Sabtu, 23 Maret 2019

Senin, 29 Oktober 2018 13:29 WIB

Mantap, Batanghari Wakili Jambi Parade Busana Daerah di TMII

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Budaya Inforial

Tim Seni Kabupaten Batanghari mewakili Jambi tampil di TMII dalam Parade Busana Daerah ke-X

Kajanglako.com, Jakarta - Bupati Batanghari diwakili Asisten II M Hatta beserta Wakil Ketua DPRD Batanghari, Hj Yunninta Asmara menghadiri acara Parade Busana Daerah ke-X yang dilaksanakan di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta (TMII), Minggu (28/10). 

Parade ini diikuti oleh 15 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Kabupaten Batanghari terpilih jadi perwakilan Provinsi Jambi untuk mengikuti parade tersebut.



Turut hadir pada acara tersebut Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan, Dr Suhajar Dewantoro, Ketua Dewan Yayasan Harapan Kita Soeharjo, para Kepala Daerah, para Kepala Dinas dan para tamu undangan lainnya.

Dewan Komisaris TMII yang diwakili oleh Direksi TMII, Diono, dalam sambutannya mengatakan parade ini bukan merupakan kegiatan yang bersifat kompetisi, tetapi menitikberatkan pada pelestarian budaya bangsa khususnya busana daerah agar dapat dilestarikan dan dikembangkan sebagai jati diri Bangsa Indonesia.

"Semoga di tahun berikutnya provinsi di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi dalam acara parade busana daerah ini, karena acara ini bertujuan untuk ajang mempromosikan keanekaragaman seni yang ada di Indonesia dan juga guna mengembangkan kreatifitas para perancang busana dan merupakan apresiasi terhadap seni budaya bangsa kita," kata Diono.  

Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Kemendagri, Suhajar Dewantoro dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik kepada TMII, karena telah turut serta melestarikan, membina dan mengembangkan budaya dalam busana daerah yang sudah dilaksanakan setiap tahun.

"Kehadiran TMII pada tanggal 20 April 1975, merupakan aktualisasi untuk memajukan Budaya Indonesia dalam Bingkai Persatuan dan Kesatuan, serta memperkuat setiap kebudayaan daerah yang ada di seluruh wilayah di Indonesia," kata Suhajar.

Pada acara Parade Busana Daerah Ke X Tahun 2018 ini, menampilkan pakaian adat pengantin daerah masing-masing, di mana bahan pakaian pengantin diambil dari bahan daur ulang yang bisa dimanfaatkan, sehingga menjadi indah dalam balutan pakaian pengantin masing-masing daerah. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Parade Busana Daerah #TMII



Berita Terbaru

 

Sabtu, 23 Maret 2019 13:32 WIB

PAN Sarolangun Usulkan Madel, Ini Respon Fachrori


Kajanglako.com, Jambi - Untuk mengisi kekosongan Wakil Gubernur Jambi, mendampingi Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi. Berbagai nama mulai dimunculkan,

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 23 Maret 2019 11:01 WIB

Doesoen Pekan dan Tandjoeng Penjingat


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Soengei Tongkal yang dilayari lebar (ratusan meter) dan dalam (kira-kira 16 meter). Pada awalnya, airnya

 

Sabtu, 23 Maret 2019 10:03 WIB

Asisten I Setda Batanghari Dampingi Kapolres Cek Pasukan Pengamanan Pemilu


Kajanglako.com, Batanghari - Polres Batanghari, Jumat (22/3), menggelar apel pasukan bersama TNI dan komponen-komponen bangsa yang terdiri dari Pelajar,

 

Jumat, 22 Maret 2019 19:02 WIB

Turnamen Bulutangkis Angsoduo Cup I, Fachrori Harap Hasilkan Atlet Muda Berbakat


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Jumat sore (22/3). Membuka Turnamen Bulutangkis Angsoduo Cup I, turnamen hasil kerja sama dengan

 

Jumat, 22 Maret 2019 17:10 WIB

Pasca Banjir, Warga Banyak yang Terjangkit Penyakit Kulit


Kajanglako.com, Sarolangun - Pasca banjir yang melanda Kabupaten Sarolangun, Dinas Kesehatan Sarolangun menemukan banyak masyarakat yang terserang penyakit