Senin, 22 Oktober 2018


Rabu, 11 Oktober 2017 15:09 WIB

Sanggar Kubu Bungo Ukir Ragam Prestasi

Reporter : Joni
Kategori : Ragam

Mutia Nursabitha (kedua dari kanan) saat menerima hadiah perlombaan pada FLSSN Tingkat Provinsi Jambi, 3 Agustus 2017

Salah satu komunitas seni di Kabupaten Bungo, yaitu Sanggar Seni Kubu Bungo (SKB) baru-baru ini berhasil mengukir prestasi di bidang sastra, baik tingkat provinsi maupun nasional.

Dalam kurun waktu  3 bulan, yakni dimulai Agustus sampai Oktober 2017, beberapa anggota dari Sanggar ini, sebut saja Mutia Nursabitha, siswi SMPN 1 Bungo berhasil meraih Juara di beberapa cabang perlombaan, yaitu antara lain, juara 1 pidato tingkat SMP se-provinsi Jambi (Ditaja Kantor Bahasa Jambi); Juara 3 pidato tingkat SMP se-Sumatra; Juara 1 cipta dan baca puisi tingkat SMP se-provinsi Jambi (FLS2N Provinsi Jambi);  dan Juara 1 baca puisi tingkat SMP (kantor Bahasa provinsi Jambi).



Selain Mutia, ada Kanza Tianela Putri, siswi SMPN 1 Bungo, yang meraih Juara 3 pidato tingkat Provinsi Jambi, dan Dean Syafira Hamza (siswi SDN 81 Bungo), yang meraih juara 3 lomba pidato tingkat Provinsi Jambi.

Keberhasilan tersebut berlanjut sampai September ini dengan ditandai raihan juara di beberapa cabang lomba, yaitu finalis cipta baca puisi FLS2N tingkat SMP se-Indonesia di Surabaya oleh Mutia Nursabita (SMPN 1 Bungo); finalis baca puisi (FLS2N) tingkat SD Se-Indonesia di Surabaya oleh Zalva Aulia Putri (SDN 100 Bungo); juara 1 story telling tingkat SMP (Rujukan) se-provinsi Jambi oleh Kanza Tianela Putri (SMPN 1 Bungo); dan juara 1 cipta baca puisi tingkat SMP (rujukan) se-provinsi Jambi oleh Joan Sabrina Hamza (SMPN 1 Bungo).

Sedangkan Oktober, Kanza Tianela  Putri, siswi SMPN 1 Bungo, dijadwalkan mengikuti lomba story telling tingkat SMP dalam Olimpiade Literasi Siswa Nasional di Yogyakarta pada 24-26 Oktober 2017.

Menanggapi capaian itu, Feerlie Moonthana, selaku pendiri dan pembina Sanggar Kubu, mengatakan dalam kurun waktu 7 tahun ini, terhitung sejak kelahiran SKB pada 2010, beragam prestasi berhasil diukir oleh anggota SKB, baik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional.

“Prestasi yang diperoleh oleh anggota SKB bukan diperoleh dengan mudah, tetapi melalui serangkaian latihan panjang, kerja keras dan juga doa. Semoga raihan prestasi tersebut dapat memicu semangat kawan-kawannya yang lain untuk senantiasa  latihan dan belajar”, imbuhnya.

Hal senada disampaikan Farida, selaku orang tua dari Kanza Tianela Putri dan Elvi Susanti, orang tua Joan. Mereka mengatakan bahwa anak-anak mereka sejak SD aktif di Sanggar Kubu Bungo. “Alhamdulillah hasilnya membanggakan. Anak-anak, selain berprestasi juga percaya diri tampil di muka khalayak ramai”, ungkap mereka.

“Jika ingin anak-anak kita berprestasi di semua bidang, tak terkecuali dalam bidang sastra, maka kerjasama antara orang tua, sekolah, pemerintah, dan masyarakat mesti terjalin secara bekesinambungan. Itulah kunci utama, yang hingga sekarang masih menjadi pekerjaan rumah bagi lembaga pendidikan, keluarga dan masyarakat”, ujar Feerlie.

 


Tag : #FLSSN Jambi #Bungo #Sastra



Berita Terbaru

 

Minggu, 21 Oktober 2018 20:48 WIB

Tanggapi Lelang Jabatan Pemprov Jambi, Ihsan Yunus: Harus Lahirkan Pejabat yang Berkompeten


Kajanglako.com, Jambi - Lelang jabatan di lingkungan Pemprov Jambi telah menghasilkan tiga besar nama-nama calon delapan pejabat eselon II. Masing-masing

 

Minggu, 21 Oktober 2018 20:35 WIB

Breaking News!! Dua Orang Tahanan Denpom Jambi Kabur


Kajanglako.com, Jambi - Warga sekitar Detasemen Polisi Militer (Denpom) Jambi dihebohkan dengan kabar kaburnya dua orang tahanan Denpom, Minggu malam (21/10).   Pantauan

 

Kejurwil Panjat Tebing
Minggu, 21 Oktober 2018 20:22 WIB

Panitia Kejurwil Panjat Tebing Gelar Technical Meeting, Ini yang Dibahas


Kajanglako.com, Jambi - Minggu sore, kontestan yang mengikuti Kejurwil se-Sumatera di Provinsi Jambi yang digelar di Venue Garuda Kabupaten Batanghari

 

Minggu, 21 Oktober 2018 16:49 WIB

Jalan Darurat Rasau-Berbak Jadi Keluhan Pengguna Jalan


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Pembangunan jembatan penghubung Kecamatan Rantau Rasau-Berbak, tepatnya di Alahan Desa Rantau Makmur. Untuk sementara

 

Kejurwil Panjat Tebing
Minggu, 21 Oktober 2018 16:22 WIB

16 Atlet Panjat Tebing Jambi Siap Berlaga di Kejurwil


Kajanglako.com, Jambi - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jambi melepas 16 Atlet Panjat Tebing yang akan berlaga di Kejuaraan Wilayah (Kejurwil)