Jumat, 16 November 2018


Senin, 29 Oktober 2018 13:29 WIB

Mantap, Batanghari Wakili Jambi Parade Busana Daerah di TMII

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Budaya Inforial

Tim Seni Kabupaten Batanghari mewakili Jambi tampil di TMII dalam Parade Busana Daerah ke-X

Kajanglako.com, Jakarta - Bupati Batanghari diwakili Asisten II M Hatta beserta Wakil Ketua DPRD Batanghari, Hj Yunninta Asmara menghadiri acara Parade Busana Daerah ke-X yang dilaksanakan di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta (TMII), Minggu (28/10). 

Parade ini diikuti oleh 15 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Kabupaten Batanghari terpilih jadi perwakilan Provinsi Jambi untuk mengikuti parade tersebut.



Turut hadir pada acara tersebut Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan, Dr Suhajar Dewantoro, Ketua Dewan Yayasan Harapan Kita Soeharjo, para Kepala Daerah, para Kepala Dinas dan para tamu undangan lainnya.

Dewan Komisaris TMII yang diwakili oleh Direksi TMII, Diono, dalam sambutannya mengatakan parade ini bukan merupakan kegiatan yang bersifat kompetisi, tetapi menitikberatkan pada pelestarian budaya bangsa khususnya busana daerah agar dapat dilestarikan dan dikembangkan sebagai jati diri Bangsa Indonesia.

"Semoga di tahun berikutnya provinsi di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi dalam acara parade busana daerah ini, karena acara ini bertujuan untuk ajang mempromosikan keanekaragaman seni yang ada di Indonesia dan juga guna mengembangkan kreatifitas para perancang busana dan merupakan apresiasi terhadap seni budaya bangsa kita," kata Diono.  

Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Kemendagri, Suhajar Dewantoro dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik kepada TMII, karena telah turut serta melestarikan, membina dan mengembangkan budaya dalam busana daerah yang sudah dilaksanakan setiap tahun.

"Kehadiran TMII pada tanggal 20 April 1975, merupakan aktualisasi untuk memajukan Budaya Indonesia dalam Bingkai Persatuan dan Kesatuan, serta memperkuat setiap kebudayaan daerah yang ada di seluruh wilayah di Indonesia," kata Suhajar.

Pada acara Parade Busana Daerah Ke X Tahun 2018 ini, menampilkan pakaian adat pengantin daerah masing-masing, di mana bahan pakaian pengantin diambil dari bahan daur ulang yang bisa dimanfaatkan, sehingga menjadi indah dalam balutan pakaian pengantin masing-masing daerah. (kjcom)


Tag : #Pemkab Batanghari #Parade Busana Daerah #TMII



Berita Terbaru

 

Festival Budaya Bioskop
Jumat, 16 November 2018 06:20 WIB

Bentuk Museum Bioskop, Tempoa Art Digandeng Institut Kesenian Jakarta


Kajanglako, Jambi-hanya tinggal menghitung hari, Festival Budaya Bioskop Jambi segera dibuka untuk publik. Festival untuk pertama kali di Jambi ini merupakan

 

Kamis, 15 November 2018 22:10 WIB

Dugaan Percobaan Penculikan Anak, CE: Jangan Buat Gaduh Sebelum Jelas Motifnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabar dugaan percobaan penculikan anak di Desa Bernai Luar, Kabupaten Sarolangun, Sabtu (10/11) lalu sempat membuat gempar

 

Kamis, 15 November 2018 18:00 WIB

Tahun Depan, Jembatan Timbang Tembesi Kembali Diaktifkan


Kajanglako.com, Batanghari - Saat ini, tonase truk batubara maupun angkutan lainnya sudah melebihi batas kemampuan kualitas jalan.    Untuk menertibkan

 

Surat-surat Pribadi Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 16:55 WIB

10 Fakta Menarik Seputar Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Memasuki hari ke-5, pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang bertempat di Museum Nasional, Jakarta, telah dikunjungi lebih dari

 

Surat-surat Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 15:36 WIB

5000 Orang Kunjungi Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Selain beberapa remaja dan turis manca negara, siswa sekolah dasar berduyun-duyun ke area pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang