yang berasal dari 12 OPD, di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (7/11). Dengan mendatangkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Gunawan, selaku Kepala Subdirektorat Daerah II B ANRI.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 13 urusan retensi arsip yang akan dibahas. Terdiri dari dua buah urusan arsip fasilitatif dan 11 buah urusan arsip substantif. 

Muklis mengatakan pembahasan JRA tersebut bertujuan sebagai pedoman tentang lamanya penyimpanan dan penyusutan arsip yang ada di setiap OPD. Kemudian untuk menjamin terselamatkannya arsip statis sebagai sumber informasi, bukti akuntabilitas kinerja pada OPD Batanghari.

Selain itu, pembahasan JRA dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan di lingkungan pemerintah daerah. 

Sementara itu, Asisten II Setda Batanghari, M Hatta saat membuka kegiatan berharap ke depan seluruh instansi pemerintah daerah mulai dari kecamatan hingga OPD dapat dilibatkan dalam pembahasan JRA.

"Pembahasan JRA ini penting, karena semua OPD memiliki arsip dan arsip tersebut merupakan bagian penting bagi OPD," kata M Hatta. (kjcom) 


Tag : #Pemkab Batanghari #Arsip #Arsip Daerah



Berita Terbaru

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:38 WIB

Gubernur Fachrori dan Bupati Romi Panen Benih Padi di Simpang Datuk


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Dalam mewujudkan kemandirian benih di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), penangkaran padi kegiatan pembenihan

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:37 WIB

Di Pra Musrenbang, Sekda Dianto Marah-marah dan Luapkan Kekecewaan


Kajanglako.com, Jambi - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, meluapkan kekecewaannya saat membuka Rakor Pra Musrenbang yang digelar Bappeda Provinsi Jambi,

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:20 WIB

Ciptakan Pemilu Damai, Bupati Safrial: Tanggung Jawab Semua Lintas Sektor


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Guna menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019 yang sejuk, aman dan damai. Pemerintah Tanjung Jabung

 

Rabu, 20 Maret 2019 21:19 WIB

Sekda Dianto Beberkan Kendala Penyaluran Alokasi DAK Fisik dan Dana Desa


Kajanglako.com, Jambi – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto berharap agar Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa disalurkan

 

Rabu, 20 Maret 2019 19:08 WIB

Parah!! Staf Perempuan Minta Tandatangan Surat Pindah, Kabiro AUPK UIN Minta Pesan Kamar Hotel Dahulu


Kajanglako.com. Jambi - Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh J, Kabiro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN STS Jambi, kepada