Jumat, 22 Maret 2019

Jumat, 19 Oktober 2018 21:39 WIB

Kelabui Polisi, WN Malaysia Masukkan Sabu Cair ke Kaleng Softdrink

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Ekspos penangkapan sabu cair seberat 1,6 kg di Mapolres Tanjab Barat, sabu tersebut diselundupkan WN asal Malaysia

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Untuk kesekian kalinya, Tim Gabungan dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, Polairud dan Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Tanjab Barat berhasil mengamankan pelaku penyelundupan Narkotika. 

Kali ini pelaku yang diamankan merupakan Warga Negara Malaysia, pelaku ditangkap di Pelabuhan Marina, Senin (15/10) sekitar pukul 17.30 WIB.  



Pelaku yang ditangkap menggunakan modus baru untuk lolos dari pengawasan petugas, Narkotika jenis sabu yang dibawa bukan dalam bentuk kristal, melainkan dalam bentuk cair. 

Agar lolos dari pemeriksaan, sabu cair itu dimasukkan pelaku ke dalam kaleng minuman ringan atau softdrink.  

"Kasus ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah Polres Tanjab Barat, kita berhasil menggagalkan penyelundupan sabu dengan modus baru yakni sabu dalam bentuk cair," kata Kapolres Tanjab Barat, AKBP ADG Sinaga, saat ekspos kasus penangkapan sabu cair di Mapolres. Jumat (19/10).

Kapolres mengatakan pelaku yang ditangkap berinisial RP, warga Jalan Pulo Piun, Desa Cideng Jakarta. 

Penangkapan pelaku, katanya, berawal dari petugas gabungan yang sedang melakukan pemeriksaan rutin terhadap barang bawaan dan penumpang dari kapal cepat SB Kurnia II yang berlayar dari Batam menuju Kuala Tungkal.

"Setibanya Kapal SB Kurnia II di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, petugas mencurigai seorang pria bertato. Kemudian petugas melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang tersebut dan saat dilakukan pemeriksaan ditemukan empat kaleng minuman softdrink yang dibungkus plastik dan hal itu membuat kecurigaan petugas semakin besar," kata AKBP ADG Sinaga. 

"Begitu kaleng minuman softdrink dibuka, ada cairan kental keluar dari dalam kaleng tersebut. Tetapi bukan cairan minuman seperti isi merk minumannya. Jadi ini kamuflase, modus baru untuk melakukan penyelundupan Narkoba dan mengelabui petugas," katanya lagi.  

Selanjutnya pelaku dibawa ke Mapolres Tanjab Barat untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan pengecekan telepon yang dimiliki pelaku diduga kuat isi cairan dalam kaleng tersebut merupakan Narkotika.

Kemudian untuk lebih membuktikan isi cairan tersebut, pihak Polres Tanjab Barat melakukan koordinasi dengan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumsel, lalu keempat kaleng tersebut dibawa ke Labfor untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait kandungan cairan tersebut. 

Ternyata, setelah dilakukan penelitian dan proses di Labfor, isi cairan dengan berat berat 960 ML tersebut positif merupakan Narkotika jenis sabu cair atau MDMA. 

"Dan dari proses uji di Labfor, cairan seberat 960 ML tersebut setelah dikristalkan menjadi kristal sabu dengan kualitas terbaik (blue ice) seberat 1,6 Kg," kata Kapolres Tanjab Barat. 

Atas perbuatannya, pelaku akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman 5 sampai ancaman hukuman pidana mati, serta denda Rp1 miliar. (kjcom/sj)


Tag : #Sabu #Narkoba #Polres Tanjab Barat #Pelabuhan Marina



Berita Terbaru

 

Jumat, 22 Maret 2019 19:02 WIB

Turnamen Bulutangkis Angsoduo Cup I, Fachrori Harap Hasilkan Atlet Muda Berbakat


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Jumat sore (22/3). Membuka Turnamen Bulutangkis Angsoduo Cup I, turnamen hasil kerja sama dengan

 

Jumat, 22 Maret 2019 17:10 WIB

Pasca Banjir, Warga Banyak yang Terjangkit Penyakit Kulit


Kajanglako.com, Sarolangun - Pasca banjir yang melanda Kabupaten Sarolangun, Dinas Kesehatan Sarolangun menemukan banyak masyarakat yang terserang penyakit

 

Jumat, 22 Maret 2019 17:08 WIB

Kekurangan Bides, Dinkes Usulkan Bidan yang Lulus CPNS Ditempatkan di Desa


Kajanglako.com, Sarolangun - Hingga saat ini Kabupaten Sarolangun masih mengalami kekurangan tenaga Bidan Desa, terutama untuk desa yang baru dimekarkan

 

Jumat, 22 Maret 2019 16:49 WIB

KPU Sarolangun Kekurangan Surat Suara 84 Ribu Lembar


Kajanglako.com, Sarolangun - Setelah  selesai dilakukan pelipatan dan penyortiran kertas suara, KPU menemukan sekitar puluhan ribu lembar surat suara dinyatakan rusak

 

Jumat, 22 Maret 2019 16:38 WIB

Ratusan Personel Gabungan Ikuti Apel Pengaman Pemilu 2019


Kajanglako.com, Jambi - Jumat Pagi(22/3), digelar apel gabungan bersama ratusan Anggota TNI-Polri dan Pemprov Jambi serta komponen masyarakat guna mematangkan