Rabu, 14 November 2018


Jumat, 19 Oktober 2018 21:39 WIB

Kelabui Polisi, WN Malaysia Masukkan Sabu Cair ke Kaleng Softdrink

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Ekspos penangkapan sabu cair seberat 1,6 kg di Mapolres Tanjab Barat, sabu tersebut diselundupkan WN asal Malaysia

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Untuk kesekian kalinya, Tim Gabungan dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, Polairud dan Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Tanjab Barat berhasil mengamankan pelaku penyelundupan Narkotika. 

Kali ini pelaku yang diamankan merupakan Warga Negara Malaysia, pelaku ditangkap di Pelabuhan Marina, Senin (15/10) sekitar pukul 17.30 WIB.  



Pelaku yang ditangkap menggunakan modus baru untuk lolos dari pengawasan petugas, Narkotika jenis sabu yang dibawa bukan dalam bentuk kristal, melainkan dalam bentuk cair. 

Agar lolos dari pemeriksaan, sabu cair itu dimasukkan pelaku ke dalam kaleng minuman ringan atau softdrink.  

"Kasus ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah Polres Tanjab Barat, kita berhasil menggagalkan penyelundupan sabu dengan modus baru yakni sabu dalam bentuk cair," kata Kapolres Tanjab Barat, AKBP ADG Sinaga, saat ekspos kasus penangkapan sabu cair di Mapolres. Jumat (19/10).

Kapolres mengatakan pelaku yang ditangkap berinisial RP, warga Jalan Pulo Piun, Desa Cideng Jakarta. 

Penangkapan pelaku, katanya, berawal dari petugas gabungan yang sedang melakukan pemeriksaan rutin terhadap barang bawaan dan penumpang dari kapal cepat SB Kurnia II yang berlayar dari Batam menuju Kuala Tungkal.

"Setibanya Kapal SB Kurnia II di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, petugas mencurigai seorang pria bertato. Kemudian petugas melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang tersebut dan saat dilakukan pemeriksaan ditemukan empat kaleng minuman softdrink yang dibungkus plastik dan hal itu membuat kecurigaan petugas semakin besar," kata AKBP ADG Sinaga. 

"Begitu kaleng minuman softdrink dibuka, ada cairan kental keluar dari dalam kaleng tersebut. Tetapi bukan cairan minuman seperti isi merk minumannya. Jadi ini kamuflase, modus baru untuk melakukan penyelundupan Narkoba dan mengelabui petugas," katanya lagi.  

Selanjutnya pelaku dibawa ke Mapolres Tanjab Barat untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan pengecekan telepon yang dimiliki pelaku diduga kuat isi cairan dalam kaleng tersebut merupakan Narkotika.

Kemudian untuk lebih membuktikan isi cairan tersebut, pihak Polres Tanjab Barat melakukan koordinasi dengan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumsel, lalu keempat kaleng tersebut dibawa ke Labfor untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait kandungan cairan tersebut. 

Ternyata, setelah dilakukan penelitian dan proses di Labfor, isi cairan dengan berat berat 960 ML tersebut positif merupakan Narkotika jenis sabu cair atau MDMA. 

"Dan dari proses uji di Labfor, cairan seberat 960 ML tersebut setelah dikristalkan menjadi kristal sabu dengan kualitas terbaik (blue ice) seberat 1,6 Kg," kata Kapolres Tanjab Barat. 

Atas perbuatannya, pelaku akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman 5 sampai ancaman hukuman pidana mati, serta denda Rp1 miliar. (kjcom/sj)


Tag : #Sabu #Narkoba #Polres Tanjab Barat #Pelabuhan Marina



Berita Terbaru

 

Rabu, 14 November 2018 00:18 WIB

Politik Identitas Jelang Pemilu, Al Makin: Menghilangkan Substansi Masalah Sebenarnya


Kajanglako.com, Kota Jambi - Semakin mendekati Pemilu 2019, isu politik identitas semakin kentara disebarluaskan ke tengah masyarakat. Medium utamanya,

 

Operasi Zebra 2018
Selasa, 13 November 2018 20:25 WIB

Satlantas Sarolangun Keluarkan 1.318 Surat Tilang Selama Operasi Zebra


Kajanglako.com, Sarolangun - Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra 2018, Satlantas Polres Sarolangun sedikitnya mengeluarkan 1.318 surat tilang, baik

 

Selasa, 13 November 2018 20:13 WIB

Percobaan Penculikan Anak, Dewan Sarolangun Minta TNI/Polri Bersinergi


Kajanglako.com, Sarolangun – Kabar dugaan  percobaan penculikan  anak  di  RT 11 Desa Bernai, Sabtu malam lalu, membuat Anggota

 

Selasa, 13 November 2018 19:56 WIB

Kejari Tanjabbar Musnahkan Narkoba Bernilai Miliaran Rupiah


Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Barang bukti hasil tangkapan kasus Narkoba dan tindak pidana umum dimusnahkan yang di Halaman Kantor Kejaksaan

 

Selasa, 13 November 2018 19:36 WIB

Mau Damai, Kepala MTS Simpang Babeko yang 'Pecut' Siswanya Harus Setor Rp200 Juta


Kajanglako.com, Bungo - Kasus pemukulan yang dilakukan oleh Kepala MTS Negeri Simpang Babeko, Kabupaten Bungo, terhadap siswanya atas nama M Fiqri Ardiansyah