Kamis, 21 Maret 2019

Minggu, 28 Oktober 2018 15:59 WIB

Festival Bahana Nusantara PPSN V, Warga Berbondong ke Buper Sungai Gelam

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Ragam

Gelaran Festival Bahana Nusantara PPSN ke-V

Kajanglako.com, Jambi - Lokasi Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) V tahun 2018, Bumi Perkemahan Abdurahman Sayuti-Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Muaro Jambi, Sabtu malam (27/10) mendadak dikunjungi banyak warga sekitar.
 
Hal itu seiring dengan adanya Festival Bahana Nusantara PPSN V, yang ditampilkan oleh perwakilan dari 34 kontingen se-Indonesia.
 
Tampak ratusan warga antusias menyaksikan pertunjukan seni budaya nusantara khas masing-masing daerah yang disuguhkan para pramuka Santri tersebut.
 
Masyarakat sekitar Sungai Gelam tumpah ruah memadati lapangan utama, tempat unjuk kebolehan seni budaya tersebut.
 
Kondisi padat juga nampak di jalan masuk Buper yang menjadi tempat parkir dadakan karena penuhnya parkir yang sudah disediakan panitia.
 
Warga antusias karena selain hiburan gratis, mereka pun ingin menyaksikan langsung seni budaya dari 34 provinsi di Indonesia.
 
Seperti yang diutarakan Azizah, salah satu warga Sungai Gelam. Perempuan baru lulus SMA ini sengaja datang ke lokasi hanya untuk menyaksikan Bahana Nusantara.
 
Padahal diakuinya, jarak tempuh ke lokasi cukup jauh dari tempat tinggalnya.
 
"Setengah jam saya ke tempat ini pakai sepeda motor dengan teman," papar perempuan berhijab ini.
 
Dikatakan Azizah, saat mendapat informasi adanya penampilan seni budaya, ia bersama rekannya langsung tertarik untuk datang menyaksikan.
 
"Pengin dapat inspirasi dan pengetahuab dari apa yang ditampilkan para pramuka Santri," tuturnya.
 
Bahana Nusantara merupakan ajang unjuk kemampuan para pramuka santri dalam menampilkan seni khas daerahnya. Kegiatan yang berlangsung sejak Jumat (26/10) malam ini berlangsung dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.
 
Kontingen dari DKI Jakarta membuka Bahana Nusantara 2 dengan membawakan tari tradisional khasnya disertai lagu Ondel-ondel.
 
Menyusul Sumatera Utara, lalu Sumatera Barat dengan penampilan Randai, dan tari kombinasi antara tari bendera dengan tari piring.
 
Penampilan memukau ditunjukkan perwakilan dari Kalimantan Selatan. Selain menampilkan tari perang, tim dari Kalsel secara kreatif memadukan dance modern dengan tari tradisional.
 
Kemudian ada penampilan yang mengharukan yang ditunjukkan kontingen dari Sulawesi Tengah. Seusai memperlihatkan, tari tradisionalnya, tampil juga monolog mengenai bencana Palu dan Donggala.
 
Selain pertunjukkan seni, Bahana Nusantara juga menampilkan Tabligh Akbar. (kjcom) 




Berita Terbaru

 

Kamis, 21 Maret 2019 14:05 WIB

20 Desa di Sarolangun Realisasi PBB-P2 Nol Persen, Berikut Daftarnya


Kajanglako.com, Sarolangun - Tercatat 20 desa di Sarolangun pada tahun 2018 realisasi setoran PBB-P2 nya tidak ada sama sekali alias nol persen. Jupri,

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:51 WIB

Api Hanguskan Satu Unit Rumah Pegawai Puskesmas Muara Madras Jangkat


Kajanglako.com, Merangin - Kebakaran terjadi di Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kamis (21/3) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun

 

Kamis, 21 Maret 2019 13:50 WIB

Kondisi Memprihatinkan SMPN 10 Tanjabtim, Dinding Jebol dan Atap Seng Bocor


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Gedung SMPN 10 Tanjung Jabung Timur yang terletak di Kecamatan Nipah Panjang, tepatnya di Kelurahan Nipah Panjang

 

Pemilu 2019
Kamis, 21 Maret 2019 13:48 WIB

3.858 Surat Suara di Tanjabtim Rusak


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Sebanyak 3.858 lembar surat suara untuk Kabupaten Tanjab Timur tidak bisa digunakan alias rusak, kerusakan surat

 

Kamis, 21 Maret 2019 11:10 WIB

Hari Ini Giliran BBS dan Hilallatil Badri Diperiksa KPK


Kajanglako.com, Jambi - Setelah 2 hari sebelumnya, KPK lakukan pemeriksaan terhadap 22 orang Anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai saksi. Hari ini Kamis