Sabtu, 19 Januari 2019


Rabu, 31 Oktober 2018 16:29 WIB

Dua Bulan Jelang Akhir Tahun, Segini Serapan Anggaran Pemkab Batanghari

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Daerah

Kepala Bakeuda Kabupaten Batanghari M Azan/ foto: Suhur

Kajanglako.com, Batanghari - Terhitung hingga 26 Oktober 2018, serapan APBD Kabupaten Batanghari masih di bawah target.  

Data yang diperoleh menyebutkan untuk pendapatan daerah baru 24,18 persen. Sedangkan untuk belanja daerah terhitung 26 Oktober lalu baru mencapai 58,77 persen.  



"Serapan APBD hingga saat ini boleh dikatakan sudah sesuai dengan target tahapan," kata Kepala Badan Keuangan Daerah Batanghari, M Azan.

Saat ditanyakan ada berapa OPD yang terancam serapan APBD yang tidak mencapai target? Azan menjelaskan untuk mengetahui OPD mana saja yang terancam serapan APBD nya harus menanyakan langsung ke OPD tersebut.  

"Kalau data OPD mana saja yang terancam tak capai target, kita harus menanyakan atau mengumpulkan data-data dulu di setiap OPD," katanya. 

Lebih jauh Azan menjelaskan untuk saat ini realisasi yang sudah direkap Bakeuda Batanghari sudah mendekati target.  

"Insya Allah serapan APBD tahun ini tercapai. Kita berharap semua OPD bisa membantu Pemerintah Batanghari," katanya.

Untuk diketahui, tahun lalu sekitar sembilan OPD serapan anggaranya tidak mencapai target. Tercapainya target serapan anggaran secara kumulatif dibuktikan dengan tingginya serapan anggaran di setiap Organisas Perangkat Daerah (OPD). Misalnya rerata mencapai 80 persen lebih. 

Sembilan OPD pada tahun lalu belum mencapai target serapan anggaran, di antaranya Dinas Koperindag, Dinas Damkar, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dan OPD lainnya.

M Azan mengatakan dirinya tidak mengetahui apa penyebab serapan anggaran di sembilan OPD tersebut belum mencapai target serapan. Namun pihaknya telah mengingatkan kepada OPD terkait untuk dapat mengejar target serapan yang telah ditetapkan.  

"Begitu juga pada tahun ini, kami tetap mengingatkan OPD agar bisa mencapai target yang ditentukan," kata M Azan. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Serapan Anggaran



Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 Januari 2019 12:25 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Sosialisasi BPOM Bersama Anggota DPR RI


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Syahirsah Sy, Kamis (17/01) lalu, membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 19 Januari 2019 07:12 WIB

Raden Hassan, Danau Sipin dan Tanah Pileh


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Raden Hassan menunjukkan beberapa contoh batu bara yang dapat ditemukan di daerah Sekamis, di tepian

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil