Minggu, 29 Maret 2020


Senin, 29 Oktober 2018 22:49 WIB

Api Unggun Tandai Malam Terakhir PPSN V, Santri Doakan Korban Pesawat Lion Air

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Ragam Berita

Penyalaan api unggun di malam terakhir PPSN ke-V, dalam kegiatan ini santri mendoakan korban pesawat lion air yang jatuh ke laut karawang/ foto: Arman

Kajanglako.com, Jambi – Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke-V tahun 2018 di Provinsi Jambi memasuki malam terakhir, Senin (39/10). Penyalaan api unggun menandai berkahirnya rangkaian kegiatan perkemahan tersebut. 

Selain tanda berakhirnya kegiatan, api unggun memiliki makna tersendiri bagi para pramuka santri, yang mana api unggun ini dimaknai sebagai moment menyatukan seluruh anggota pramuka serta penjiwaan dasa darma pramuka. 



Hasnan, tim protokoler Kwarda Pramuka Jambi mengatakan penyalaan api unggun merupakan kegiatan akhir dari rangkaian perhelatan PPSN, sebelum ditutup secara resmi melalui upacara penutupan yang akan digelar Selasa pagi (30/10).

“Ya ini tanda berakhirnya kegiatan PPSN, namun secara formal akan ditutup besok," kata Hasnan. 

Kegiatan api unggun ini disebut juga upacara adat pramuka. Prosesnya pun berlangsung menarik, baik dari proses penyalaannya hingga akhir. Diawali dari pembacaan dasa darma pramuka dan dilanjuti dengan penancapan kapak bhineka tunggal ika ke tanah, yang juga menandai dimulainya upacara adat pramuka tersebut. 

Selanjutnya, proses penyalaan api unggunnya juga berlangsung menarik. Api dinyalakan melalui proses yang unik. Api awalnya dinyalakan petugas melalui sumbu yang telah tersedia. Kemudian api akan ke bola api yang terletak di atas pionering menara pandang. Selanjutnya bola api akan meluncur melalui sling yang telah dibuat, dan akhirnya menuju tumpukan kayu unggun yang telah diberi bahan bakar hingga api membesar. Seketika itu, langsung disambut dengan pesta kembang api. 

Kemudian di akhir upacara api unggun ini, para pramuka santri diberikan arahan oleh sesepuh upacara, yang bertujuan membakar semangat para pramuka santri. 

Dalam kegiatan ini, para pramuka santri juga menyempatkan berdoa bersama, untuk korban kecelakaan pesawat lion air yang jatuh di wilayah Laut Kerawang. (kjcom) 


Tag : #PPSN ke-V #Pramuka Santri #Pramuka #Santri



Berita Terbaru

 

Minggu, 29 Maret 2020 18:09 WIB

Pemprov Jambi Terima Bantuan APD Covid-19 dari Pusat


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, menerima secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

 

Minggu, 29 Maret 2020 16:07 WIB

Dampak Corona, Harga Jahe Merah Meroket


Kajanglako.com, Batanghari - Dampak virus Corona yang melanda dunia saat ini, sejumlah barang yang dianggap sebagai penangkal corona harganya semakin tinggi.

 

Minggu, 29 Maret 2020 16:00 WIB

Tanggulangi Covid-19, Pemkab Batanghari Gelontorkan Rp 4,8 Miliar


Kajanglako.com, Batanghari - Untuk menanggulangi wabah virus Corona (Covid-19), Pemkab Batanghari telah menggelontorkan sedikitnya Rp 4,8 Miliar dana APBD

 

Sabtu, 28 Maret 2020 21:39 WIB

Fachrori Serahkan Bantuan Pribadi Rp 50 Juta untuk Penanganan Covid-19


Kajanglako.com, Jambi – Gubernur Jambi Fachrori Umar, secara langsung menyerahkan bantuan pribadi berupa uang tunai sebesar 50 juta rupiah kepada

 

Sabtu, 28 Maret 2020 21:34 WIB

Cegah Wabah Meluas, Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi Targetkan Ini


Kajanglako.com,  Jambi - Rapat antisipasi dan evaluasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi di Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19, ruang