Rabu, 24 Januari 2018
Pencarian


Rabu, 11 Oktober 2017 15:09 WIB

Sanggar Kubu Bungo Ukir Ragam Prestasi

Reporter : Joni
Kategori : Akademia

Mutia Nursabitha (kedua dari kanan) saat menerima hadiah perlombaan pada FLSSN Tingkat Provinsi Jambi, 3 Agustus 2017

Salah satu komunitas seni di Kabupaten Bungo, yaitu Sanggar Seni Kubu Bungo (SKB) baru-baru ini berhasil mengukir prestasi di bidang sastra, baik tingkat provinsi maupun nasional.

Dalam kurun waktu  3 bulan, yakni dimulai Agustus sampai Oktober 2017, beberapa anggota dari Sanggar ini, sebut saja Mutia Nursabitha, siswi SMPN 1 Bungo berhasil meraih Juara di beberapa cabang perlombaan, yaitu antara lain, juara 1 pidato tingkat SMP se-provinsi Jambi (Ditaja Kantor Bahasa Jambi); Juara 3 pidato tingkat SMP se-Sumatra; Juara 1 cipta dan baca puisi tingkat SMP se-provinsi Jambi (FLS2N Provinsi Jambi);  dan Juara 1 baca puisi tingkat SMP (kantor Bahasa provinsi Jambi).



Selain Mutia, ada Kanza Tianela Putri, siswi SMPN 1 Bungo, yang meraih Juara 3 pidato tingkat Provinsi Jambi, dan Dean Syafira Hamza (siswi SDN 81 Bungo), yang meraih juara 3 lomba pidato tingkat Provinsi Jambi.

Keberhasilan tersebut berlanjut sampai September ini dengan ditandai raihan juara di beberapa cabang lomba, yaitu finalis cipta baca puisi FLS2N tingkat SMP se-Indonesia di Surabaya oleh Mutia Nursabita (SMPN 1 Bungo); finalis baca puisi (FLS2N) tingkat SD Se-Indonesia di Surabaya oleh Zalva Aulia Putri (SDN 100 Bungo); juara 1 story telling tingkat SMP (Rujukan) se-provinsi Jambi oleh Kanza Tianela Putri (SMPN 1 Bungo); dan juara 1 cipta baca puisi tingkat SMP (rujukan) se-provinsi Jambi oleh Joan Sabrina Hamza (SMPN 1 Bungo).

Sedangkan Oktober, Kanza Tianela  Putri, siswi SMPN 1 Bungo, dijadwalkan mengikuti lomba story telling tingkat SMP dalam Olimpiade Literasi Siswa Nasional di Yogyakarta pada 24-26 Oktober 2017.

Menanggapi capaian itu, Feerlie Moonthana, selaku pendiri dan pembina Sanggar Kubu, mengatakan dalam kurun waktu 7 tahun ini, terhitung sejak kelahiran SKB pada 2010, beragam prestasi berhasil diukir oleh anggota SKB, baik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional.

“Prestasi yang diperoleh oleh anggota SKB bukan diperoleh dengan mudah, tetapi melalui serangkaian latihan panjang, kerja keras dan juga doa. Semoga raihan prestasi tersebut dapat memicu semangat kawan-kawannya yang lain untuk senantiasa  latihan dan belajar”, imbuhnya.

Hal senada disampaikan Farida, selaku orang tua dari Kanza Tianela Putri dan Elvi Susanti, orang tua Joan. Mereka mengatakan bahwa anak-anak mereka sejak SD aktif di Sanggar Kubu Bungo. “Alhamdulillah hasilnya membanggakan. Anak-anak, selain berprestasi juga percaya diri tampil di muka khalayak ramai”, ungkap mereka.

“Jika ingin anak-anak kita berprestasi di semua bidang, tak terkecuali dalam bidang sastra, maka kerjasama antara orang tua, sekolah, pemerintah, dan masyarakat mesti terjalin secara bekesinambungan. Itulah kunci utama, yang hingga sekarang masih menjadi pekerjaan rumah bagi lembaga pendidikan, keluarga dan masyarakat”, ujar Feerlie.

 


Tag : #FLSSN Jambi #Bungo #Sastra



Berita Terbaru

 

Selasa, 23 Januari 2018 23:50 WIB

Dugaan Kecurangan Toke Karet Terkuak, Warga Bandingkan Hasil Timbangan dengan Milik Sendiri


Kajanglako.com, Bungo – Petani Karet yang ada di Wilayah Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Kabupaten Bungo, mulai resah dengan hasil timbangan yang

 

Penyelundupan Satwa Langka
Selasa, 23 Januari 2018 20:26 WIB

BKIPM Jambi Gagalkan Penyelundupan 7 Anak Buaya Via Bandara


Kajanglako.com, Jambi – Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jambi bekerja sama dengan Avsec Bandara Sultan Thaha, berhasil menggagalkan

 

Selasa, 23 Januari 2018 20:14 WIB

Selain Diselingkuhi, Juanda Mengaku Juga Sering Dianiaya Istrinya


Kajanglako.com, Batanghari - Sebelum belang sang istri yang kedapatan selingkuh dengan Kades Padang Kelapo mencuat. Juanda akui sudah seringkali dianiaya

 

Selasa, 23 Januari 2018 20:03 WIB

Juanda Lapor ke Inspektorat, Kades Padang Kelapo Berdalih Hanya Ajak 'EN' Rapat


Kajanglako.com, Batanghari - Kasus perselingkuhan Kades Padang Kelapo akhirnya berlanjut. Juanda, beserta sejumlah saksi melaporkan kasus tersebut ke Inspektorat

 

Selasa, 23 Januari 2018 19:49 WIB

Heboh, Kades Padang Kelapo Dikabarkan 'Gituan' di Semak-semak


Kajanglako.com, Batanghari - Selaku pemimpin desa harusnya bisa membimbing warga desanya dengan baik. Namun, yang terjadi kali ini bertolak belakang. Jangankan