Sabtu, 19 Januari 2019


Senin, 05 November 2018 17:09 WIB

Warga Diminta Waspada, Debit Sungai Batanghari Naik Drastis

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Daerah

APKA BPBD Batanghari

Kajanglako.com, Batanghari - Curah hujan yang semakin tinggi mengakibatkan ketinggian air Sungai Batanghari meningkat drastis hingga mencapai 142 centimeter.

Hal ini berdasarkan pantauan dari Alat Pengukur Ketinggian Air (APKA) BPBD Batanghari. Pada empat hari yang lalu ketinggian muka air sungai Batanghari masih berada di bawah APKA, namun saat ini ketinggian muka air sudah mencapai 142 centimeter.



Pantauan tersebut dilakukan oleh BPBD menggunakan APKA yang terpasang di lima kecamatan. Yakni di Kecamatan Muarabulian, Muara Tembesi, Mersam, Maro Sebo Ulu dan di Kecamatan Batin XXIV. 

Sekretaris BPBD Batanghari, Samral Lubis mengatakan seluruh APKA yang terpasang tersebut dalam sepekan terakhir menunjukkan ketinggian muka air yang hampir serupa. Hanya saja di Kecamatan Muara Tembesi ketinggian muka air lebih tinggi dibandingkan di kecamatan lainnya. Hal itu dikarenakan di Muara Tembesi merupakan pertemuan antara Sungai Tembesi dan Sungai Batanghari sehingga ketinggian muka air lebih tinggi. 

Meningkatnya ketinggian muka air Sungai Batanghari tersebut disebabkan oleh intensitas curah hujan yang alami peningkatan dalam sepekan terakhir. Namun BPBD lebih mengkhawatirkan limpahan air dari kabupaten tetangga. Seperti dari Kabupaten Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kabupaten Kerinci yang menyebabkan banjir bandang.

"Bila limpahan air tersebut datang secara bersamaan, dikhawatirkan air Sungai Batanghari akan meluap ke pemukiman penduduk, Warga diminta selalu waspada," kata Samral. 

Selain itu, yang lebih dikhawatirkan yakni terbisnya tebing-tebing Sungai Batanghari. Karena di beberapa bagian bantaran Sungai Batanghari terdapat pemukiman. 

Berdasarkan data yang dimiliki BPBD Batanghari, terdapat 86 desa dan kelurahan yang tersebar di tujuh kecamatan yang cukup rawan. Karena desa dan kelurahan tersebut berada di sepanjang bantaran Sungai Batanghari. 

Sementara pantaun media ini, kondisi warnai air Sungai Batanghari tidak lagi jernih. Hal ini karena air sudah bercampur tanah. (kjcom)


Tag : #Banjir #BPBD Batanghari #Banjir Bandang



Berita Terbaru

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil

 

Jumat, 18 Januari 2019 13:30 WIB

SK Pemberhentian Zola sebagai Gubernur Sudah Diteken Presiden


Kajangalako,com. Jambi - SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 akhirnya ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo. Kabar ini

 

Jumat, 18 Januari 2019 11:33 WIB

Jualan Sabu, Pegawai Honorer Ditangkap saat Menunggu Pembeli


Kajanglako.com, Merangin - Satresnarkoba Polres Merangin kembali berhasil mengamankan seorang pelaku penyalahgunaan Narkotika. Kali ini seorang pegawai