Sabtu, 19 Januari 2019


Minggu, 28 Oktober 2018 15:59 WIB

Festival Bahana Nusantara PPSN V, Warga Berbondong ke Buper Sungai Gelam

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Ragam

Gelaran Festival Bahana Nusantara PPSN ke-V

Kajanglako.com, Jambi - Lokasi Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) V tahun 2018, Bumi Perkemahan Abdurahman Sayuti-Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Muaro Jambi, Sabtu malam (27/10) mendadak dikunjungi banyak warga sekitar.
 
Hal itu seiring dengan adanya Festival Bahana Nusantara PPSN V, yang ditampilkan oleh perwakilan dari 34 kontingen se-Indonesia.
 
Tampak ratusan warga antusias menyaksikan pertunjukan seni budaya nusantara khas masing-masing daerah yang disuguhkan para pramuka Santri tersebut.
 
Masyarakat sekitar Sungai Gelam tumpah ruah memadati lapangan utama, tempat unjuk kebolehan seni budaya tersebut.
 
Kondisi padat juga nampak di jalan masuk Buper yang menjadi tempat parkir dadakan karena penuhnya parkir yang sudah disediakan panitia.
 
Warga antusias karena selain hiburan gratis, mereka pun ingin menyaksikan langsung seni budaya dari 34 provinsi di Indonesia.
 
Seperti yang diutarakan Azizah, salah satu warga Sungai Gelam. Perempuan baru lulus SMA ini sengaja datang ke lokasi hanya untuk menyaksikan Bahana Nusantara.
 
Padahal diakuinya, jarak tempuh ke lokasi cukup jauh dari tempat tinggalnya.
 
"Setengah jam saya ke tempat ini pakai sepeda motor dengan teman," papar perempuan berhijab ini.
 
Dikatakan Azizah, saat mendapat informasi adanya penampilan seni budaya, ia bersama rekannya langsung tertarik untuk datang menyaksikan.
 
"Pengin dapat inspirasi dan pengetahuab dari apa yang ditampilkan para pramuka Santri," tuturnya.
 
Bahana Nusantara merupakan ajang unjuk kemampuan para pramuka santri dalam menampilkan seni khas daerahnya. Kegiatan yang berlangsung sejak Jumat (26/10) malam ini berlangsung dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.
 
Kontingen dari DKI Jakarta membuka Bahana Nusantara 2 dengan membawakan tari tradisional khasnya disertai lagu Ondel-ondel.
 
Menyusul Sumatera Utara, lalu Sumatera Barat dengan penampilan Randai, dan tari kombinasi antara tari bendera dengan tari piring.
 
Penampilan memukau ditunjukkan perwakilan dari Kalimantan Selatan. Selain menampilkan tari perang, tim dari Kalsel secara kreatif memadukan dance modern dengan tari tradisional.
 
Kemudian ada penampilan yang mengharukan yang ditunjukkan kontingen dari Sulawesi Tengah. Seusai memperlihatkan, tari tradisionalnya, tampil juga monolog mengenai bencana Palu dan Donggala.
 
Selain pertunjukkan seni, Bahana Nusantara juga menampilkan Tabligh Akbar. (kjcom) 




Berita Terbaru

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil

 

Jumat, 18 Januari 2019 13:30 WIB

SK Pemberhentian Zola sebagai Gubernur Sudah Diteken Presiden


Kajangalako,com. Jambi - SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 akhirnya ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo. Kabar ini

 

Jumat, 18 Januari 2019 11:33 WIB

Jualan Sabu, Pegawai Honorer Ditangkap saat Menunggu Pembeli


Kajanglako.com, Merangin - Satresnarkoba Polres Merangin kembali berhasil mengamankan seorang pelaku penyalahgunaan Narkotika. Kali ini seorang pegawai