Sabtu, 19 Januari 2019


Kamis, 01 November 2018 12:32 WIB

Untuk Penunjang Karir dan Kenaikan Pangkat, Guru Wajib Menulis

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Pendidikan

Kabid Dikdas Dinas PdK Batanghari Zulfadli/ foto: Suhur

Kajanglako.com, Batanghari - Semua guru di wilayah Kabupaten Batanghari diwajibkan untuk menulis artikel tentang keilmuan materi yang diajarkan di sekolah. 

Misalnya, guru tersebut mengajarkan ilmu IPA kepada anak muridnya tentang mahluk hidup. Nah, guru tersebut harus menulis dan menceritakan bagaimana ikan bisa bernafas dan bisa hidup. 



"Iya, dalam tulisannya guru harus menerangkan teori yang diajarkan," kata Kabid Dikdas PdK Batanghari, Zulfadli M.Pd saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (1/11). 

Lebih jauh dijelaskannya, guru diwajibkan menulis sangat berguna untuk pengembangan karir dan kenaikan pangkat. Di kabupaten Batanghari sekitar 4.000 guru, mereka diwajibkan menulis minimal setahun dua kali tulisan. 

"Untuk pengembangan karir dan kenaikan pangkat, setiap guru wajib mengkliping tulisannya di media online dan diserahkan ke Dinas PdK Batanghari," kata Zulfadli.

Kabid Dikdas juga menjelaskan untuk alasan karier, dengan sendirinya sudah terpecahkan oleh peraturan terbaru Permendiknas Nomor 35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 

Di dalamnya menyebutkan bahwa guru PNS yang akan naik pangkat/golongan dengan sistem Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang salah satu syaratnya menyebutkan bahwa guru harus membuat minimal satu karya tulis ilmiah. Peraturan ini efektifnya sudah diberlakukan sejak tahun 2013 lalu. 

"Saya menghimbau kepada rekan-rekan guru yang lainnya, ayo mau sampai kapan lagi kita memulai untuk menulis. Hal ini sangat berguna sebagai syarat pengembangan karir dan kenaikan pangkat," katanya. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Guru #Karya Ilmiah



Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 Januari 2019 12:25 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Sosialisasi BPOM Bersama Anggota DPR RI


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Syahirsah Sy, Kamis (17/01) lalu, membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 19 Januari 2019 07:12 WIB

Raden Hassan, Danau Sipin dan Tanah Pileh


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Raden Hassan menunjukkan beberapa contoh batu bara yang dapat ditemukan di daerah Sekamis, di tepian

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil