Jumat, 16 November 2018


Senin, 05 November 2018 17:09 WIB

Warga Diminta Waspada, Debit Sungai Batanghari Naik Drastis

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Daerah

APKA BPBD Batanghari

Kajanglako.com, Batanghari - Curah hujan yang semakin tinggi mengakibatkan ketinggian air Sungai Batanghari meningkat drastis hingga mencapai 142 centimeter.

Hal ini berdasarkan pantauan dari Alat Pengukur Ketinggian Air (APKA) BPBD Batanghari. Pada empat hari yang lalu ketinggian muka air sungai Batanghari masih berada di bawah APKA, namun saat ini ketinggian muka air sudah mencapai 142 centimeter.



Pantauan tersebut dilakukan oleh BPBD menggunakan APKA yang terpasang di lima kecamatan. Yakni di Kecamatan Muarabulian, Muara Tembesi, Mersam, Maro Sebo Ulu dan di Kecamatan Batin XXIV. 

Sekretaris BPBD Batanghari, Samral Lubis mengatakan seluruh APKA yang terpasang tersebut dalam sepekan terakhir menunjukkan ketinggian muka air yang hampir serupa. Hanya saja di Kecamatan Muara Tembesi ketinggian muka air lebih tinggi dibandingkan di kecamatan lainnya. Hal itu dikarenakan di Muara Tembesi merupakan pertemuan antara Sungai Tembesi dan Sungai Batanghari sehingga ketinggian muka air lebih tinggi. 

Meningkatnya ketinggian muka air Sungai Batanghari tersebut disebabkan oleh intensitas curah hujan yang alami peningkatan dalam sepekan terakhir. Namun BPBD lebih mengkhawatirkan limpahan air dari kabupaten tetangga. Seperti dari Kabupaten Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kabupaten Kerinci yang menyebabkan banjir bandang.

"Bila limpahan air tersebut datang secara bersamaan, dikhawatirkan air Sungai Batanghari akan meluap ke pemukiman penduduk, Warga diminta selalu waspada," kata Samral. 

Selain itu, yang lebih dikhawatirkan yakni terbisnya tebing-tebing Sungai Batanghari. Karena di beberapa bagian bantaran Sungai Batanghari terdapat pemukiman. 

Berdasarkan data yang dimiliki BPBD Batanghari, terdapat 86 desa dan kelurahan yang tersebar di tujuh kecamatan yang cukup rawan. Karena desa dan kelurahan tersebut berada di sepanjang bantaran Sungai Batanghari. 

Sementara pantaun media ini, kondisi warnai air Sungai Batanghari tidak lagi jernih. Hal ini karena air sudah bercampur tanah. (kjcom)


Tag : #Banjir #BPBD Batanghari #Banjir Bandang



Berita Terbaru

 

Festival Budaya Bioskop
Jumat, 16 November 2018 06:20 WIB

Bentuk Museum Bioskop, Tempoa Art Digandeng Institut Kesenian Jakarta


Kajanglako, Jambi-hanya tinggal menghitung hari, Festival Budaya Bioskop Jambi segera dibuka untuk publik. Festival untuk pertama kali di Jambi ini merupakan

 

Kamis, 15 November 2018 22:10 WIB

Dugaan Percobaan Penculikan Anak, CE: Jangan Buat Gaduh Sebelum Jelas Motifnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabar dugaan percobaan penculikan anak di Desa Bernai Luar, Kabupaten Sarolangun, Sabtu (10/11) lalu sempat membuat gempar

 

Kamis, 15 November 2018 18:00 WIB

Tahun Depan, Jembatan Timbang Tembesi Kembali Diaktifkan


Kajanglako.com, Batanghari - Saat ini, tonase truk batubara maupun angkutan lainnya sudah melebihi batas kemampuan kualitas jalan.    Untuk menertibkan

 

Surat-surat Pribadi Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 16:55 WIB

10 Fakta Menarik Seputar Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Memasuki hari ke-5, pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang bertempat di Museum Nasional, Jakarta, telah dikunjungi lebih dari

 

Surat-surat Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 15:36 WIB

5000 Orang Kunjungi Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Selain beberapa remaja dan turis manca negara, siswa sekolah dasar berduyun-duyun ke area pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang