Sabtu, 19 Januari 2019


Senin, 29 Oktober 2018 13:29 WIB

Mantap, Batanghari Wakili Jambi Parade Busana Daerah di TMII

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Budaya Inforial

Tim Seni Kabupaten Batanghari mewakili Jambi tampil di TMII dalam Parade Busana Daerah ke-X

Kajanglako.com, Jakarta - Bupati Batanghari diwakili Asisten II M Hatta beserta Wakil Ketua DPRD Batanghari, Hj Yunninta Asmara menghadiri acara Parade Busana Daerah ke-X yang dilaksanakan di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta (TMII), Minggu (28/10). 

Parade ini diikuti oleh 15 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Kabupaten Batanghari terpilih jadi perwakilan Provinsi Jambi untuk mengikuti parade tersebut.



Turut hadir pada acara tersebut Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan, Dr Suhajar Dewantoro, Ketua Dewan Yayasan Harapan Kita Soeharjo, para Kepala Daerah, para Kepala Dinas dan para tamu undangan lainnya.

Dewan Komisaris TMII yang diwakili oleh Direksi TMII, Diono, dalam sambutannya mengatakan parade ini bukan merupakan kegiatan yang bersifat kompetisi, tetapi menitikberatkan pada pelestarian budaya bangsa khususnya busana daerah agar dapat dilestarikan dan dikembangkan sebagai jati diri Bangsa Indonesia.

"Semoga di tahun berikutnya provinsi di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi dalam acara parade busana daerah ini, karena acara ini bertujuan untuk ajang mempromosikan keanekaragaman seni yang ada di Indonesia dan juga guna mengembangkan kreatifitas para perancang busana dan merupakan apresiasi terhadap seni budaya bangsa kita," kata Diono.  

Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Kemendagri, Suhajar Dewantoro dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik kepada TMII, karena telah turut serta melestarikan, membina dan mengembangkan budaya dalam busana daerah yang sudah dilaksanakan setiap tahun.

"Kehadiran TMII pada tanggal 20 April 1975, merupakan aktualisasi untuk memajukan Budaya Indonesia dalam Bingkai Persatuan dan Kesatuan, serta memperkuat setiap kebudayaan daerah yang ada di seluruh wilayah di Indonesia," kata Suhajar.

Pada acara Parade Busana Daerah Ke X Tahun 2018 ini, menampilkan pakaian adat pengantin daerah masing-masing, di mana bahan pakaian pengantin diambil dari bahan daur ulang yang bisa dimanfaatkan, sehingga menjadi indah dalam balutan pakaian pengantin masing-masing daerah. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Parade Busana Daerah #TMII



Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 Januari 2019 12:25 WIB

Bupati Syahirsah Hadiri Sosialisasi BPOM Bersama Anggota DPR RI


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Syahirsah Sy, Kamis (17/01) lalu, membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi

 

Ekspedisi Belanda ke Djambi
Sabtu, 19 Januari 2019 07:12 WIB

Raden Hassan, Danau Sipin dan Tanah Pileh


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Raden Hassan menunjukkan beberapa contoh batu bara yang dapat ditemukan di daerah Sekamis, di tepian

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil