Kamis, 21 Maret 2019

Kamis, 01 November 2018 12:32 WIB

Untuk Penunjang Karir dan Kenaikan Pangkat, Guru Wajib Menulis

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Pendidikan

Kabid Dikdas Dinas PdK Batanghari Zulfadli/ foto: Suhur

Kajanglako.com, Batanghari - Semua guru di wilayah Kabupaten Batanghari diwajibkan untuk menulis artikel tentang keilmuan materi yang diajarkan di sekolah. 

Misalnya, guru tersebut mengajarkan ilmu IPA kepada anak muridnya tentang mahluk hidup. Nah, guru tersebut harus menulis dan menceritakan bagaimana ikan bisa bernafas dan bisa hidup. 



"Iya, dalam tulisannya guru harus menerangkan teori yang diajarkan," kata Kabid Dikdas PdK Batanghari, Zulfadli M.Pd saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (1/11). 

Lebih jauh dijelaskannya, guru diwajibkan menulis sangat berguna untuk pengembangan karir dan kenaikan pangkat. Di kabupaten Batanghari sekitar 4.000 guru, mereka diwajibkan menulis minimal setahun dua kali tulisan. 

"Untuk pengembangan karir dan kenaikan pangkat, setiap guru wajib mengkliping tulisannya di media online dan diserahkan ke Dinas PdK Batanghari," kata Zulfadli.

Kabid Dikdas juga menjelaskan untuk alasan karier, dengan sendirinya sudah terpecahkan oleh peraturan terbaru Permendiknas Nomor 35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 

Di dalamnya menyebutkan bahwa guru PNS yang akan naik pangkat/golongan dengan sistem Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang salah satu syaratnya menyebutkan bahwa guru harus membuat minimal satu karya tulis ilmiah. Peraturan ini efektifnya sudah diberlakukan sejak tahun 2013 lalu. 

"Saya menghimbau kepada rekan-rekan guru yang lainnya, ayo mau sampai kapan lagi kita memulai untuk menulis. Hal ini sangat berguna sebagai syarat pengembangan karir dan kenaikan pangkat," katanya. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Guru #Karya Ilmiah



Berita Terbaru

 

Kamis, 21 Maret 2019 14:05 WIB

20 Desa di Sarolangun Realisasi PBB-P2 Nol Persen, Berikut Daftarnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Tercatat 20 desa di Sarolangun pada tahun 2018 realisasi setoran PBB-P2 nya tidak ada sama sekali alias nol persen. Jupri,

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:51 WIB

Api Hanguskan Satu Unit Rumah Pegawai Puskesmas Muara Madras Jangkat


Kajanglako.com, Merangin - Kebakaran terjadi di Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kamis (21/3) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:50 WIB

Kondisi Memprihatinkan SMPN 10 Tanjabtim, Dinding Jebol dan Atap Seng Bocor


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Gedung SMPN 10 Tanjung Jabung Timur yang terletak di Kecamatan Nipah Panjang, tepatnya di Kelurahan Nipah Panjang

 

Pemilu 2019
Kamis, 21 Maret 2019 13:48 WIB

3.858 Surat Suara di Tanjabtim Rusak


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Sebanyak 3.858 lembar surat suara untuk Kabupaten Tanjab Timur tidak bisa digunakan alias rusak, kerusakan surat

 

Kamis, 21 Maret 2019 11:10 WIB

Hari Ini Giliran BBS dan Hilallatil Badri Diperiksa KPK


Kajanglako.com, Jambi - Setelah 2 hari sebelumnya, KPK lakukan pemeriksaan terhadap 22 orang Anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai saksi. Hari ini Kamis