Sabtu, 19 Januari 2019


Jumat, 19 Oktober 2018 21:39 WIB

Kelabui Polisi, WN Malaysia Masukkan Sabu Cair ke Kaleng Softdrink

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Ekspos penangkapan sabu cair seberat 1,6 kg di Mapolres Tanjab Barat, sabu tersebut diselundupkan WN asal Malaysia

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Untuk kesekian kalinya, Tim Gabungan dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, Polairud dan Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Tanjab Barat berhasil mengamankan pelaku penyelundupan Narkotika. 

Kali ini pelaku yang diamankan merupakan Warga Negara Malaysia, pelaku ditangkap di Pelabuhan Marina, Senin (15/10) sekitar pukul 17.30 WIB.  



Pelaku yang ditangkap menggunakan modus baru untuk lolos dari pengawasan petugas, Narkotika jenis sabu yang dibawa bukan dalam bentuk kristal, melainkan dalam bentuk cair. 

Agar lolos dari pemeriksaan, sabu cair itu dimasukkan pelaku ke dalam kaleng minuman ringan atau softdrink.  

"Kasus ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah Polres Tanjab Barat, kita berhasil menggagalkan penyelundupan sabu dengan modus baru yakni sabu dalam bentuk cair," kata Kapolres Tanjab Barat, AKBP ADG Sinaga, saat ekspos kasus penangkapan sabu cair di Mapolres. Jumat (19/10).

Kapolres mengatakan pelaku yang ditangkap berinisial RP, warga Jalan Pulo Piun, Desa Cideng Jakarta. 

Penangkapan pelaku, katanya, berawal dari petugas gabungan yang sedang melakukan pemeriksaan rutin terhadap barang bawaan dan penumpang dari kapal cepat SB Kurnia II yang berlayar dari Batam menuju Kuala Tungkal.

"Setibanya Kapal SB Kurnia II di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, petugas mencurigai seorang pria bertato. Kemudian petugas melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang tersebut dan saat dilakukan pemeriksaan ditemukan empat kaleng minuman softdrink yang dibungkus plastik dan hal itu membuat kecurigaan petugas semakin besar," kata AKBP ADG Sinaga. 

"Begitu kaleng minuman softdrink dibuka, ada cairan kental keluar dari dalam kaleng tersebut. Tetapi bukan cairan minuman seperti isi merk minumannya. Jadi ini kamuflase, modus baru untuk melakukan penyelundupan Narkoba dan mengelabui petugas," katanya lagi.  

Selanjutnya pelaku dibawa ke Mapolres Tanjab Barat untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan pengecekan telepon yang dimiliki pelaku diduga kuat isi cairan dalam kaleng tersebut merupakan Narkotika.

Kemudian untuk lebih membuktikan isi cairan tersebut, pihak Polres Tanjab Barat melakukan koordinasi dengan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumsel, lalu keempat kaleng tersebut dibawa ke Labfor untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait kandungan cairan tersebut. 

Ternyata, setelah dilakukan penelitian dan proses di Labfor, isi cairan dengan berat berat 960 ML tersebut positif merupakan Narkotika jenis sabu cair atau MDMA. 

"Dan dari proses uji di Labfor, cairan seberat 960 ML tersebut setelah dikristalkan menjadi kristal sabu dengan kualitas terbaik (blue ice) seberat 1,6 Kg," kata Kapolres Tanjab Barat. 

Atas perbuatannya, pelaku akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman 5 sampai ancaman hukuman pidana mati, serta denda Rp1 miliar. (kjcom/sj)


Tag : #Sabu #Narkoba #Polres Tanjab Barat #Pelabuhan Marina



Berita Terbaru

 

Jumat, 18 Januari 2019 20:15 WIB

Kunker ke Kerinci, Fachrori Bicara Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan


Kajanglako.com, Jambi - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan pesan pentingnya pendidikan dan kesehatan menjelang pelaksanaan ibadah Salat Jumat

 

Jumat, 18 Januari 2019 19:55 WIB

Penuhi Panggilan Bawaslu, Sutan Adil Menolak Disebut Diperiksa


Kajanglako.com, Jambi – Kasus pembagian Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang diduga dijadikan jualan politik oleh lima Caleg Gerindra, termasuk

 

Warga Tenggelam
Jumat, 18 Januari 2019 17:52 WIB

Petani yang Terseret Arus di Sungai Tembesi Ditemukan Tewas


Kajanglako.com, Merangin - Sarmidi (35), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau yang terseret arus sungai Tembesi pada Rabu (16/1) lalu, berhasil

 

Jumat, 18 Januari 2019 13:30 WIB

SK Pemberhentian Zola sebagai Gubernur Sudah Diteken Presiden


Kajangalako,com. Jambi - SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 akhirnya ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo. Kabar ini

 

Jumat, 18 Januari 2019 11:33 WIB

Jualan Sabu, Pegawai Honorer Ditangkap saat Menunggu Pembeli


Kajanglako.com, Merangin - Satresnarkoba Polres Merangin kembali berhasil mengamankan seorang pelaku penyalahgunaan Narkotika. Kali ini seorang pegawai