Jumat, 16 November 2018


Minggu, 28 Oktober 2018 15:59 WIB

Festival Bahana Nusantara PPSN V, Warga Berbondong ke Buper Sungai Gelam

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Ragam

Gelaran Festival Bahana Nusantara PPSN ke-V

Kajanglako.com, Jambi - Lokasi Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) V tahun 2018, Bumi Perkemahan Abdurahman Sayuti-Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Muaro Jambi, Sabtu malam (27/10) mendadak dikunjungi banyak warga sekitar.
 
Hal itu seiring dengan adanya Festival Bahana Nusantara PPSN V, yang ditampilkan oleh perwakilan dari 34 kontingen se-Indonesia.
 
Tampak ratusan warga antusias menyaksikan pertunjukan seni budaya nusantara khas masing-masing daerah yang disuguhkan para pramuka Santri tersebut.
 
Masyarakat sekitar Sungai Gelam tumpah ruah memadati lapangan utama, tempat unjuk kebolehan seni budaya tersebut.
 
Kondisi padat juga nampak di jalan masuk Buper yang menjadi tempat parkir dadakan karena penuhnya parkir yang sudah disediakan panitia.
 
Warga antusias karena selain hiburan gratis, mereka pun ingin menyaksikan langsung seni budaya dari 34 provinsi di Indonesia.
 
Seperti yang diutarakan Azizah, salah satu warga Sungai Gelam. Perempuan baru lulus SMA ini sengaja datang ke lokasi hanya untuk menyaksikan Bahana Nusantara.
 
Padahal diakuinya, jarak tempuh ke lokasi cukup jauh dari tempat tinggalnya.
 
"Setengah jam saya ke tempat ini pakai sepeda motor dengan teman," papar perempuan berhijab ini.
 
Dikatakan Azizah, saat mendapat informasi adanya penampilan seni budaya, ia bersama rekannya langsung tertarik untuk datang menyaksikan.
 
"Pengin dapat inspirasi dan pengetahuab dari apa yang ditampilkan para pramuka Santri," tuturnya.
 
Bahana Nusantara merupakan ajang unjuk kemampuan para pramuka santri dalam menampilkan seni khas daerahnya. Kegiatan yang berlangsung sejak Jumat (26/10) malam ini berlangsung dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.
 
Kontingen dari DKI Jakarta membuka Bahana Nusantara 2 dengan membawakan tari tradisional khasnya disertai lagu Ondel-ondel.
 
Menyusul Sumatera Utara, lalu Sumatera Barat dengan penampilan Randai, dan tari kombinasi antara tari bendera dengan tari piring.
 
Penampilan memukau ditunjukkan perwakilan dari Kalimantan Selatan. Selain menampilkan tari perang, tim dari Kalsel secara kreatif memadukan dance modern dengan tari tradisional.
 
Kemudian ada penampilan yang mengharukan yang ditunjukkan kontingen dari Sulawesi Tengah. Seusai memperlihatkan, tari tradisionalnya, tampil juga monolog mengenai bencana Palu dan Donggala.
 
Selain pertunjukkan seni, Bahana Nusantara juga menampilkan Tabligh Akbar. (kjcom) 




Berita Terbaru

 

Festival Budaya Bioskop
Jumat, 16 November 2018 06:20 WIB

Bentuk Museum Bioskop, Tempoa Art Digandeng Institut Kesenian Jakarta


Kajanglako, Jambi-hanya tinggal menghitung hari, Festival Budaya Bioskop Jambi segera dibuka untuk publik. Festival untuk pertama kali di Jambi ini merupakan

 

Kamis, 15 November 2018 22:10 WIB

Dugaan Percobaan Penculikan Anak, CE: Jangan Buat Gaduh Sebelum Jelas Motifnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabar dugaan percobaan penculikan anak di Desa Bernai Luar, Kabupaten Sarolangun, Sabtu (10/11) lalu sempat membuat gempar

 

Kamis, 15 November 2018 18:00 WIB

Tahun Depan, Jembatan Timbang Tembesi Kembali Diaktifkan


Kajanglako.com, Batanghari - Saat ini, tonase truk batubara maupun angkutan lainnya sudah melebihi batas kemampuan kualitas jalan.    Untuk menertibkan

 

Surat-surat Pribadi Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 16:55 WIB

10 Fakta Menarik Seputar Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Memasuki hari ke-5, pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang bertempat di Museum Nasional, Jakarta, telah dikunjungi lebih dari

 

Surat-surat Pendiri Bangsa
Kamis, 15 November 2018 15:36 WIB

5000 Orang Kunjungi Pameran Surat-surat Pendiri Bangsa


Kajanglako.com, Jakarta- Selain beberapa remaja dan turis manca negara, siswa sekolah dasar berduyun-duyun ke area pameran Surat-surat Pendiri Bangsa yang