Rabu, 14 November 2018


Kamis, 01 November 2018 12:32 WIB

Untuk Penunjang Karir dan Kenaikan Pangkat, Guru Wajib Menulis

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Pendidikan

Kabid Dikdas Dinas PdK Batanghari Zulfadli/ foto: Suhur

Kajanglako.com, Batanghari - Semua guru di wilayah Kabupaten Batanghari diwajibkan untuk menulis artikel tentang keilmuan materi yang diajarkan di sekolah. 

Misalnya, guru tersebut mengajarkan ilmu IPA kepada anak muridnya tentang mahluk hidup. Nah, guru tersebut harus menulis dan menceritakan bagaimana ikan bisa bernafas dan bisa hidup. 



"Iya, dalam tulisannya guru harus menerangkan teori yang diajarkan," kata Kabid Dikdas PdK Batanghari, Zulfadli M.Pd saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (1/11). 

Lebih jauh dijelaskannya, guru diwajibkan menulis sangat berguna untuk pengembangan karir dan kenaikan pangkat. Di kabupaten Batanghari sekitar 4.000 guru, mereka diwajibkan menulis minimal setahun dua kali tulisan. 

"Untuk pengembangan karir dan kenaikan pangkat, setiap guru wajib mengkliping tulisannya di media online dan diserahkan ke Dinas PdK Batanghari," kata Zulfadli.

Kabid Dikdas juga menjelaskan untuk alasan karier, dengan sendirinya sudah terpecahkan oleh peraturan terbaru Permendiknas Nomor 35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 

Di dalamnya menyebutkan bahwa guru PNS yang akan naik pangkat/golongan dengan sistem Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang salah satu syaratnya menyebutkan bahwa guru harus membuat minimal satu karya tulis ilmiah. Peraturan ini efektifnya sudah diberlakukan sejak tahun 2013 lalu. 

"Saya menghimbau kepada rekan-rekan guru yang lainnya, ayo mau sampai kapan lagi kita memulai untuk menulis. Hal ini sangat berguna sebagai syarat pengembangan karir dan kenaikan pangkat," katanya. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Guru #Karya Ilmiah



Berita Terbaru

 

Rabu, 14 November 2018 00:18 WIB

Politik Identitas Jelang Pemilu, Al Makin: Menghilangkan Substansi Masalah Sebenarnya


Kajanglako.com, Kota Jambi - Semakin mendekati Pemilu 2019, isu politik identitas semakin kentara disebarluaskan ke tengah masyarakat. Medium utamanya,

 

Operasi Zebra 2018
Selasa, 13 November 2018 20:25 WIB

Satlantas Sarolangun Keluarkan 1.318 Surat Tilang Selama Operasi Zebra


Kajanglako.com, Sarolangun - Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra 2018, Satlantas Polres Sarolangun sedikitnya mengeluarkan 1.318 surat tilang, baik

 

Selasa, 13 November 2018 20:13 WIB

Percobaan Penculikan Anak, Dewan Sarolangun Minta TNI/Polri Bersinergi


Kajanglako.com, Sarolangun – Kabar dugaan  percobaan penculikan  anak  di  RT 11 Desa Bernai, Sabtu malam lalu, membuat Anggota

 

Selasa, 13 November 2018 19:56 WIB

Kejari Tanjabbar Musnahkan Narkoba Bernilai Miliaran Rupiah


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Barang bukti hasil tangkapan kasus Narkoba dan tindak pidana umum dimusnahkan yang di Halaman Kantor Kejaksaan

 

Selasa, 13 November 2018 19:36 WIB

Mau Damai, Kepala MTS Simpang Babeko yang 'Pecut' Siswanya Harus Setor Rp200 Juta


Kajanglako.com, Bungo - Kasus pemukulan yang dilakukan oleh Kepala MTS Negeri Simpang Babeko, Kabupaten Bungo, terhadap siswanya atas nama M Fiqri Ardiansyah