Kamis, 18 Oktober 2018


Kamis, 11 Oktober 2018 15:27 WIB

Usung Semangat Membaca Sejak Dini, Perpus Rakyat Buka Rumah Baca

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam Features

Suasana Rumah Baca Perpus Rakyat (Foto:Kajanglako/Tim)

Kajanglako.com, Jambi – Setelah mencoba membuka Lapak Baca Gratis di area Car Free Night Tugu Keris Siginjei Kota Baru, Komunitas Literasi yang berhimpun dalam wadah Perpus Rakyat kembali membuka wadah baca yang dinamakan Rumah Baca yang terletak di Desa Mendalo Indah RT 08 RW 02 Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Rumah Baca ini terbuka untuk umum.

Lukman Hakim Dalimunthe, salah satu pendiri sekaligus penggerak Perpus Rakyat menceritakan kepada Kajanglako.com, ia bersama rekannya terus berkomitmen berusaha memberikan wadah literasi seperti Rumah Baca, sebagai bentuk upaya memajukan dan mencerdaskan generasi bangsa malalui membaca.



Menurut Lukman kebiasaan membaca harus ditumbuh dan dikembangkan sedari dini. Untuk itu melalui program ini, semangat yang dibangun ialah bagaimana masyarakat khusunya generasi muda terbiasa dengan suguhan literasi dan pada akhirnya semangat membaca sejak dini tumbuh dengan sendirinya. Ia berharap Rumah Baca ini menjadi salah satu komponen dalam mewujudkan hal tersebut.

“Saya rasa Indonesia akan maju jika kualitas literasinya baik. Nah hadirnya Rumah Baca ini salah satu bentuk mewujudkan kualitas literasi tersebut sekaligus menumbuhkan minat baca sedari dini”, kata Lukman.

Ia melanjutkan, sebenarnya Perpus Rakyat tersebut telah ada sejak satu tahun lalu, tepatnya 17 November 2017. Ia berkomitmen terus mengabdi terhadap dunia literasi khusunya di Jambi. Dikatakan Lukman, bebrapa program kegiatan yang dilakukan oleh Perpus Rakyat diantaranya Lapak Baca Gratis, undangan menulis dan diskusi. Ia berharap masyarakat ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini.

"Perpus Rakyat mempunyai beberapa kegiatan diantaranya, lapak baca gratis, undangan menulis, diskusi dan saat ini sudah ada rumah baca.  Saya berharap masyarakat datang dan berpartisipasi dalam kegiatan kami ini”, katanya.  

Sebagai informasi, rumah baca ini dibuka setiap hari Senin-Jumat, pukul 10.00-15.00 WIB. Sementara bagi yang berminat membantu kegiatan literasi ini dapat menghubungi admin sosial media perpus rakyat diantaranya Instagram: @perpusrakyat dan Facebook Perpus Rakyat. (Kjcom)


Tag : #kajanglako #literasi #perpustakaan #perpus rakyat #jambi #membaca #muaro jambi #rumah baca



Berita Terbaru

 

Pembunuhan
Kamis, 18 Oktober 2018 18:19 WIB

Tukang Ojek Dibunuh dan Dibuang ke Kebun Karet


Kajanglako.com, Sarolangun – Seorang Tukang Ojek di Sarolangun menjadi korban pembunuhan, korban kemudian dibuang di kebun karet, korban tewas dengan

 

Waspada Penculikan Anak
Kamis, 18 Oktober 2018 17:50 WIB

Upaya Penculikan Anak di Sarolangun Dilakukan Wanita Hamil


Kajanglako.com, Sarolangun – Upaya penculikan anak di Sarolangun pada Rabu sore, tepatnya di RT 18 Komplek Kantor Bupati Sarolangun, benar-benar

 

Waspada Penculikan Anak
Kamis, 18 Oktober 2018 17:18 WIB

Modus Ngontrak Rumah, Pelaku Bawa Kabur Dua Anak Tetangganya


Kajanglako.com, Sarolangun - Warga RT 18 Komplek Kantor Bupati Sarolangun dihebohkan dengan adanya kabar penculikan anak, dugaan penculikan itu dilakukan

 

Kamis, 18 Oktober 2018 16:55 WIB

Sambut Kunker DPRD Temanggung, Syahirsah: Semoga Kerjasama Terjalin dengan Baik


Kajanglako.com, Batanghari - Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy, Rabu (17/10) menyambut kunjungan kerja rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung. Kunjungan

 

Peluru Nyasar
Kamis, 18 Oktober 2018 16:46 WIB

Penembakan ke Gedung DPR RI, Begini Tanggapan Anggota DPR dari Jambi


Kajanglako.com, Jakarta – Senin 15 Oktober 2018 lalu berbagai pemberitaan digemparkan dengan peristiwa dua peluru yang menyasar ke gedung DPR RI.